Meskipun Bau, Ini Dia 8 Manfaat Jengkol untuk Ibu Hamil

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Senin, 12 April 2021 08:12
Meskipun Bau, Ini Dia 8 Manfaat Jengkol untuk Ibu Hamil
Jengkol kerap kali dihindari karena baunya yang menyengat. Namun, ternyata jengkol menyimpan sederet manfaat untuk ibu hamil.

Dream – Manfaat jengkol sebenarnya belum banyak yang mengetahui. Bahan makanan yang satu ini memang memiliki bau yang menyengat dan hal inilah yang membuat sebagian orang enggan untuk mengonsumsinya.

Tetapi, tidak sedikit juga orang yang gemar makan jengkol dengan berbagai jenis olahan. Misalnya saja disemur, rendang, balado, hingga ada yang membuatnya menjadi keripik jengkol.

Bagi mereka yang mengetahui teknik memasaknya secara tepat, bau menyengat pada jengkol tersebut bisa hilang. Namun, bagi yang tidak mengetahui tekniknya, maka siap-siap saja kamar mandi kamu akan dipenuhi bau jengkol.

Di balik baunya yang membuat tidak nyaman, ternyata tanaman yang memiliki nama latin Archidendron pauciflorum ini menyimpan sederet manfaat untuk mendukung kesehatan tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Tidak hanya itu saja, jengkol yang telah menjadi salah satu makanan favorit bagi sebagian besar orang Indonesia ini juga bisa memberikan manfaat untuk ibu hamil. Berikut adalah beberapa manfaat jengkol untuk ibu hamil yang perlu kamu ketahui sebagaimana dilansir melalui berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Mencegah Penyakit Anemia dan Mencegah Penyempitan Pembuluh Darah

Ilustrasi Mengalami Anemia© Foto. freepik

Mencegah Penyakit Anemia

Manfaat jengkol yang pertama untuk ibu hamil adalah bisa mencegah penyakit anemia. Mengingat bahwa ibu hamil memilki risiko untuk mengalami kondisi ini. Sehingga kamu bisa menghindarinya dengan mengonsumsi jengkol. Hal ini karena jengkol mengandung zat besi yang memiliki peranan penting dalam mencegah kekurangan produksi sel darah merah di dalam tubuh.

Jika sampai tubuh kekurangan zat besi, maka produksi sel darah merah pun akan berkurang. Sehingga yang terjadi adalah oksigen dan nutrisi yang akan dikirim untuk janin akan berkurang.

Mencegah Penyempitan Pembuluh Darah

Di dalam jengkol terkandung mineral yang dinilai efektif untuk membuat pembuluh darah yang semula sempit menjadi lebar. Saat pembuluh darah lebar, maka hal ini akan membuat aliran darah yang mengalir ke jantung menjadi lebih lancar.

 

 

 

 

 

2 dari 4 halaman

Mencegah Bayi Lahir Cacat dan Menangkal Radikal Bebas

Ilustrasi Bayi Lahir Sehat© Foto. freepik

Mencegah Bayi Lahir Cacat

Manfaat jengkol untuk ibu hamil yang tidak boleh kamu lewatkan adalah bisa mencegah bayi lahir cacat. Setiap ibu pastinya ingin melihat anaknya lahir dengan sehat tanpa kekurangan apapun. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa mengonsumsi jengkol yang di dalamnya terdapat kandungan asam folat yang cukup tinggi. Hal ini sangat baik untuk mencegah bayi lahir dalam kondisi yang cacat.

Menangkal Radikal Bebas

Manfaat jengkol berikutnya adalah mampu menangkal radikal bebas. Radikal bebas sendiri sangatlah berbahaya untuk tubuh karena bisa merusak sel tubuh. Bahkan radikal bebas juga bisa menjadi penyebab munculnya penyakit kanker. Untuk mencegahmu dari serangan radikal bebas, kamu bisa mengonsumsi jengkol.

Hal ini karena di dalamnya terdapat kandungan berupa vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. Vitamin A sendiri berguna untuk menjaga mata agar tetap sehat. Selain itu, keberadaan vitamin A dan vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang ampuh melawan radikal bebas.

3 dari 4 halaman

Menguatkan Tulang dan Mencegah Penyakit Diabetes

Ilustrasi Tulang yang Kuat© Foto. freepik

Menguatkan Tulang

Bagi kamu yang ingin memiliki tulang kuat, begitu juga untuk janin yang sedang dikandung, maka bisa mengonsumsi jengkol. Mengingat bahwa tulang adalah bagian penting untuk bisa menopang tubuh. Jika tulang dalam kondisi yang tidak kuat, maka otomatis aktivitasmu juga akan terganggu.

Jengkol memiliki beberapa kandungan seperti kalsium, protein, dan fosfor yang kesemuanya sangat baik untuk mendukung kekuatan dan kesehatan tulang kamu serta si kecil. Bahkan dengan mengonsumsi jengkol bisa menghindarkanmu dari risiko osteoporosis.

Mencegah Penyakit Diabetes

Manfaat jengkol untuk ibu hamil selanjutnya adalah bisa mencegah dari penyakit diabetes. Hal ini karena di dalam jengkol terdapat suatu zat yang hanya dimiliki oleh tanaman ini saja. Zat tersebut bernama jengkolat acid atau disebut juga dengan djengkolic acid. Di mana zt ini adalah suatu asam amino dengan atom belerang yang sangat baik untuk mencegah dari penyakit diabetes.

4 dari 4 halaman

Sebagai Sumber Energi dan Terhindar dari Konstipasi

Ilustrasi Ibu Hamil yang Fit© Foto. freepik

Sebagai Sumber Energi

Selama masa kehamilan, ibu hamil biasanya membutuhkan energi yang lebih besar. Apalagi jika usia kehamilan semakin bertambah. Untuk mengisi energimu, maka jengkol bisa menjadi solusinya. Hal ini karena di dalam jengkol terkandung sukrosa, fruktosa, dan glukosa yang mampu untuk menghasilkan energi serta tenaga dalam jumlah yang besar. Sehingga, tubuhmu pun lebih bertenaga selama mengandung.

Terhindar dari Konstipasi

Ibu hamil biasanya sering kali mengalami gangguan pada sistem pencernaan. Kondisi ini bisa membuat kamu tidak nyaman dan bahkan bisa membuat istirahatmu terganggu. Padahal ibu hamil sangat membutuhkan istirahat yang berkualitas.

Untuk menghindari masalah konstipasi pada ibu hamil, kamu bisa mengonsumsi jengkol. Hal ini karena adanya kandungan berupa serat yang cukup tinggi. Serat inilah yang nantinya ampuh untuk melancarkan pencernaan. Jadi, kamu pun bebas dari masalah konstipasi yang mengganggu.

Itulah 8 manfaat jengkol untuk ibu hamil. Bagi sahabat Dream yang saat ini tengah mengandung dan ingin memiliki tubuh serta janin yang sehat, maka bisa mengonsumsi jengkol secukupnya saja untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

 

 

Beri Komentar