Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Waspada Penipuan Mengatasnamakan Kartu Prakerja, Ini Daftar Situs Bodongnya

Waspada Penipuan Mengatasnamakan Kartu Prakerja, Ini Daftar Situs Bodongnya Kartu Prakerja Gelombang Ke-12 Telah Dibuka. (foto: Shutterstock)

Dream – Sejak diluncurkan tahun lalu, Kartu Prakerja menarik banyak peminat. Animo masyarakat yang tinggi dimanfaatkan sebagai `kesempatan emas` bagi para pelaku kejahatan untuk meraup keuntungan.

Salah satu aksi penipuan yang sudah muncul adalah banjirnya situs-situs palsu dengan alamat yang mirip dengan laman resmi Kartu Prakerja, yaitu www.prakerja.go.id.

Head of Communications Prakerja, Louisa Tuhatu, menegaskan situs resmi pendaftaran program Kartu Prakerja hanya bisa diakses melalui www.prakerja.go.id, di luar itu tidak resmi atau illegal.

“Saluran komunikasi Kartu Prakerja adalah yang menggunakan akhiran 'go.id' yaitu www.prakerja.go.id dan Instagram @prakerja.go.id serta Facebook @prakerja.go.id,” kata Louisa kepada Liputan6.com, dikutip pada Jumat 26 Februari 2021.

Ada empat situs palsu yang menyerupai situs Kartu Prakerja. Berikut ini adalah rinciannya.

1. kartu-prakerja.com

2. prakerja.vip

3. dashboard.pekerja12.xyz.

4. daftarprakerja.net.

 

Ada Juga Joki Pendaftaran Kartu Prakerja

Tak hanya situs, ada juga penipuan-penipuan yang memanfaatkan momentum Kartu Prakerja Gelombang ke-12. Misalnya, joki pendaftaran program ini. Joki ini menawarka kelulusan dengan imbalan biaya.

Louisa menjamin jika program Kartu Prakerja 100 persen bebas dari tindak perjokian. Dia mengatakan, calon peserta hanya akan terpilih jika mengikuti proses pendaftaran sesuai syarat.

“Memang benar, perekrutan hanya dilakukan melalui www.prakerja.go.id dan proses seleksi dilakukan melalui sistem,” kata dia.

Jika ada jasa joki yang menjamin atau menjanjikan bahwa seseorang bisa lolos proses seleksi Kartu Prakerja, ia memastikan bahwa hal itu adalah penipuan. Proses seleksi di Kartu Prakerja dilakukan oleh sistem tanpa ada intervensi manusia. Masyarakat diminta untuk berhati-hati dan tidak tergoda dengan janji-janji para joki ini.

"Kalau ada kasus penipuan oleh joki (Kartu Prakerja), masyarakat yang tertipu bisa melaporkan ke aparat hukum," kata Louisa.

Imbalan Rp20 Ribu?

Sebelumnya, seorang netizen bercerita kepada Liputan6.com bahwa dia telah ditawarkan jasa joki Kartu Prakerja oleh kontak WhatsApp bernama @jasa pra kerja. Dalam pesan tersebut, sang joki menawarkan kepesertaan Kartu Prakerja dengan penyertaan biaya administrasi.

“Hari kemarin ada yang chat ke saya nawarin itu dengan jasa (uang) Rp20 ribu,” ujar dia.

Menerima tawaran tersebut, sang netizen tak menggubrisnya karena itu jelas-jelas menyalahi ketentuan yang ada dalam Program Kartu Prakerja.

“Tidak saya tanggapi,” kata dia.

(Sumber: Liputan6.com/Maulandy Rizky Bayu KencanaAndina Librianty)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
7 Warna Petir dari Paling Umum Sampai Langka, Punya Makna Masing-masing

7 Warna Petir dari Paling Umum Sampai Langka, Punya Makna Masing-masing

Banyak yang tak sadar bahwa petir sebenarnya muncul dalam berbagai macam warna. Yuk, simak penjelasan lengkapnya!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.