3 Kendala yang Kerap Dihadapi Moms Saat Mendampingi Anak Sekolah Online

Reporter : Iwan Tantomi
Jumat, 1 April 2022 08:00
3 Kendala yang Kerap Dihadapi Moms Saat Mendampingi Anak Sekolah Online
Moms perlu memahami kendala-kendala yang dialami oleh buah hati ini.

Selama menjalani sekolah online orang tua kerap menemani buah hatinya. Pertama karena orang tua juga bekerja dari rumah, sehingga bisa punya banyak waktu buat buah hatinya. Selain itu, beberapa anak masih belum bisa beradaptasi sepenuhnya dengan sekolah online, sehingga masih butuh pendampingan dari orang terdekat di rumah, seperti Moms.

Tak jarang beragam kendala pun kerap dihadapi anak-anak saat mengikuti kegiatan belajar dari rumah. Sebagai orang yang begitu mengenalnya, Moms perlu memahami kendala-kendala yang dialami oleh buah hati ini. Termasuk beberapa di antaranya yang acap terjadi berikut ini:

1 dari 3 halaman

Menumbuhkan Motivasi Anak Agar Semangat Belajar dari Rumah

Shutterstock.com© Shutterstock.com

Berbeda dengan belajar di sekolah, saat belajar dari rumah secara online anak-anak tak bisa bebas berinteraksi dengan guru dan teman-temannya. Semua dilakukan secara virtual dan jarak jauh. Sementara anak-anak juga butuh berinteraksi langsung untuk mendukung aspek sosial dalam hidupnya. Di sinilah pentingnya mendampingi anak-anak saat sekolah online.

Saat dia butuh semangat, Moms bisa memposisikan diri sebagai temannya. Ajaklah ia mencoba beragam permainan interaktif bersama yang bisa membuatnya lebih gembira. Jangan lupa kasih reward saat dia berhasil menyelesaikan tugas-tugasnya dengan baik. Misalnya dengan membuatkan makanan favorit atau membelikan camilan kesukaannya. Langkah tersebut dapat menumbuhkan motivasi anak agar senantiasa semangat belajar dari rumah.

2 dari 3 halaman

Menjelaskan Tugas dari Guru Agar Anak Bisa Memahami Lebih Mudah

Shutterstock© Shutterstock

Daya tangkap dan nalar anak-anak pada materi pelajaran berbeda-beda. Moms pun harus memahaminya, apalagi saat sekolah online, anak-anak tak bisa tanya dengan bebas kapan saja kepada gurunya karena terbatasnya jarak dan waktu. Nah, Moms bisa melanjutkan peran guru di rumah, dengan menjelaskan tugas yang masih belum dipahami oleh anak-anak dengan bahasa atau cara yang lebih mudah.

Tentu saja hal tersebut membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Tak jarang, Moms harus memahaminya dulu berulang kali, agar ia bisa memahaminya dengan lebih gampang saat dijelaskan. Apabila Moms bisa melakukannya, niscaya anak-anak tak sampai merasa sekolah online ini menyulitkan dirinya, karena setiap kendala yang dihadapi bisa diselesaikan bersama Moms tercinta.

3 dari 3 halaman

Kendala Gadget yang Tak Mumpuni untuk Sekolah Online

Shutterstock© Shutterstock

Sekolah online memang butuh gadget yang mumpuni, agar anak-anak bisa menjalani segala aktivitas dan prosesnya dengan lancar. Hanya saja untuk menentukan gadget yang tepat buat mendukung sekolah online buah hati ini, jadi PR tersendiri bagi Moms. Hal ini belum ditambah jika dananya masih belum tersedia, lantaran masih dipakai untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

Kabar baiknya, Moms bisa mendapatkan gadget baru untuk mendukung aktivitas sekolah online anak dengan ikutan kompetisi Curhat Bunda: Impian Punya Samsung Galaxy Tab A8 Untuk Bantu Anak Sekolah Dari Rumah. Seperti diketahui Samsung Galaxy Tab A8 punya keunggulan baterai kuat sebesar 7040 mAh yang tahan berjam-jam. Gagdet ini juga dibenami memori besar 128GB yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan beragam file teks, foto maupun video.

Dengan layar sebesar 10,5 inci, nyaman untuk menikmati konten, streaming seri favorit keluarga, video call hingga sekolah online. Gadget ini juga dilengkapi Quad-Speaker berteknologi Dolby Atmos, menyempurnakan kualitas suaranya yang jernih dan bebas distorsi. Tambahan fitur Samsung Kids di dalamnya kian bikin Samsung Galaxy Tab A8 kids friendly. Bayangkan bisa mendapatkannya cuma-cuma? Makanya, segera ikutan kompetisinya sekarang juga.

Caranya gampang banget, Moms harus upload satu atau beberapa slide foto bersama anak ketika school from home tanpa device. Kemudian, tulis sebagai caption, sedikit keluhan yang dihadapi untuk membuat anak excited sekolah dari rumah dan highlight alasan ingin memiliki Samsung Galaxy Tab A8, termasuk menyebutkan fitur yang diinginkan, sehingga daily activity semakin mudah dan school from home lebih menarik. Jangan lupa tambahkan hashtag #MakinmanTAB, #GalaxyTabA8, #FimelaXSamsung dan ajak 3 teman untuk mengikuti kompetisi ini. Pastikan juga tag akun Instagram @fimeladotcom dan @samsungindonesia dalam caption.

Nantinya, sebanyak 3 pemenang terbaik bisa mendapatkan hadiah berupa Samsung Galaxy Tab A8. Adapun periode kompetisi ini berlangsung dari 28 Maret sampai 25 April 2022. Buruan ikutan sekarang!

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More