Produk Halal Sudah Jadi Gaya Hidup Dunia

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 10 November 2016 17:29
Produk Halal Sudah Jadi Gaya Hidup Dunia
Selain itu, pasar produk halal pun menggiurkan.

Dream - Produk halal diyakini telah menjadi gaya hidup baru konsumen dunia. Produk ini mendorong pertumbuhan industri produk halal di pasar global.

" Saat ini, halal sudah menjadi konsep yang universal dan bagian dari gaya hidup," kata Kepala Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Budapest, Hikmat Rijadi, dalam acara " World Halal Day 2016" di Opatija, Kamis 10 November 2016, dalam keterangannya.

Hikmat mengatakan pemerintah optimistis industri produk halal berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi global sekaligus menjadi kekuatan baru dalam perekonomian global.

Berdasarkan data yang disampaikan oleh Center for Halal Quality Certification, pasar belanja makanan diharapkan tumbuh mencapai US$2,54 triliun (Rp33.321 triliun) pada 2019. Jumlah itu setara 21,2 persen dari total belanja global.

Saat ini, nilai pasar halal dunia mencapai US$2 triliun per tahun yang mencakup segmen industri, makanan, obat-obatan, dan kosmetik.

Melihat potensi ini, Indonesia ingin menjadikan produk halal dalam negeri semakin kompetitif di pasar global.

" Indonesia sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia sudah selayaknya menjadi industri halal sebagai lokomotif pembangunan ekonomi," kata dia.

Salah satu upaya yang dilakukan Indonesia adalah mengikuti pameran produk halal, termasuk ajang World Halal Day 2016. Dalam pameran ini, indonesia memamerkan 20 jenis produk makana dan minuman halal yang telah mengantongi sertifikat halal, seperti air kelapa, minyak goreng, biskuit, kerupuk, dan teh.

Sekadar informasi, World Halal Day 2016 ini digelar oleh Center for Halal Quality Certification dan United World Halal Development. Ada 11 negara yang berpartisipasi dalam pameran ini, yaitu Indonesia, Turki, Iran, Arab Saudi, Malaysia, Singapura, Kroasia, Bosnia, Uni Emirat Arab, Kazakhstan, dan Serbia.(Sah)

Beri Komentar