Inilah Manfaat Beras Merah yang Harus Kamu Tahu

Reporter : Ulyaeni Maulida
Selasa, 7 Juli 2020 16:12
Inilah Manfaat Beras Merah yang Harus Kamu Tahu
Ternyata beras merah yang memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Dream – Beras merah tidak sepopuler beras putih. Beras merah biasanya hanya dikonsumi saat sedang menjalani pola hidup sehat atau diet. Kandungan kalori pada beras merah lebih rendah dari beras putih, sehingga banyak manfaatnya.

Beras merah hanya mengalami pengelupasan lapisan paling luar, tidak melalui proses penggilingan. Lapisan inilah yang banyak mengandung vitamin, kalsium, seng, zat besi, mineral, serat dan nutrisi penting lainnya.

Beras merah dapat diolah menjadi berbagai varian makanan sehat. Mengonsumsi beras merah juga dapat membuat perut tidak cepat lapar. Karena kandungan karbohidrat komplek pada beras merah dapat menyuplai energi secara berkala dalam tubuh.

Meski harga beras merah lebih mahal daripada beras putih, tetapi beras merah kaya akan manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat bila rutin mengkonsumsi beras merah.

1 dari 4 halaman

Mengontrol Kadar Gula

Beras merah© Pexels.com

Beras merah sangat baik dikonsumsi bagi penderita diabetes. Karena memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dari beras putih. Sehinggat dapat menurunkan risiko kadar gula dalam darah.

Senyawa serat dan polifenolik yang ditemukan dalam beras merah membantu mengurangi indeks glikemik yang terdapat didalamnya. Selain itu, indeks glikemik yang rendah dapat mengatur kadar gula dalam darah dan produksi insulin.

2 dari 4 halaman

Baik Untuk Jantung

Kandungan selenium dalam beras merah sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Karena dapat mencegah terjadinya penyumbatan dalam arteri.

Selain itu, kandungan serat, mineral dan vitamin dalam beras merah dapat memperlancar peredaran darah sehingga membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Mengkonsumsi beras merah dapat mengurangi perkembangan plak aterosklerotik dalam pembuluh darah. Sehingga dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung.

3 dari 4 halaman

Mengurangi Risiko Obesitas

Beras merah© Pexels.com

Beras merah kaya akan serat. Makanan yang kaya serat tentunya sangat baik untuk mencegah obesitas. Beras merah mengandung mangan yang dapat membantu mensintesis lemak tubuh.

Selain itu kandungan dalam beras merah juga membuat seseorang tidak mudah lapar. Sehingga dapat mengendalikan pola makannya.

4 dari 4 halaman

Meningkatkan Antioksidan Tubuh

Beras merah memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan anti oksidan sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Karena kemampuannya dalam menangkal radikal bebas dari berbagai serangan penyakit. Serta mampu mendetoks tubuh dari racun-racun yang berbahaya. Dan lebih efektif untuk mencegah kerusakan DNA.

(Diambil dari berbagai sumber)

Beri Komentar