Seberapa Besar Uang yang Didapat Youtuber?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 7 Februari 2019 10:15
Seberapa Besar Uang yang Didapat Youtuber?
Banyak orang memanfaatkan Youtube untuk mencari uang.

Dream – Kita semua telah mendengar tentang kisah seseorang yang sukses menjadi seorang Youtuber. Lewat konten video yang dimuat ke Youtube, uang akan mengalir ke kocek para youtuber ini.

Uang itu biasanya diperoleh dari iklan-iklan yang mengalir di video konten buatan mereka. Namun, menjadi Youtuber tak semudah itu. Apalagi di tengah kompetisi yang semakin ketat seperti saat ini. 

Dikutip dari Reader’s Diggest, Kamis 7 Februari 2019, ada 300 konten yang diunggah setiap menit. Banyaknya konten ini membuat kompetisi semakin sengit. Ada orang-orang yang mendapatkan penghasilan dari Youtube dengan jumlah yang bertahan hingga pensiun.

Ada juga yang menghasilkan uang yang hanya cukup untuk membayar uang kontrakan.

Kita tahu seorang video blogger (vlogger) mendapatkan uang dari iklan. Seorang vlogger akan mendapatkan uang jika ada subcriber yang menonton iklan itu sampai tamat atau membuka tautan kliknya. Bicara tentang pendapatan iklan, Google memilih tutup mulut.

Akan tetapi, menurut perkiraan, uang yang akan dihasilkan oleh seorang video blogger mencapai 7 sen dolar AS—US$5 (Rp974—Rp69.624) per 1.000 tampilan.

Hal yang hebat dari Youtube adalah, kalau kamu melakukannya dengan benar, video populer akan membuat uang mengalir kantongmu terus-menerus. Selama video masih relevan dan terus mendapatkan klik, pemilik akun akan terus melihat ini sebagai penghasilan berbulan-bulan atau bertahun-tahun ke depan.

Memotret dan mengedit video memerlukan waktu, tapi membuat konten Youtube menjadi cara mudah untuk menghasilkan uang mudah dalam waktu satu jam atau kurang.

Mendapatkan uang dari Youtube seperti menarik. Tapi, kenyataannya tak semudah itu, Ferguso.

1 dari 2 halaman

Begini Alasannya

Tak sesederhana itu mendapatkan uang dari Youtube. Platform ini memiliki beberapa aturan yang menjaga saluran Youtube terjaga dari mengumpulkan uang dari 1-2 video. Platform ini takkan membayar vlogger kecuali memiliki 1.000 pelanggan dan video itu sudah ditonton selama 4 ribu jam dalam setahun terakhir.

Plus, Google hanya membayar Youtuber ketika penghasilan sudah mencapai US$100 (Rp1,39 juta). Walaupun seorang vlogger telah menghasilkan uang US$90 (Rp1,25 juta), dia tak bisa “ melihat” uang yang didapatkan dari konten.

Setelah melihat ini, pendapatan dari iklan rasanya tidak menjadi menarik. Jangan khawatir. Platform ini juga membuka peluang vlogger mendapatkan uang. Mereka bisa mendapatkan uang dengan bermitra dengan perusahaan dan menyediakan link ke produk yang dibicarakan.

Setiap kali seseorang mengklik tautan itu dan membeli produk, YouTuber mendapat persentase keuntungan — biasanya sekitar 5 hingga 20 persen. Beberapa merek bahkan akan membayar pembuat video secara langsung untuk membuat video tentang produk mereka, dan kesepakatan itu dapat bernilai puluhan ribu dolar AS.

Misalnya di Amerika Serikat, untuk penggemar setia, beberapa YouTuber juga menggunakan Patreon, yang pada dasarnya memungkinkan pemirsa membayar vloggers favorit mereka dengan imbalan transaksi eksklusif, seperti akses awal ke video. Yang lain menjual barang dagangan seperti T-shirt dan mug, yang tentu saja dapat menghasilkan sedikit uang ekstra. Lihatlah pekerjaan-pekerjaan tidak biasa lainnya yang dapat menghasilkan banyak uang.

2 dari 2 halaman

Lantas Berapa Penghasilan Seorang Youtuber?

Pertanyaan terakhir, berapa uang yang didapatkan seoarang Youtuber? Cukup banyak jika dia sudah menyandang sebagai status superstar. Contohnya, beauty vlogger, Jeffree Star yang punya 12,7 juta pelanggan dan Jaclyn Hill dengan 5,8 juta pelanggan. Kedua orang ini mengantongi pendapatan masing-masing sebesar US$5 juta (Rp69,62 miliar) dan US$1,5 juta (Rp20,89 miliar).

Ada juga seorang komentator video game, Felix Kjellberg atau PewDiePie yang punya 84 juta pelanggan. Pria ini mengantongi pendapatan mencapai US$12 juta (Rp167,09 miliar).

Sayangnya, banyak orang berharap bisa menghasilkan uang sebanyak itu untuk menjadi “ superstar” di Youtube. Pemilik akun dengan posisi ranking 300 teratas masih bisa mendapatkan penghasilan US$16.800 (Rp233,97 juta) per tahun.

Ini memang bukan perubahan yang kecil, tapi tak cukup untuk keluar dari pekerjaan harian dan meningkatkan kesejahteraan hidup dari penghasilan YouTube. Kalau mau mencari sedikit uang dari YouTube, cobalah membuat video, misalnya, 50 cara aneh untuk menghasilkan US$50 (Rp696.241).

Beri Komentar