Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Dear UMKM, Begini Strategi Maksimalkan Bisnis di Era Digital

Dear UMKM, Begini Strategi Maksimalkan Bisnis di Era Digital Sumber: Shutterstock

Dream - Pandemi COVID-19 membuat banyak perubahan baru dalam hidup. Kebiasaan baru, gaya hidup baru, hingga gaya belanja baru. Masyarakat lebih cenderung memilih berbelanja online karena tidak perlu keluar rumah.

Berubahnya gaya belanja masyarakat, menjadi momentum bagi para pelaku UMKM untuk beradaptasi dengan teknologi. Berpindah haluan dari berjualan offline menjadi online adalah pilihan terbaik.

Memang menyelami dunia digital bukanlah perkara mudah. Namun, Sahabat Dream bisa mengikuti beberapa tips berikut untuk membangun bisnis online.

1. Sesuaikan dengan Pasar Online

Lazada Pahlawan Ekonomi Digital

Ketahui kebutuhan pasar hingga target pemasaran bidang usaha kamu. Tidak perlu jauh-jauh. Sahabat Dream bisa menganalisa hal-hal yang digemari di lingkungan atau bahkan di rumah.

“Saya melihat pasar dan lingkungan sekitar rumah dimana ibu-ibu pasti koleksi hijab sampai satu lemari. Karena kami bergerak di dunia hijab jadi kami berinovasi untuk membuat banyak koleksi karena setiap orang berhijab biasanya tidak hanya punya satu hijab,” jelas Burhan Alfironi Muktamar, pemilik toko Maula Hijab, di Lazada pada konferensi virtual 9 Agustus 2021.

2. Manfaatkan Fitur Promo

Beragam marketplace menghadirkan beberapa fitur promo seperti gratis ongkir, voucher potongan harga, hingga cashback. Hal ini dapat dimanfaatkan para UMKM untuk mempromosikan produk mereka.

Lazada Pahlawan Ekonomi Digital

“Jika ada promo hal ini dimanfaatkan para penjual untuk ikutan promosi. Dan bisa juga analis harga di toko kita dengan toko lain lalu berikan penawaran menarik seperti bundling. Atur strategi sesuai produk yang dijual,” tambah Burhan, penjual di Lazada yang juga seorang dosen di bidang IT.

Sahabat Dream juga bisa memanfaatkan fitur lainnya seperti livestreaming atau promo hari-hari besar seperti Hari Raya atau tanggal cantik seperti 8.8 yang dapat memberikan peningkatan pada penjualan.

3. Manfaatkan Kelas Bisnis Digital

E-commerce memiliki banyak fitur yang dapat membantu penjual menganalisis pergerakan pasar dan bisnis. Hal ini butuh dipelajari dan terus diupdate sesuai perkembangan zaman.

Banyak kelas yang disediakan e-commerce untuk para penjualnya, Lazada University salah satunya. Sejalan dengan Gerakan AKAR Indonesia, Lazada bersama dengan pemerintah Indonesia akan mendigitalisasi sabuk industri yang membawahi para UMKM nasional. Hal ini untuk meningkatkan literasi digital mereka mengenai penjualan.

Selain dari edukasi yang tersedia di Lazada University dan bimbingan strategi bisnis dari Laz Trainer, salah satu fitur dalam memberdayakan para penjual di Lazada adalah fitur Bisnis Analis di dasbor khusus penjual di Lazada, Seller Center.

Fitur ini dapat digunakan penjual untuk mengakses data dan insights komprehensif secara real-time dengan mudah guna menentukan strategi bisnis yang tepat untuk mengembangkan bisnis mereka.

Lazada Pahlawan Ekonomi Digital

“Saya terus memberikan dukungan ke #PahlawanEkonomi Digital Indonesia khususnya yang berada di dalam ekosistem Lazada untuk terus dan semakin bertumbuh, terutama bagi mereka yang serius ingin mengembangkan skala usaha mereka, memperluas pangsa pasar, dan terus berinovasi agar dapat bersaing dan meraih kesuksesan,” ujar Haikal Bekti Anggoro, SVP, Traffic Operations & Seller Engagement, Lazada Indonesia pada kesempatan yang sama.

4. Terus Belajar dan Konsisten

Aldo, seorang penjual yang turut meraih sukses di Lazada juga berbagi kisah perjalanannya. Pada awalnya, Aldo hanyalah seorang distributor berbagai produk aksesoris mobil untuk toko variasi dan aksesoris mobil di area Jabodetabek dan Jawa Barat.

Aldo mengikuti terus belajar mengikuti kelas- kelas dari Lazada university yang membuat bisnisnya terus berkembang.

Lazada Pahlawan Ekonomi Digital

“Banyak bimbingan dan masukan untuk strategi bisnis dari tim account di Lazada membuat bisnis saya terus berkembang hingga akhirnya saya menjadi percaya diri untuk membuat brand milik saya sendiri," kata Aldo.

Aldo mengaku sejak mengerti strategi berbisnis membuat daya saing produknya meningkat dan kepercayaan konsumen.

SVP Traffic Operations & Seller Engagement menambahkan bahwa selain belajar, para penjual juga harus tetap persisten dan konsisten dalam berusaha. Karena wirausaha tidak mudah dan tetap semangat menjadi penjual tangguh untuk bantu Indonesia bertumbuh.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Omzet Pebisnis Batik Ini Naik Drastis Sampai Bisa Beli Tanah Sampai Umroh, Begini Trik Jualannya

Omzet Pebisnis Batik Ini Naik Drastis Sampai Bisa Beli Tanah Sampai Umroh, Begini Trik Jualannya

Produk lokal dapat bertransformasi meraih kesuksesan bisnis di era digital.

Baca Selengkapnya
Maksimalkan Jualan Online, Penjual Sarung Batik Berhasil Tingkatkan Penjualan Sampai 75 Persen

Maksimalkan Jualan Online, Penjual Sarung Batik Berhasil Tingkatkan Penjualan Sampai 75 Persen

Melihat tren yang berkembang jadi sasaran empuk buat strategi pemasaran suatu bisnis.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Rumah Ustaz Abdul Somad Bikin Kaget, Tidur Hanya Beralaskan Tikar

Rumah Ustaz Abdul Somad Bikin Kaget, Tidur Hanya Beralaskan Tikar

Rumah milik Ustad Abudl Somad atau UAS berada di perkampungan dengan jalan yang cuma muat dilintasi satu mobil.

Baca Selengkapnya