Viral Video Uang Pecahan Rp100 Ribu Selebar 2 Halaman Koran, Pemilik Tak Tega Potong-Potong

Reporter : Nabila Hanum
Rabu, 30 November 2022 15:48
Viral Video Uang Pecahan Rp100 Ribu Selebar 2 Halaman Koran, Pemilik Tak Tega Potong-Potong
Uang ini sah dan bisa ditransaksikan oleh pemiliknya. Namun kebanyakan orang sayang untuk memotongnya dan hanya dijadikan koleksi.

Dream - Masyarakat selama ini sudah mengenal alat pembayaran untuk transaksi jual beli menggunakan uang kertas atau logam. Ketika menggunakan uang kertas kita akan menyerahkan lembaran sesuai nominal dari barang atau jasa yang digunakan.

Uang kertas dikeluarkan berdasarkan nominal tertentu dengan besaran tertinggi untuk saat ini senilai 100 ribu. Tapi tahukah kamu kalau ternyata uang kertas juga dijual dengan lembaran yang belum dipotong.

Dalam istilah perbankan, uang yang belum dipotong ini disebut Uncut Banknotes atau uang kertas bersambung, seperti yang terlihat dalam video berikut ini.

Video akun TikTok @boyg.rahman terlihat seorang pria melakukan unboxing uang kertas pecahan Rp100 ribu berbentuk plano.

1 dari 5 halaman

Pria tersebut tampak memamerkan uang plano selebar dua halaman koran tersebut. Banyak warganet yang heran mengapa uang yang belum dipotong tersebut bisa dimiliki oleh masyarakat umum.

Viral Video Uang Pecahan Rp100 Ribu Tidak Dipotong© @boyg.rahman

Namun ternyata uang ini memang bisa dibeli di Bank Indonesia.Dalam periode tertentu, Bank Indonesia mengeluarkan Uang Rupiah Khusus (URK) dalam bentuk plano atau lembaran besar yang bisa dimiliki atau dibeli oleh masyarakat.

2 dari 5 halaman

Uang ini dikeluarkan untuk mendukung kegiatan numismatik di Indonesia. Uang rupiah ini biasanya dibeli untuk keperluan koleksi.

Viral Video Uang Pecahan Rp100 Ribu Tidak Dipotong© @boyg.rahman

Tapi, uang tersebut tetap merupakan alat transaksi yang sah digunakan di Indonesia, meskipun uang ini memang sangat terbatas untuk kolektor.

Kamu bisa mendapatkan uang ini di konter Bank Indonesia terdekat dengan berbagai persyaratan yang harus dipenuhi.

3 dari 5 halaman

" Itu Uang asli bersertifikat..... bisa saja dipotong untuk dibelanjakan... tapi sayang banget... karena diedarkan sangat terbatas untuk Kolektor," tulis pengunggah video.

Viral Video Uang Pecahan Rp100 Ribu Tidak Dipotong© @boyg.rahman

Setiap pembelian uang plano ini bisa dilakukan di loket Bank Indonesia dengan terlebih dulu datang dan mengambil antrean.

Besaran harga URK ini juga beragam. Tergantung dengan banyaknya lembaran serta jenis pecahan yang dipilih.

4 dari 5 halaman

Warganet yang melihat postingan tersebut pun heran dan meninggalkan beragam komentar.

" 🙂🙂 🙌 Keren baru tau aku."

" 4,5jt sak lembar 😳😳."

" kok bisa sekeren itu uangnya👏👏."

" pantesan saya nyari duit yg merah2 lumayan susah jadi duitnya buat selimut belum di gunting2."

5 dari 5 halaman

@boyg.rahman Uang Asli seri Plano,... Uang belum dipotong #BI #BankIndonesia #Peruri #Viral #fyp ♬ suara asli - kwongsaeku

 

Beri Komentar