Tokopedia Diguyur Dana Segar Rp16 Triliun

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 12 Desember 2018 18:45
Tokopedia Diguyur Dana Segar Rp16 Triliun
Dana itu digunakan untuk membangun infrastruktur dan teknologi.

Dream – PT Tokopedia kembali mendapat suntikan modal. Kali ini jumlahnya lumayan besar, yaitu mencaoai US$1,1 miliar atau setara dengan Rp16,07 triliun.

Modal segar itu berasal dari Softbank Vision Fund dan Alibaba Group. Pendanaan ini dipimpin oleh SoftBank Vision Fund dan Alibaba Group dengan partisipasi Softbank Ventures Korea, serta investor-investor Tokopedia sebelumnya.

E-commerce ini akan menggunakan dana tersebut untuk membangun teknologi dan infrastruktur serta memberdayakan jutaan bisnis lokal untuk tumbuh.

“ Dalam sembilan tahun pertama kami, Tokopedia fokus untuk membangun marketplace terbesar di Indonesia yang menyediakan barang fisik serta digital,” kata founder dan CEO Tokopedia, William Tanuwijaya, dalam keterangan tertulis yang diterima Dream, Rabu 12 Desember 2018.

Dia mengatakan, memasuki tahun ke sepuluh, Tokopedia akan mengembangkan ekosistem menjadi infrastructure-as-a-service (IaaS) dimana teknologi logistik, fulfillment, pembayaran, dan layanan keuangan akan memberdayakan perdagangan, baik online maupun offline. Pembangunan teknologi dan infrastruktur, kata dia, akan memperluas skala dan jangkauan Tokopedia.

Efisiensi operasional bagi platform ini juga tercipta. Dengan begitu, misi besar memeratakan ekonomi digital secara merata bisa terlaksana.

1 dari 1 halaman

Bantu UKM Pasarkan Produk

Senior Investor Softbank Investment Advisers dan Anggota Dewan Tokopedia, Lydia Jett, mengatakan bahwa Tokopedia telah membantu jutaan UKM di Indonesia untuk menjual produk secara digital ke seluruh pelosok Indonesia. Menurut dia, e-commerce ini juga menyediakan akses ke lebih dari 100 juta jenis produk kepada masyarakat Indonesia.

“ Dengan tingkat adopsi internet di Indonesia yang terus bertumbuh pesat, Tokopedia ada di posisi yang tepat untuk melayani jutaan masyarakat lainnya. Kami mendukung dan percaya kepada kekuatan entrepreneur lokal, dan melihat potensi pertumbuhan Tokopedia akan terus berkelanjutan,” kata dia.

Head of Investment South East Asia and India di Alibaba Group, Kenny Ho, mengaku senang bisa bekerja sama dengan Tokopedia untuk memberdayakan UMKM dan mempercepat pembangunan ekonomi Indonesia.

“ Kami melihat misi perusahaan kami - memudahkan untuk memulai dan membangun bisnis di mana saja - tercermin dalam perjalanan Tokopedia,” kata dia.

Sekadar informasi, Tokopedia kini sudah menjangkau 93 persen kecamatan di Indonesia di lebih dari 17 ribu pulau. Pada tahun ini, gross merchandise value (GMV) Tokopedia meningkat hingga empat kali lipat.

Saat ini, Tokopedia juga telah melakukan pengiriman di hari yang sama (same-day delivery) untuk 25 persen transaksi yang terjadi dalam platformnya. Tokopedia berkomitmen untuk melayani Indonesia dan akan bekerja dengan para mitranya untuk membangun teknologi dan infrastruktur terbaik demi membuka potensi dan peluang bagi ratusan juta pengguna di masa depan. 

Beri Komentar