Sepatu Bekas Nike Termahal di Dunia, Terjual Rp2 Miliar

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 23 Juli 2019 07:48
Sepatu Bekas Nike Termahal di Dunia, Terjual Rp2 Miliar
Mengapa semahal itu?

Dream – Sebanyak 100 sepatu sneaker terlangka di New York, Amerika Serikat dilelang di rumah lelang Sotheby. Koleksi sepatu itu berasal dari Nike, Adidas, dan Air Jordan.

Dari 100 pasang sepatu yang dilelang, sepasang alasa kaki mencuri perhatian masyarakat. Sepatu ini berhasil dijual dengan harga selangit.

Dikutip dari Yahoo Sport, Selasa 23 Juli 2019, sepatu itu adalah Nike Waffle Racing Flat Moon Shoe. Harga sepatu ini mencapai US$160 ribu atau sekitar Rp2,23 miliar. Seperti pada lelang-lelang sebelumnya, harga miliaran tersebut tentu setara dengan cerita di baliknya.

Sepatu “ Moon Shoe” ternyata didesain oleh Cofounder Nike, Bill Bowerman.

Sepatu yang dibuat pada 1972 ini terinspirasi dari panggangan wafel milik istrinya, dikutip dari Yahoo Sport. Hanya ada 12 pasang yang dibuat oleh Bowerman.

Sepatu ini memulai debutnya pada Olimpiade 1972 di Eugene, Oregon, Amerika Serikat. Atlet yang memakai sepatu ini adalah Dave Russell seorang atlet pelari marathon.

Russell adalah segelintir atlet yang memilih sepatu dari toko atletik sebelum uji coba. Sepatu ini punya sol yang lembut. Biasanya, pelari maraton terbiasa menggunakan sepatu dengan sol keras sebelum tahun 1972.  

1 dari 6 halaman

6 Cara Merawat dan Membersihkan Sneakers Putih dengan Mudah

Dream - Sneakers putih paling banyak digemari di dunia fashion. Alasannya cukup sederhana, sneakers warna putih bisa dipadukan dengan berbagai pakaian.

Selain itu, sneakers juga bisa memberikan kesan sporty pada orang yang mengenakannya. Sayangnya sneakers putih mudah sekali terlihat kotor.

Karena itu banyak yang mengatakan kalau sneakers putih memerlukan perawatan ekstra yang merepotkan.

Namun, Sahabat Dream tidak usah khawatir. Dikutip dari Reader's Digest, berikut cara merawat dan membersihkan sneakers putih dengan mudah.

1. Menggunakan Anti Noda

Melindungi sneakers putih agar tetap bersih adalah langkah pencegahan yang disarankan. Kamu bisa membeli kit pembersih anti noda khusus di toko sepatu atau toko online yang menyediakannya.

Cukup semprotkan secara merata di permukaan sepatu dan biarkan hingga kering semalaman. Lakukan setiap beberapa minggu sekali.

2 dari 6 halaman

2. Membersihkan Bagian Sol

Untuk membersihkan bagian sol, sediakan spons pembersih ajaib yang banyak dijual online. Basahi spons pembersih ajaib tersebut dengan air, dan gosok sepatu dengan gerakan memutar.

Tidak perlu dicampur dengan sabun karena spons pembersih ajaib ini memiliki zat unik yang bisa membersihkan kotoran di segala permukaan.

3 dari 6 halaman

3. Membersihkan Tali Sepatu

Lepas terlebih dahulu tali sepatu sebelum dicuci. Isi wadah dengan air panas dan tambahkan deterjen. Masukkan dan rendam selama 5-10 menit.

Setelah itu bersihkan dengan mengucek atau memijat tali sepatu dengan ibu jari dan jari telunjuk. Kemudian bilas hingga bersih.

4 dari 6 halaman

4. Membersihkan Sneakers Putih Berbahan Kanvas

Campur baking soda dengan air setengah dan hidrogen peroksida setengah sampai membentuk pasta.

Setelah semua kotoran yang melekat pada bagian berbahan kanvas benar-benar bersih, aplikasikan pasta yang sudah dibuat tadi.

 

Biarkan selama empat jam sampai pasta mengeras. Setelah itu goyang-goyang sepatu hingga pasta yang mengeras rontok dengan sendirinya.

Bersihkan sisa-sisa pasta dengan paper towel yang sudah dibuat gumpalan-gumpalan.

5 dari 6 halaman

5. Membersihkan Sneakers Putih Berbahan Suede

Membersihkan sneakers putih berbahan suede memang sedikit rumit. Intinya jangan pernah menggosok bahan suede karena akan semakin menyebarkan noda yang menempel.

Gunakan paper towel kering untuk menghilangkan noda pada sneakers putih berbahan suede. Kemudian, gunakan kain lembut yang dicelupkan ke dalam cuka putih untuk menggosok noda dengan pelan-pelan.

Jika punya, gunakan sikat suede di bagian luar sepatu begitu sudah kering untuk mengembalikan tekstur aslinya.

6 dari 6 halaman

6. Membersihkan Sneakers Putih Berbahan Kulit

Tidak seperti yang dibayangkan, membersihkan sneakersputih berbahan kulit hanya membutuhkan sikat gigi dan pasta gigi.

Caranya juga sama seperti kita menggosok gigi. Gunakan air hangat untuk mempercepat prosesnya. Kamu bahkan dapat menambahkan gula ke pasta gigi untuk menciptakan efek pengelupasan kulit untuk area yang sangat kotor.

Agar sneakers putih tetap bersih cemerlang, kamu perlu merawat dengan membersihkannya setiap dua minggu sekali.

Tentu saja, ini tergantung pada seberapa sering kamu memakai sneakers putih dalam aktivitas sehari-hari. Semakin sering kamu memakainya di luar ruangan, semakin sering kamu harus membersihkannya.

Beri Komentar
Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi