Begini Cara Bank Syariah Kelola Uang Nasabah dan Bagi Hasil

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 11 Januari 2019 14:33
Begini Cara Bank Syariah Kelola Uang Nasabah dan Bagi Hasil
Berbeda dengan bank konvensional.

Dream – Menghimpun dana dari tabungan merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh bank, tak terkecuali bank syariah. Menerapkan prinsip Islami, pengelolaan dana tabungan di bank syariah tentu saja berbeda dengan bank konvensional.

Selama ini kamu mungkin sudah mengetahui tentang sistem bagi hasil pada produk keuangan yang dikelola bank syariah. Kamu juga paham dengan sistem bank syariah yang melarang penerapan bunga karena tak sesuai. 

Namun pernahkah kamu berpikir bagaimana bank syariah mengelola uang baik berupa tabungan maupun produk keuangan lain milik nasabah? Bagaimana pula perhitungan bagi hasil pada nasabah?

Dikutip dari akun Youtube BNI Syariah, Jumat 11 Januari 2019, bagi hasil merupakan imbalan yang diberikan bank kepada nasabah. Porsinya tetap dan besarannya berdasarkan tingkat pendapatan bank.

Misalnya, ekuivalen nisbah tabungan sebesar 20 persen:80 persen. Ada seorang nasabah yang memiliki rata-rata saldo tabungan senilai Rp1 juta pada Januari Total jumlah saldo tabungan nasabah, misalnya, pada bulan itu senilai Rp1 miliar.

Bank syariah ini pendapatan yang dibagikan untuk seluruh nasabah pada Januari 2019 sebesar Rp100 juta. Dengan rumus ekuivalen nisbah, total imbalan yang akan dibagikan ke semua nasabah adalah Rp20 juta.

 Kuartal III 2018, Laba BNI Syariah Tumbuh 24,3 Persen

Maka, seorang nasabah akan mendapatkan bagi hasil sebesar Rp20 ribu. Angka ini didapatkan dari tabungan seorang nasabah dibagi dengan total tabungan nasabah. Kemudian, dikalikan Rp20 juta.

Total saldo yang didapatkan nasabah yang bersangkutan pada Februari adalah Rp1.020.0000,00.

2 dari 3 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
PKB Berharap Jatah Menterinya Tidak Dikurangi