11 Tahun Jadi Runner Up, Daihatsu Sigra Jadi Andalan

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 9 Januari 2020 19:45
11 Tahun Jadi Runner Up, Daihatsu Sigra Jadi Andalan
Mobil ini masuk tiga besar penjualan Daihatsu yang terbanyak.

Dream – Selama 11 tahun berturut-turut, Daihatsu menduduki posisi kedua penjualan mobil nasional. Manajemen PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berharap penjualan Sigra akan terus meningkat sehingga bisa mempertahankan posisi runner up.

Sigra merupakan satu dari tiga merek yang menjadi kontributor penjualan terbesar buat Daihatsu.

“ Tahun lalu penjualan sigra sangat meningkat ya, jadi tahun ini target kami tetap mempertahankan posisi nomor 2 itu dengan produk Sigra ini,” kata Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra, di Jakarta, Kamis 9 Januari 2020.

Di tahun 2020, Amelia mengatakan Daihatsu tidak akan mengeluarkan produk terbaru. Namun perusahaan optimistis bisa mempertahankan posisi sebagai produsen mobil paling laku kedua di Indonesia. 

Keyakinan itu muncul karena Daihatsu percaya produsen otomotif tak hanya bisa bertahan dengan karya tapi juga kekuatan modal.

" Kalau punya duit saja tapi tidak kuat staminanya pasti gagal,"  

Fondasi inilah yang dimiliki Daihatsu yang sejak tahun 70-an ini. " Saya yakin Daihatsu akan bertahan meskipun di luar sana saingannya akan semakin ketat,” tegas Amelia.

Optimisme juga muncul seiring banyaknya program yang diberikan Daihatsu untuk para pelanggannya. Ini dibuktikan saat banjir besar melanda Jakarta awal tahun 2020 lalu.

Daihatsu menggelar sejumlah paket peduli banjir seperti pemeriksaan gratis, diskon 15 persen untuk jasa, pad, dan oli, diskon 20 persen untuk pembersihan kabin dan body luar dalam mobil serta free check out untuk para konsumennya.

(Laporan: Michelle Rachel Evangeslista Maramis) 

1 dari 6 halaman

Hore! Pemilik Daihatsu Korban Banjir Bisa Cek Mobil Gratis di Bengkel ADM

Dream - Para pemilik kendaraan bermotor yang menjadi korban banjir awal tahun 2020 tentu saat ini pusing tujuh keliling dengan kondisi mobil atau sepeda motor mereka yang terendam air. Terbayang biaya hingga ratusan ribu atau jutaan rupiah untuk membuat kendaraan kembali normal seperti sedia kala.

Melihat banyak pemilik kendaraan yang menjadi korban banjir, Daihatsu menawarkan promo perawatan dan perbaikan kendaraan melalui “ Daihatsu Peduli Banjir”.

“ Semoga program ini bisa meringankan beban pelanggan yang terdampak banjir, sehingga kendaraannya bisa kembali prima dan beraktivitas seperti sedia kala,” kata Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Selasa 7 Januari 2020.

 

 

Promo yang berlaku selama dua bulan mulai 2 Januari-29 Februari 2020 ini berlaku di semua bengkel Daihatsu di Jabodetabek. Pemilik kendaraan Daihatsu bisa memeriksakan kendaraannya secara gratis.

Ada juga manfaat-manfaat yang diberikan, yaitu diskon 15 persen untuk layanan jasa, spare part, dan oli, diskon 20 persen untuk pembersihan kabin, dan diskon 20 persen untuk layanan salon mobil.

Pelanggan yang tak bisa datang langsung, bisa menghubungi bengkel Daihatsu terdekat. ADM juga mehyiapkan fasilitas layanan panggilan darurat 24 jam melalui call center Astra World 1500898. Pemilik Daihatsu pemegang polis Asuransi Astra bisa menghubungi 1500112.

“ Kami siap membantu pelanggan yang membantu perbaikan kendaraan pasca banjir,” kata dia.

2 dari 6 halaman

Penjualan Naik, Ini Daftar Mobil Terlaris Daihatsu

Dream - Menjelang akhir 2019, penjualan Daihatsu naik. Selama Januari-November 2019, penjualan ritel Daihatsu sebesar 159.431 unit dan wholesales 166.429 unit.

Khusus November 2019, penjualan ritel mobil ini tercatat 16.214 unit dengan capaian market share sebesar 17,5 persen. Penjualan whole sales sebanyak 15.911 unit (17,5 persen).

Jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya (Oktober), penjualan Daihatsu secara total volume mengalami peningkatan pada retail sales, sebesar 4,1 persen menjadi 16.214 unit.

“ Penjualan Daihatsu tetap menunjukkan tren positif,” kata Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, dalam keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 13 Desember 2019.

 



Di sektor ritel, penjualan Daihatsu pada November, dari total 16.214 unit, Sigra masih mendominasi secara volume dengan pencapaian 4.144 unit atau berkontribusi sebesar 25,6 persen. Tak mau ketinggalan, Gran Max (PU) juga menyusul dengan hasil 3.762 unit (23,2 persen), dan Terios 2.524 unit (15,6 persen). 

Untuk Ayla, Xenia, dan GranMax (MB) berada di angka 1.300– 2.100-an unit (8-13 pesrsen).

Dari data di atas, model Daihatsu yang mengalami peningkatan permintaan adalah Terios, sebanyak 449 unit, Gran Max (PU) 426 unit, dan Ayla 249 unit. “ Semoga capaian dan kepercayaan yang baik ini bisa dapat terus terjaga dan terus memotivasi kami menjadi lebih baik,” kata dia.

