10 Trik DIY Untuk Mendapatkan Celana Jeans Impian

Reporter : Sugiono
Senin, 23 April 2018 10:28
10 Trik DIY Untuk Mendapatkan Celana Jeans Impian
Dengan 10 trik ini maka kamu bisa mendapatkan celana model sobek, distressed atau ketat tanpa perlu membeli yang baru.

Dream - Celana berbahan denim menjadi pilihan fesyen yang populer di hampir semua kalangan. Selain nyaman digunakan, celana denim ini sifatnya trendi dan tak lekang oleh waktu.

Meski terkenal kuat dan tahan lama, bukan berarti celana denim tidak akan menemui masa pensiun. Jika celana denim sudah tua, akan ditandai dengan memudarnya warna dan bahan kain yang makin menipis.

Nah, agar celana denim bisa bertahan lebih lama dan tidak berubah jadi 'belel', ada trik-trik khusus untuk merawatnya.

Dilansir oleh laman BrightSide.me, 10 trik berikut bisa menjadi panduan dalam merawat celana denim agar tetap terlihat keren dan kece.

1. Menghilangkan bau

 Trik Celana Jeans Yang Wajib Dicoba© Bright Side

Biasanya kita akan mencuci celana denim untuk menghilangkan baunya. Tapi ada anjuran agar tidak terlalu sering mencuci celana denim.

Satu trik yang bisa menggantikan acara cuci-mencuci adalah menyimpan celana denim ke dalam freezer. Caranya, lipat celana dan masukkan ke dalam tas plastik dengan zip lock. Setelah itu masukkan ke dalam freezer selama semalam. Bau celana akan kabur begitu kamu mengangkatnya keesokan paginya.

2. Mencegah luntur

 Trik Celana Jeans Yang Wajib Dicoba© Bright Side

Kegembiraan setelah membeli celana denim baru mungkin akan hilang begitu kamu mencucinya. Jika tidak hati-hati, warna celana akan luntur dan mengenai pakaian lainnya. Namun ada cara mudah untuk mencegah hal ini terjadi.

Campurkan garam secukupnya ke dalam air cucian yang digunakan untuk mencuci celana denim. Garam berfungsi untuk menghalangi terjadi luntur pada celana berbahan denim.

3. Memperpanjang usia celana denim

 Trik Celana Jeans Yang Wajib Dicoba© Bright Side

Karena sering dicuci dan digunakan, warna celana denim akan terlihat pudar dan bahannya terasa makin menipis.

Namun ada cara mudah untuk memperlambat 'penuaan dini' celana denim. Yaitu menyeterikanya saat masih baru keluar dari mesin cuci. Baru setelah itu dikeringkan menggunakan dryer. Cara ini akan mencegah terjadinya 'penuaan dini' terhadap celana denim favorit.

4. Celana denim bebas kerut

 Trik Celana Jeans Yang Wajib Dicoba© Bright Side

Mulailah proses pengeringan pada mode panas maksimum. Uap yang tercipta akibat bercampurnya pakaian basah dan panas tinggi seharusnya bisa menghilangkan semua kerutan celana denim.

Ada cara lainnya agar celana denim bebas kerut. Taruh es batu di dalam mesin pengering ketika mengeringkan pakaian.

5. Menciptakan efek belel

 Trik Celana Jeans Yang Wajib Dicoba© Bright Side

Yang ingin celananya terlihat belel di beberapa bagian, bisa menggunakan pemutih. Ada trik khusus agar efek tersebut terlihat bagus. Hati-hati, setiap celana denim akan memiliki reaksi berbeda ketika bersentuhan dengan pemutih.

Langkah pertama, menyiapkan ember berisi air dan pemutih. Namun sebelum itu, rendam celana di dalam air biasa agar pemutih bekerja dengan baik.

Setelah itu gunakan sponge, kuas, atau semprotan untuk mendapatkan efek pada bagian-bagian yang diinginkan. Jika ingin efek memudarnya merata, cobalah untuk merendamnya selama 20-30 menit.

Langkah terakhir adalah membilas celana dengan air dingin dan kemudian memasukkannya ke mesin cuci untuk dikeringkan.

