`Opa-opa` Tajir Indonesia, Usia 80 Tahunan Harta Triliunan

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 4 Desember 2017 16:29
`Opa-opa` Tajir Indonesia, Usia 80 Tahunan Harta Triliunan
Usianya mungkin sudah lanjut usia, namun namanya terkenal sebagai pebisnis sukses.

Dream Forbes baru saja merilis daftar 50 orang terkaya di Indonesia tahun 2017. Ada 50 orang super tajir yang masuk ke dalam daftar itu.

Tercatat total harta 50 miliarder terkaya Indonesia tahun ini mencapai US$126 miliar, naik US$99 miliar dibandingkan tahun lalu. Miliarder yang berada di posisi terbuncit tercatat mengantongi harta US$450 juta, naik US$30 juta dari tahun 2016.

Dilansir dari Forbes, Senin 4 Desember 2017, data orang terkaya Indonesia 2017 ini diperoleh dari informasi kepemilikan saham dan keterbukaan keuangan dari keluarga dan para individu, otoritas bursa saham, laporan keuangan, dan analis.

Beberapa nama orang terkaya Indonesia sudah banyak dikenal masyarakat. Mereka memang malang melintang di dunia bisnis. Tak heran meski berusia senja, kiprah mereka selalu diingat.

Dari daftar orang terkaya Indonesia ini, tercatat ada empat orang Opa yang telah berusia senja namun memiliki kekayaan triliunan rupiah.

Siapakah saja mereka?

1 dari 4 halaman

Mochtar Riady

Siapa tak kenal namanya? Dia melambung bersama bisnis yang dirintisnya, Lippo Group. Mochtar Riady merupakan orang terkaya se-Indonesia yang tertua keempat. Di usia 88 tahun, Mochtar memiliki kekayaan US$3 miliar (Rp40,56 triliun). Tak heran, dia tercatat sebagai orang terkaya ke-9 di Indonesia versi Forbes.

Mochtar merupakan pendiri Lippo Group yang kini bisnisnya dijalankan oleh  dua anaknya, James dan Stephen. Terlahir di Jawa Timur, Mochtar mulai berbisnis di usia 22 tahun.

Kala itu, dia membuka toko sepeda dan mulai merintis bisnis bank sampai tahun 1997. Kini, Lippo Group memiliki bisnis di properti, ritel, kesehatan, media, dan pendidikan.

 

 

2 dari 4 halaman

Lim Hariyanto Wijaya Sarwono

Yang tertua ketiga adalah Lim Hariyanto Wijaya Sarwono. Pria berusia 89 tahun ini tercatat memiliki harta US$790 juta (Rp10,68 triliun). Lim masuk ke dalam daftar 50 orang Indonesia terkaya 2017.

Dia dan keluarganya memiliki lebih dari separuh perusahaan kelapa sawit yang tercatat di Singapura, Bumitama Agri.

Anak Lim, Lim Gunawan Hariyanto merupakan pimpinan dan presiden direktur di Bumitama Agri. Keluarga Harita Group juga memiliki saham mayoritas di pertambangan bauksit, Cita Mineral Investindo.

 

3 dari 4 halaman

Harjo Sutanto

Opa terkaya kedua di Indonesia adalah Harjo Sutanto. Pria berusia 91 tahun ini ditaksir memiliki kekayaan US$1,21 miliar (Rp16,26 triliun). Dengan harta ini, Harjo tercatat sebagai orang terkaya ke-29 se-Indonesia.

Bersama dengan Johannes Ferdinand Katuari, Harjo memulai bisnisnya sebagai penjual sabun door to door sejak 60 tahun di Jawa Timur.

Kini, bisnisnya, Wings, menjadi salah satu produsen terbesar untuk sabun dan barang rumah tangga seperti pembersih toilet, deterjen, dan pembalut wanita.

 

 

4 dari 4 halaman

Eka Tjipta Widjaja

Inilah miliarder dengan usia paling sepuh di deretan orang terkaya Indonesia. Dialah Eka Tjipta Widjaja. Tahun ini, Eka Tjipta diketahui telah berusia 94 tahun. Namun jangan remehkan kemampuannya berbisnis.

Dari bisnis yang digelutinya seperti kelapa sawit, kertas, dan properti, kekayaan Eka Tjipta mencapai US$9,1 miliar, setara Rp123,06 triliun.

Forbes menobatkan Eka Tjipta sebagai orang terkaya kedua di Indonesia. 

Pendiri Sinar Mas ini berkecimpung di dunia bisnis sejak remaja. Kala itu, dia bekerja sebagai penjual biskuit. Saat ini, bisnis Sinar Mas memiliki usaha di bidang kertas, properti, jasa keuangan, agribisnis, dan telekomunikasi.

Beri Komentar