Trik Bikin Kegiatan Mendongeng Jadi Petualangan Imajinatif Seru Bersama Si Kecil

Reporter : Wuri Anggarini
Kamis, 31 Maret 2022 09:00
Trik Bikin Kegiatan Mendongeng Jadi Petualangan Imajinatif Seru Bersama Si Kecil
Jadikan kegiatan mendongeng sebagai petualangan imajinatif seru bagi buah hati tercinta dengan beberapa trik ini.

Mendampingi tumbuh kembang Si Kecil memang jadi tantangan tersendiri. Mams harus kreatif memberikan stimulus yang dapat memperkuat fondasi belajar anak sekaligus mendukung tumbuh kembangnya.

Dalam rangka mendukung kemampuan literasi Si Kecil, mendongeng bisa jadi kegiatan yang disarankan, lho. Namun, jangan hanya membacakan cerita saja ya. Jadikan kegiatan mendongeng sebagai petualangan imajinatif seru bagi buah hati tercinta dengan beberapa trik ini.

1 dari 4 halaman

Bercerita Sambil Bernyanyi atau Menciptakan Suara Lucu yang Ia Sukai

Trik Bikin Kegiatan Mendongeng Jadi Petualangan Imajinatif Seru Bersama Si Kecil© Shutterstock

Nggak hanya sekadar membacakan cerita, Mams bisa membuat mendongeng jadi terasa lebih seru dengan melakukan berbagai improvisasi. Misalnya saja membacakan dongeng sambil bernyanyi yang membuat Si Kecil makin antusias saat menyimak.

Selain itu, Mams juga bisa menciptakan suara lucu yang bisa disukai Si Kecil. Misalnya dengan membedakan suara para karakter yang ada di dalam dongeng seolah-olah ada banyak orang yang berbicara sesuai cerita. Dengan begitu, Si Kecil bisa larut dalam imajinasinya saat menyimak cerita yang disampaikan.

2 dari 4 halaman

Bikin Mini Theatre dengan Kostum Sesuai Cerita

Trik Bikin Kegiatan Mendongeng Jadi Petualangan Imajinatif Seru Bersama Si Kecil© Shutterstock

Trik lain yang bisa membuat kegiatan mendongeng jadi lebih seru, Mams dapat membuat mini theatre alias pertunjukan teater kecil yang menghibur bersama Si Kecil. Siapkan kostum yang sesuai dengan karakter dan jalan cerita. Misalnya, saat menceritakan fabel atau cerita dengan tokoh hewan, gunakan kostum binatang sesuai dengan karakter yang ada dalam cerita. Bisa juga dengan menggunakan kostum superhero saat bercerita tentang pahlawan super. Pastinya Si Kecil akan makin excited mendengarkan!

Ajak juga ia terlibat dalam mini theatre sederhana tersebut. Selain dengan menggunakan kostum yang sesuai, beri juga ia peran di dalam cerita tersebut. Mendongeng pun bisa berkembang jadi permainan peran yang mendukung perkembangan imajinasi serta menambah kemampuan literasi Si Kecil karena ada kesempatan memperkenalkan kata-kata baru untuknya dan memancing Si Kecil untuk belajar mengenal huruf.

3 dari 4 halaman

Manfaatkan Benda Lain yang Ada di Sekitar Sebagai Properti

Mendongeng akan terasa lebih seru jika ada properti lain yang mendukung kegiatan tersebut. Misalnya saja boneka tangan yang berperan sebagai karakter cerita yang didongengkan atau mainan anak seperti balok untuk menggambarkan setting tempat dari cerita yang dibacakan.

Selain itu, manfaatkan juga properti di sekitar sebagai pilihan pintar Mams yang dapat menunjang kemampuan literasi Si Kecil. Misalnya saja Animal Alphabets Card yang dapat diperoleh secara gratis di setiap pembelian S-26 Procal/Promise Nutrissentials rasa Vanila. Animal Alphabets Card adalah Smart Learning Tools dalam bentuk kartu dengan wajah hewan dan huruf awal nama hewan tersebut. Misalnya saja A for Alligator, B for Bear, C for Cat.

Trik Bikin Kegiatan Mendongeng Jadi Petualangan Imajinatif Seru Bersama Si Kecil© Animal Alphabets Card

Kehadiran Animal Alphabets Card di sela mendongeng bisa jadi media belajar Si Kecil yang menyenangkan karena Mams bisa mengajarkan cara mengenalkan huruf yang lebih mudah. Mams juga bisa scan QR Code yang ada dalam kemasan kartu untuk mengakses video Animal Alphabets sehingga Si Kecil bisa belajar menyebutkan huruf sambil bernyanyi.

Misalnya saja, saat menceritakan karakter Bear atau Beruang yang ada di dalam cerita, Mams bisa mengajak Si Kecil mencari Animal Alphabets Card bergambar Bear sambil memperkenalkan huruf-huruf yang membentuk kata ‘Bear’. Jadi, kegiatan mendongeng dapat menjadi petualangan imajinatif sekaligus kegiatan yang mendorong perkembangan literasinya. Yuk, saatnya beli S-26 Procal/Promise Nutrissentials sekarang!

4 dari 4 halaman

Video Digital yang Merangsang Imajinasinya Lebih Dalam

Trik Bikin Kegiatan Mendongeng Jadi Petualangan Imajinatif Seru Bersama Si Kecil© Shutterstock

Di era serba digital seperti sekarang ini, ada banyak media yang bisa mendukung tumbuh kembang Si Kecil. Termasuk saat ingin membuat aktivitas mendongeng lebih seru, Mams bisa memanfaatkan video digital yang dapat merangsang imajinasinya lebih dalam.

Misalnya, saat menceritakan latar cerita di sebuah hutan yang rindang dan sejuk, Si Kecil mungkin belum ada gambaran seperti apa istilah ‘hutan’ yang dimaksud. Nah, Mams bisa menunjukkannya lewat sebuah video digital yang memperlihatkan hutan yang mirip dengan deskripsi yang diberikan. Jadi, kosa katanya bertambah, kemampuan imajinasinya juga ikut berkembang.

Wah, ternyata ada banyak trik yang bisa dilakukan untuk membuat kegiatan mendongeng jadi lebih seru untuk mendukung perkembangan literasi anak. Jangan lupa dukung fondasi belajar anak dengan asupan nutrisi yang tepat. Selain makanan bergizi seimbang, #PercayaPilihanPintar Mam dengan mendampingi tumbuh kembangnya dengan susu pertumbuhan yang mengandung berbagai nutrisi untuk Si Kecil.

Trik Bikin Kegiatan Mendongeng Jadi Petualangan Imajinatif Seru Bersama Si Kecil© Percaya Pilihan Pintar

Susu pertumbuhan merupakan salah satu nutrisi yang biasanya diberikan Mama untuk dukung fondasi belajar Si Kecil. Susu baik diberikan untuk Si Kecil karena mengandung nutrisi seperti protein, kalsium, zat besi, zinc, DHA, dan vitamin yang baik untuk dukung tumbuh kembang Si Kecil.

S-26 Procal Nutrissentials adalah susu pertumbuhan untuk anak usia 1-3 tahun, dan S-26 Promise Nutrissentials adalah susu bubuk untuk anak usia di atas 3 tahun. Dengan pengalaman 100 tahun dari Wyeth Nutrition, dukung fondasi belajar Si Kecil.

#PercayaPilihanPintar Mams dalam mendukung kemampuan literasi Si Kecil yang mendukung proses tumbuh kembang mereka. Ceritakan pilihan pintar lainnya versi Mams, yuk!

Beri Komentar