3 dari 6 halaman

Daihatsu Belum Pastikan Rocky Dijual di Indonesia

Dream - Daihatsu Jepang resmi merilis koleksi terbarunya, Rocky dalam ajang Tokyo Motor Show 2019. Peluncuran mobil ini mendapat antusiasme cukup tinggi.

Tetapi, Daihatsu Indonesia belum dapat memberikan tanggapan mengenai peluncuran tersebut. Termasuk kepastian apakah Rocky akan ditawarkan di pasar Indonesia atau tidak.

" Kita belum bisa kasih komentar. Kita sedang studi dulu tentang pasarnya," ujar Marketing & CR Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso, di sela Daihatsu Urban Fest 2019 di Surabaya, Jawa Timur.

 

 

Tentunya, kata Hendrayadi, harga penjualan Daihatsu Rocky tidak bisa sama dengan di Jepang jika dijual Indonesia. Ini lantaran butuh harga yang kompetitif jika mobil itu dipasarkan di dalam negeri.

" Kalaupun masuk ke Indonesia kan harganya harus kompetitif. Nah kalau kompetitif ya harus diproduksi di Indonesia,” kata Hendra.

Menurut Hendra, Daihatsu masih perlu melakukan riset lebih mendalam sebelum akhirnya memutuskan menjual Daihatsu Rocky di Indonesia.

" Kalau mau lowest SUV kan untuk sekarang sudah ada Daihatsu Terios," tutup Hendra.

Laporan: Alfi Salima Puteri

4 dari 6 halaman

Sigra dan Xenia Duduki Posisi Teratas Penjualan Daihatsu

Dream - PT Astra Daihatsu Motors (ADM) kembali menggelar Daihatsu Festival & Trade In Day. Ajang penjualan sistem tukar tambah itu mengambil lokasi di Ciputra World Surabaya pada 9-10 November 2019.

Marketing & CR Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso, mengatakan mobil Daihatsu yang menjadi favorit konsumen masih didominasi oleh low multi purpose vehicle (LMPV). Posisi teratas dalam penjualan mobil Daihatsu ditempati yaitu Sigra dan Xenia.

" Sigra dan Xenia masih teratas dalam penjualan. Konsumen banyak yang memilih MPV dibandikan SUV karena harganya juga relatif murah," ujar Hendrayadi, di dalam konferensi pers Daihatsu Urban Fest 2019, Surabaya, Jumat 8 November 2019.

Dua mobil tersebut memang relatif ramah di kantong dengan fitur yang cukup lengkap. Daihatsu Sigra R maupun Xenia tipe R sudah bertransmisi otomatis.

Dengan konfigurasi 7-seater, baris pertama dan kedua bisa dipakai penumpang. Sedangkan bangku pada baris ketiga bisa dilipat.

Baik Sigra maupun Xenia tetap logis menjadi pilihan keluarga untuk aktivitas harian. Bahkan untuk jalan jauh dua mobil ini cukup nyaman dikendarai.

Dalam acara Daihatsu Festival & Trade In Day, masyarakat dapat melakukan tukar-tambah kendaraan lama semua merek dengan mobil baru Daihatsu.

Laporan: Alfi Salima Puteri

5 dari 6 halaman

Cocok dengan Indonesia, Daihatsu Siap Rilis Ayla Turbo?

Dream - PT Astra Daihatsu Motors (ADM) kembali menggelar Daihatsu Festival & Trade In Day. Ajang penjualan sistem tukar tambah itu mengambil lokasi di Ciputra World Surabaya pada 9-10 November 2019.

Marketing & CR Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso, mengatakan mobil Daihatsu yang menjadi favorit konsumen masih didominasi oleh low multi purpose vehicle (LMPV). Posisi teratas dalam penjualan mobil Daihatsu ditempati yaitu Sigra dan Xenia.

" Sigra dan Xenia masih teratas dalam penjualan. Konsumen banyak yang memilih MPV dibandikan SUV karena harganya juga relatif murah," ujar Hendrayadi, di dalam konferensi pers Daihatsu Urban Fest 2019, Surabaya, Jumat 8 November 2019.

Dua mobil tersebut memang relatif ramah di kantong dengan fitur yang cukup lengkap. Daihatsu Sigra R maupun Xenia tipe R sudah bertransmisi otomatis.

Dengan konfigurasi 7-seater, baris pertama dan kedua bisa dipakai penumpang. Sedangkan bangku pada baris ketiga bisa dilipat.

Baik Sigra maupun Xenia tetap logis menjadi pilihan keluarga untuk aktivitas harian. Bahkan untuk jalan jauh dua mobil ini cukup nyaman dikendarai.

Dalam acara Daihatsu Festival & Trade In Day, masyarakat dapat melakukan tukar-tambah kendaraan lama semua merek dengan mobil baru Daihatsu.

Laporan: Alfi Salima Puteri

6 dari 6 halaman

Lalu, Mobil Ini yang Disukai Anak Muda

Amelia mengatakan, mobil Daihatsu yang paling banyak digunakan generasi milenial saat ini adalah Ayla dan Sirion. Tapi, dia belum bisa memastikan mesin 1.000 cc akan digunakan di mobil mana.

" Belum tahu akan diterapkan di mana. Yang pasti mesin 1.000cc turbo sudah tes di Indonesia. Kami sekarang yang dipelajari apakah cocok digunakan untuk jalanan Indonesia," kata dia.

Saat disinggung kapan mesin tersebut bisa digunakan konsumen Indonesia, Amelia ogah berkomentar banyak. Namun, pihaknya siap menghadirkan mesin mobil itu jika punya banyak peminat.

" Kami masih mengamati respon masyarakat Indonesia. Kalau tren itu menyukai mesin kecil dengan turbo pasti akan kami penuhi," kata dia.

(Sumber: Liputan6.com/Dian Tami Kosasih)

Beri Komentar