Nicke Widyawati Jadi Bos Baru Pertamina?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 24 Agustus 2018 17:15
Nicke Widyawati Jadi Bos Baru Pertamina?
Saat ini Nicke masih menjabat sebagai pelaksana tugas Dirut Pertamina.

Dream – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, menunjuk Pelaksana Tugas Direktur PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, menjadi bos Pertamina. Rini mengatakannya disela peresmian tiga infrastruktur kelistrikan di Jayapura, Papua.

“ Ibu Nicke, ini pejabat Pertamina. Insya Allah akan menjabat jadi dirut Pertamina,” kata Rini dikutip dari Liputan6.com, Jumat 24 Agustus 2018.

Ketika peresmian berlangsung, Nicke merupakan perwakilan pejabat Pertamina.

Ketika dikonfirmasi tentang kabar tersebut, Nicke tak memberikan jawaban apa pun tentang kabar penunjukan dirinya sebagai bos Pertamina.

Dia hanya memberikan ekspresi wajah penuh teka-teki dengan menunjukan gerakan bibir melengkung ke bawah dan bola mata diarahkan ke kiri dan ke kanan.

Tak ada pernyataan keluar dari Nicke yang memutuskan langsung pergi ketika diberondong pertanyaan tersebut.


(Sumber: Liputan6.com/Pebrianto Eko Wicaksono)

1 dari 2 halaman

Cuma Setahun, Dirut Pertamina Elia Massa Manik Diberhentikan!

Dream – Masa jabatan Elia Massa Manik sebagai direktur utama PT Pertamina (Persero) berjalan singkat. Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) perusahaan memutuskan memberhentikan Elia terhitung mulai hari ini, Jumat, 20 April 2018.

Untuk mengisi kekosongan pucuk pimpinan Pertamina, RUPSLB menetapkan Direktur SDM Pertamina, Nicke Widyawati, sebagai pelaksana tugas direktur utama Pertamina.

Deputi Bidang Pertambangan (dan) Industri Strategis Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno, mengatakan keputusan ini merupakan keputusan Menteri BUMN, Rini Soemarno.

“ Ibu menteri telah membuat keputusan, yaitu pemberhentian direksi Pertamina dan pengangkatan direksi,” kata Fajar di Jakarta, Jumat 20 April 2018.

Elia bukaan satu-satunya direksi yang dicopot pemerintah yang merupakan pemegang saham Pertamina. RUPSLB juga memberhentikan lima direksi lain masing-masing:

Direkutur Pemasaran Korporat: Much. Iskandar
Direktur Pengolahan: Toharso
Direktur Manajemen Aset: Dwi W. Daryoto
Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia: Ardhy N. Mokobombang

Dengan pencopotan ini, pemegang saham telah menunjuk direksi baru yang akan menempati posisi-posisi kosong tersebut.

Plt. Direktur Utama sekaligus Direktur SDM: Nicke Widyawati
Direktur Pengolahan: Budi Santoso Syarif
Direktur Keuangan: Arief Budiman
Direktur Pemasaran Retail: Masud Hamid
Direktur MPP Pertamina: Heru Setiawan
Direktur Infrastruktur: Gandhi Sriwidjojo.

Disinggung soal alasan pencpotan tersebut, Fajar mengaku ada sejumlah pertimbangan yang dibuat pemegang saham dalam pergantian direksi Pertamina.

Menutut Fajar, pemerintah ingin memperkuat dan mempercepat implementasi holding BUMN migas. Alasan lain adalah munculnya kecelakaan pipa di Teluk Balikpapan dan kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) khususnya jenis premium yang sempat terjadi di sejumlah daerah.

“ Direktur baru diharapkan bisa mempercepat proyek kilang refining development master plan (RDMP), pengalihan Trans Pacific Petrochemical Indonesia (TPP), holding, dan dalam rangka pelayanan kepada masyarakat,” kata dia.

2 dari 2 halaman

Siapa Nicke Widyawati?

Di Pertamina, Nicke diangkat sebagai direktur SDM Pertamina berdasarkan Surat Keputusan Menteri BUMN No. SK-256/MBU/11/2017, tanggal 27 November 2017 tentang Pengangkatan Anggota Direksi Perseroan PT Pertamina.

Tugas Nicke bertambah banyak setelah pemegang saham memutuskan jabatannya merangkap sebagai Plt. direktur logistic supply chain dan infrastruktur Pertamina yang ditetapkan pada 13 Februari 2018.

Sebelum berkarier di Pertamina, Nicke diketahui pernah bekerja sebagai direktur pengadaan strategis 1 di PT PLN (Persero).

(Sumber: Liputan6.com/Fiki AriyantiPebrianto Eko Wicaksono)

Beri Komentar