Cara Isi BBM di SPBU Pertamina Mau Diubah, Tak Bisa Lagi Bilang `Full Tank`

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 31 Januari 2020 09:24
Cara Isi BBM di SPBU Pertamina Mau Diubah, Tak Bisa Lagi Bilang `Full Tank`
Pelanggan harus menyebutkan jumlah liter BBM yang akan dibeli. Pengisian baru bisa dilakukan jika sudah dibayar

Dream – PT Pertamina (Persero) berencana mengubah mekanisme transaksi pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM). Nantinya kendaraan hanya bisa mengisi BBM setelah pelanggan terlebih dahulu membelinya di sebuah tempat khusus di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Pengubahan sistem ini akan diikuti dengan mendorong pelanggan untuk membeli BBM menggunakan aplikasi MyPertamina.

Metode baru dengan menjauhkan penggunaan ponsel di dekat tangki SPBU diharapkan bisa mencegah radiasi telepon seluler yang bisa memicu kebakaran.

Dikutip dari Liputan6.com, Jumat 31 Januari 2020, Direktur Pemasaran dan Retail Pertamina Mas'ud Khamid mengatakan, Pertamina sudah mengarah pada transaksi nontunai untuk pengisian BBM yang menggunakan media telepon pintar (smart phone) dengan aplikasi MyPertamina.

" Kenapa pakai MyPertamina karena ini jadi payung interaksi dengan pelanggan," kata Mas'ud, di Jakarta.

Mas'ud menjelaskan Pertamina berusaha menjaga ‎keselamatan pembeli saat bertransaksi nontunai ketika mengisi BBM di SPBU.

‎" Ya kami sudah antisipasi. Jadi kalau di luar negeri itu bayar dulu baru isi BBM, bayarnya masuk ke toko," kata dia.

1 dari 5 halaman

Tak Bisa Lagi Bilang `Full Tank`

Cara tersebut dengan mengubah mekanisme transaksi pada SPBU, yaitu memberikan tempat khusus untuk transaksi pembelian BBM, sehingga transaksi tidak lagi dilakukan di area pengisian BBM.

Setelah melakukan transaksi kendaraan baru bisa melakukan pengisian BBM.

" Jadi enggak ada cerita saya beli isi BBM full tank itu enggak ada. Jadi harus sebut angka, saya beli BBM sekian liter. Bayar dulu baru isi," ujarnya.

2 dari 5 halaman

Sosialisasi

Untuk mengubah mekanisme pengisian BBM di SPBU, Pertamina akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu. Saat ini mekanisme tersebut pun sudah diterapkan pada SPBU di Rest Area Tol Surabaya KM 57.

" Kami harus ajari masyarakat ke depan, kita edukasi bayarnya tidak deket SPBU, kita geser dikit ke luar ke box yang itu aman.‎ Kami biasakan masyarakat kita selama ini berpuluh tahun selama ini datang ke spbu masih di atas motor, tangki dibuka, bayar di situ, ini salah semua, harus benerin," kata dia.

Mas'ud menargetkan, perubahan mekanisme transaksi pengisian BBM di‎terapkan secepatnya.‎ Dia mengakui, mekanisme baru pengisian BBM tersebut membutuhkan waktu lebih lama, namun budaya pengisian BBM saat ini perlu diubah untuk meningkatkan keselamatan.

" Memang butuh waktu tapi itu yang benar. Ke depan kalau sudah digital semua, kami lakukan bayar dulu, baru isi BBM," kata dia.

(Sumber: Liputan6.com/Pebrianto Eko Wicaksono)

3 dari 5 halaman

Bosan Digoyang, Petugas SPBU Bikin Trik Aneh Isi Penuh Tangki BBM

Dream - Masih banyak pemilik kendaraan yang menganggap teknik menggoyangkan mobil akan menambah kapasitas ruang bahan bakar. Kebiasaan itu ternyata tak hanya berlaku di negara miskin atau berkembang.

Sebagai negara terkaya di Asia Tenggara, ternyata masih ada warganya yang memiliki anggapan serupa. Bahkan ini dilakukan oleh petugas SPBU sendiri.

Dikutip dari World of Buzz, Selasa 24 Desember 2019, sebuah video yang diunggah di Facebook menunjukkan seorang petugas SPBU tengah berdiri di atas bagasi mobil sedang. Dia terlihat berjingkrak-jingkrak di bagasi itu.


Pemilik mobil berdiri di samping dan menunggu dia berhenti sebelum memasukkan nozzle ke dalam tangki bensin. 

Peristiwa ini terjadi di SPBU Petron, Singapura, dan direkam oleh pelanggan lain di lokasi. Banyak warganet berkomentar di video dan pertama kali melihat taktik seperti itu.

“ Oh, Tuhan! Pertama kali saya menemukan cara mengisi tangki penuh dengan cara ini. Gila!” cuit seorang netizen.

Kamu bisa lihat videonya di sini.

4 dari 5 halaman

Keluarga Kompak, Guncang Mobil Biar Tangki BBM Maksimal Terisi

Dream - Liburan bersama seluruh anggota keluarga tentu jadi pengalaman menyenangkan. Terutama jika liburan dengan naik mobil pribadi.

Selain bisa " membunuh" kebosanan selama perjalanan, liburan bersama keluarga juga menguntungkan. Jika ada masalah di perjalanan, semua anggota keluarga bisa dimintai bantuan.

Itulah yang terlihat pada video viral yang dibagikan akun Facebook HelloSia Singapore yang dilansir dari World of Buzz berikut ini.

Dalam video terlihat satu keluarga terdiri tiga orang dewasa dan seorang anak-anak yang kompak. Mereka bahu membahu mengguncang mobil di sebuah SPBU.

 

 © Dream

 

Dua orang dewasa dan satu anak itu menggoyang-goyangkan mobil. Sementara salah satu dari mereka mengisi bensin. Dengan mengguncang mobil, mereka berpikir tangki bensin bisa terisi secara maksimal.

Tidak ada keterangan lengkap terkait postingan itu. Tetapi netizen menyebut video berdurasi 18 detik ini diambil di sebuah SPBU di Johor Bahru, Malaysia.

Benarkah mengguncang atau memiringkan mobil atau motor dapat mengisi tangki BBM secara maksimal? Jawabannya adalah tidak.

Memompa BBM ke dalam tangki menciptakan buih dan uap. Mengguncang atau memiringkan mobil dan motor tidak akan membuat BBMmenyebar lebih cepat.

Justru dengan menunggu buih hilang, BBM bisa mengisi ruang penyimpanan secara maksimal.

Meski begitu, kekompakan keluarga ini patut diacungi jempol. Bukan begitu, Sahabat Dream?

5 dari 5 halaman

Lihat Videonya

Kekompakan keluarga ini patut dipuji. Mereka mengguncang mobil saat mengisi bensin. Harapanya, tangki bensin bisa terisi secara maksimal. Padahal mengguncangkan mobil agar bensin terisi secara maksimal hanyalah pekerjaan sia-sia.

 

Beri Komentar
Video Kondisi Terkini WNI dari Wuhan di Natuna