Sebelum Buka Usaha, Kenali Dulu Tren Packaging di Masa Pandemi

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Rabu, 16 Juni 2021 07:35
Sebelum Buka Usaha, Kenali Dulu Tren Packaging di Masa Pandemi
Ada apa saja ya?

Dream - Selama pandemi, pelaku usaha kemasan mengalami kenaikan permintaan karena banyak orang memilih untuk berbelanja online. Peningkatan pemesanan kemasan produk mencapai 15-30% dibandingkan sebelum pandemi.

Para pelaku usaha yang awalnya tidak terlalu memperhatikan kemasan produk, saat ini sudah mulai menyadari pentingnya kemasan yang melindungi kebersihan produk.

Rotokemindo© Ferdike/ Dream

“ Pandemi membuat banyak orang lebih hati-hati dalam memilih jenis kemasan terutama para pelaku usaha makanan, mereka ingin para pelanggan tetap merasa aman dan nyaman saat memesan makanan di tempat mereka”, tutur Arief Santoso, Director of Sales and R&D PT Prima Makmur Rotokemindo pada konferensi virtual, Selasa 15 Juni 2021.

Selama pandemi tren packaging pun beruba. Aaat ini ada tiga hal yang paling dicari para pelaku usaha saat membuat kemasan. Jenis pengemasan berikut bisa jadi inspirasi Sahabat Dream yang ingin memulai usaha.

1 dari 2 halaman

1. Convenience and Hygiene Oriented

Pack© Ferdike/ Dream

Kemasan mudah dan aman menjadi salah satu yang paling banyak dipesan. Contohnya kemasan yang bisa disegel untuk alasan keamanan dan kebersihan, terutama untuk kemasan pangan.

Terdapat juga fitur kemudahan untuk pengguna, seperti mudah di desinfeksi, mudah di buka, mudah dihangatkan, dan sebagainya.

2. Reusability

Pack© Ferdike/ Dream

Mulai meningginya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan membuat pelaku usaha juga terdorong untuk menggunakan jenis kemasan yang reusable.

“ Biasanya jenis kemasan ini cukup murah sehingga tidak perlu dikembalikan, tapi dapat digunakan berkali-kali untuk keperluan yang sama atau bisa digunakan untuk wadah lain.” jelas Arief.

2 dari 2 halaman

3. Recyclability

Pack© Ferdike/ Dream

Selain bisa digunakan kembali, banyak dari jenis bahan packaging dapat didaur ulang untuk untuk menjadi komoditas lain seperti bahan kemasan baru.

Perlu diketahui bahwa plastik adalah salah satu bahan yang sangat mudah di daur ulang. Selama ini, plastik yang dikenal merusak lingkungan ternyata memungkinkan untuk memiliki siklus pemakaian yang panjang jika dibarengi dengan berkembangnya industri daur ulang sampah plastik.

Salah satu perusahaan kemasan yang memiliki teknologi converting untuk memenuhi permintaan ini adalah PT Prima Makmur Rotokemindo. Perusahaan ini juga membuka partai kecil untuk para pelaku usaha UMKM. Dimana minimal jumlah pemesanan kemasan dapat dilakukan sedikitnya 1000 pcs saja.

Jadi, Sahabat Dream ingin pilih pengemasan yang mana?

Beri Komentar