Ingin tahu trik lainnya? Klik halaman berikutnya.

1 dari 1 halaman

Mengecilkan Celana Denim

6. Cara murah dan mudah mengecilkan celana denim

 Trik Celana Jeans Yang Wajib Dicoba© Bright Side

Pertama, cuci celana dengan menggunakan air panas, dan langsung dikeringkan di mesin pengering dengan suhu maksimal. Setelah mengulangi langkah beberapa kali, celana denim akan mengecil sesuai dengan keinginan.

Jika ingin bagian tertentu saja yang mengecil, gunakan semprotan yang berisi tiga bagian air dan satu bagian pelembut kain cair. Semprotkan pada bagian-bagian yang ingin dikecilkan, dan langsung dimasukkan ke mesin pengering.

7. Menciptakan efek sobek-sobek

 Trik Celana Jeans Yang Wajib Dicoba© Bright Side

Daripada membeli yang baru, lebih baik membuatnya sendiri di rumah. Pilih celana yang warnanya terang atau sudah agak memudar.

Efeknya terlihat lebih bagus daripada jika menggunakan celana berwarna gelap. Buatlah lubang pada celana menggunakan gunting atau cutter.

Untuk mendapatkan efek berjumbai-jumbai, gunakan parutan keju atau kertas gosok pada lubang yang sudah dibuat.

Tapi jangan membuat efek sobek-sobek pada bagian lutut. Sebab lubang atau sobekannya akan semakin melebar jika dipakai berjalan atau saat menekuk lutut.

Gunakan sepotong papan kayu untuk penahan supaya saat proses pembuatan lubang tidak mengenai bagian belakang celana.

8. Menciptakan efek memudar

 Trik Celana Jeans Yang Wajib Dicoba© Bright Side

Untuk eksperimen ini sebaiknya kamu berada di luar ruangan. Basahi celana dengan air, lalu diperas. Setelah itu masukkan ke dalam ember dan tuangkan larutan jus lemon terkonsentrasi sebanyak satu liter. Biarkan celana selama beberapa jam, sambil terus memeriksa proses pemudarannya.

Setelah dirasa cukup, angkat dan jemur celana di bawah matahari. Ulangi lagi proses ini sampai mendapatkan hasil yang diinginkan.

9. Menciptakan efek distressed

 Trik Celana Jeans Yang Wajib Dicoba© Bright Side

Prosesnya hampir sama dengan membuat celana belel. Tapi yang ini lebih ekstrem karena sobekannya lebih lebar dan banyak. Gunakan kertas amplas untuk membuat lubang. Setelah itu tarik serabut benang, terutama yang berwarna, menggunakan pinset.

Kemudian, bersihkan kain berlebih dengan bantuan lint roller. Kamu bisa mencucinya segera untuk menghilangkan kelebihan serabut benang menggunakan air dingin.

Tips: Hanya denim dengan berat 500 gram atau lebih yang dapat menahan proses distressing. Selain itu, jangan terlalu sering mencuci celana dengan model ini.

10. Membuat celana lebih lebar

 Trik Celana Jeans Yang Wajib Dicoba© Bright Side

Kamu bisa melebarkan celana denim kamu yang sudah mulai terasa sempit. Namun teknik ini hanya akan melebarkan celana denim kamu sebesar 1 inci saja (sekitar 2,5 sentimeter).

Pertama semprot area pinggang dengan air hangat. Kemudian bentangkan celana di atas permukaan datar. Berdiri dengan kedua kaki di atas bagian saku celana. Setelah itu tarik bagian pinggang sisi yang lain ke atas.

Cara lainnya pakai celana dan duduk berendam di dalam bak mandi berisi air hangat. Setelah 15 menit tarik-tarik bagian-bagian yang ingin dilonggarkan atau dilebarkan selama 10 menit.

Keluar dari bak mandi dan biarkan celana setengah kering sambil terus menarik bagian-bagian yang akan dilebarkan atau dilonggarkan. Setelah agak kering, lepas dan jemur celana di bawah matahari langsung.

Beri Komentar
Menu Berbuka Puasa Sehat dan Anti Ribet Ala Chef Deny Gumilang