Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Susi Pudjiastuti Masuk Daftar 100 Pemikir Top Dunia

Susi Pudjiastuti Masuk Daftar 100 Pemikir Top Dunia Menteri KKP Susi Pudjiastuti Saat Tampak Jadi Model Di Jakarta Fashion Week (Foto: Kapanlagi/Agus Apriyanto)

Dream – Majalah Global Policy belum lama ini merilis daftar 100 tokoh dunia dalam "Top 100 Global Thinker". Satu dari 100 tokoh tersebut adalah Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.

Dikutip dari Foreign Policy, Rabu 23 Januari 2019, majalah ini merilis 100 pemikir global dan dibagi berdasarkan beraneka ragam kategori. Susi masuk ke dalam kategori “Defense and Security”.

Majalah ini menilai Susi berkomitmen untuk mempertahankan dan memperbarui stok ikan yang vital bagi negaranya.

“Dia juga tak malu untuk menakut-nakuti musuhnya,” tulis Foreign Policy.

Bahkan, founder Susi Air ini juga terkenal dengan meledakkan kapal pencuri ikan ilegal di perairan Indonesia. Kebijakan ini memang ampuh untuk memberantas penangkapan ikan ilegal dan juga menimbulkan ketegangan dengan Tiongkok.

“Pendekatannya yang ‘kasar’ bisa menurunkan perburuan liar, tetapi juga meningkatkan ketegangan diplomatik dengan Tiongkok,” tulis Foreign Policy.

Sekadar informasi, di dalam kategori Defense and Security, Susi juga bersanding dengan tokoh-tokoh dunia lainnya. Siapa saja? Berikut ini adalah rinciannya.

Ini Daftarnya

1. Komandan Pasukan Quds Iran, Qassem Suleimani

Peran Qassem Suleimani sangat penting di setiap wilayah Iran. Bahkan, dia juga menjadi juru bicara yang mewakili Iran atas ancaman yang diutarakan oleh Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

2. Menteri Pertahanan Jerman, Ursula von der Leyen

Sejak pengangkatannya pada 2013, Ursula telah mengubah Kementerian Pertahanan Jerman yang secara tradisional sebagai salah satu daerah politik Berlin, menjadi platform ambisi internasional Jerman. Pada 2018, dia mengadvokasi Jerman agar pengeluaran kementerian ini ditingkatkan. Ursula juga menggalang dukungan domestik agar bisa mengganti perangkat keras yang digunakan oleh militer Jerman.

3. Sekretaris Negara Meksiko, Olga Sanchez Cordero

Olga Sanchez Cordero merupakan suara yang paling berpengaruh di kabinet Presiden Andres Manuel Lopez Obrador. Olga berjanji akan menemukan cara baru untuk menekan angka kematian yang tinggi akibat perang narkoba di Meksiko. Dia menjadi garis depan untuk mendekriminalisasi narkoba, mengesampingkan militer dari penegakan hukum, dan menawarkan amnesti kepada pelanggar tanpa kekerasan.

4. Perdana Menteri Ethiopia, Abiy Ahmed

Belum setahun Abiy menjabat, Ethiopia mencetak sejarah dengan membuka perdamaian dengan Negara tetangga, Eritrea. Langkah ini menyatukan kembali keluarga dan membuka kembali jaringan perdagangan yang sudah lama tidak aktif.

5. Presiden dan Chief Operating Officer Space X, Gwynne Shotwell

Di bawah kepemimpinan Gwynne, SpaceX menjadi suatu perusahaan yang sangat diperlukan oleh militer Amerika Serikat dalam mengejar ketertinggalan. Sebelumnya, SpaceX memenangkan kontrak senilai US$130 juta (Rp1,84 triliun) dengan Angkatan Udara Amerika Serikat untuk meluncurkan satelit orbit.

Satelit ini digunakan untuk komunikasi dan pengumpulan data intelijen yang aman. Satelit ini juga bisa digunakan untuk menghancurkan rudal yang masuk.

Ada Susi Pudjiastuti!

6. Pendiri dan CEO Palantir, Alex Karp

Palantir Technologies merupakan perusahaan perangkat lunak Amerika Serikat yang bergerak di bidang analisis mahadata. Perusahaan itu bermarkas di Palo Alto, California, dan didirikan oleh Peter Thiel, Nathan Gettings, Joe Londsdale, Stephen Cohen, dan Alex Karp, dikutip dari Wikipedia.

Di bawah kepemimpinan Karp, Palantir melakukan serangkaian tugas yang ambisius. Perusahaan ini menganalisis untuk sebagian besar departemen eksekutif pemerintah Amerika Serikat, mengambil cybersecurity untuk Departemen Pertahanan, dan meninjau obat untuk Departemen Kesehatan dan Layanan Manusia.

7. Jurnalis dan Pendiri Bellingcat, Eliot Higgins

Eliot Higgins menunjukkan bahwa laptop dengan akses ke media sosial, Youtube, dan Google Maps bisa mengungkapkan lebih banyak tentang perang daripada yang dilakukan oleh badan intelijen pemerintah. Eliot mendirikan Bellingcat, situs web yang didirikan pada 2014 melalui kampanye Kickstarter.

Setelah mengungkapkan terobosan medan perang di Ukraina dan Suriah, dia menggunaka intelijen open source pada 2018 untuk melacak dua identitas agen Rusia yang diduga meracuni mantan mata-mata Sergei Skripal di Inggris.

8. Penasihat Vladimir Putin, Vladislav Surkov

Sebagai salah satu penasihat terdekat bagi orang yang paling berkuasa di Rusia, Vladislav Surkov telah menyempurnakan seni propaganda. Surkov tak hanya memperkuat kekuatan Kremlin dengan menata ulang lanskap partai opisisi Rusia dan kelompok sipil, tapi juga mengeksploitai fragmentasi emdai utnuk meningkatkan jangkauan disinformasi Rusia, baik di luar maupun di dalam negeri. 

9. Perdana Menteri Bangladesh, Sheikh Hasina

Hasina menunjukkan kemurahan hati yang tak biasa diperlihatkan kepada lawan-lawannya di negaranya. Dia justru menyambut 700 ribu pengungsi Rohingnya yang melarikan diri dari penganiayaan di Myanmar dan membiarkannya tinggal di sana. Hasina juga terus mendesak Myanmar agar kembali mau menerima pengungsi Rohingya.

10. Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia, Susi Pudjiastuti

Susi Pudjistuti berkomitmen untuk meregenerasi stok ikan yang vital bagi Indonesia. Wanita ini tak segan untuk menakut-nakuti musuh dengan menenggelamkan kapal pencuri ikan illegal. Ketegasannya ini sempat membuat ketegangan diplomatik dengan Tiongkok. 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
10 Rusa Terbesar di Dunia Edisi Tahun 2024, Nyaris Sebesar Sapi

10 Rusa Terbesar di Dunia Edisi Tahun 2024, Nyaris Sebesar Sapi

Berikut adalah sejumlah rusa terbesar di dunia, beberapa di antaranya memiliki ukuran tubuh yang setara dengan sapi, loh!

Baca Selengkapnya
5 Top Maskapai Pilihan Masyarakat Indonesia untuk Berlibur

5 Top Maskapai Pilihan Masyarakat Indonesia untuk Berlibur

67% masyarakat Indonesia berencana liburan akhir tahun 2023

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Perempuan Ini Penyanyi Asal Purwokerto, Pernah Hits di Era 90-an,  Coba Tebak?

Perempuan Ini Penyanyi Asal Purwokerto, Pernah Hits di Era 90-an, Coba Tebak?

Sosok wanita cantik ini dikenal sukses sebagai seorang penyanyi dan penulis lagu yang telah banyak menorehkan prestasi dalam dunia musik tanah air.

Baca Selengkapnya
Ini 6 Jenis Sapi Terunik di Dunia, Ada yang Bulunya Mirip Jerami

Ini 6 Jenis Sapi Terunik di Dunia, Ada yang Bulunya Mirip Jerami

Tanpa disadari, sapi memiliki banyak sekali jenis dengan berbagai keunikan. Yuk, simak 6 jenis sapi paling unik di dunia!

Baca Selengkapnya
Detik-Detik Arsyah Rasyid Melamar Ayu Saraswati, Kandas dengan 2 Artis Cantik Berlabuh di Hati Puteri Indonesia

Detik-Detik Arsyah Rasyid Melamar Ayu Saraswati, Kandas dengan 2 Artis Cantik Berlabuh di Hati Puteri Indonesia

Ayu Saraswati Puteri Indonesia Lingkungan 2020 dilamar mantan kekasih Maudy Ayunda.

Baca Selengkapnya
Suami Sibuk Kerja, Wanita Ini Diam-Diam Nikahi 3 Pria Demi Kuras Hartanya, Sukses Raup Rp1,4 Miliar

Suami Sibuk Kerja, Wanita Ini Diam-Diam Nikahi 3 Pria Demi Kuras Hartanya, Sukses Raup Rp1,4 Miliar

Seluruh suaminya tidak ada yang sadar dan hubungannya berjalan hingga beberapa tahun penuh tipuan, begini ceritanya

Baca Selengkapnya