4 Langkah Sederhana Mulai Hidup Sehat dan Lebih Sejahtera

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Minggu, 10 Januari 2021 18:40
4 Langkah Sederhana Mulai Hidup Sehat dan Lebih Sejahtera
Yuk simak 4 pilar yang bisa dilakukan masyarakat untuk memulai hidup sehat bersama AIA Vitality.

Dream - Menjalani hari demi hari di tengah pandemi ini bukan perkara mudah. Di tengah ketidakpastian dan rasa takut, kita dituntut untuk mengubah rutinitas. Meminimalisasi bertemu banyak orang, bekerja di rumah, hingga semua aktivitas baiknya di rumah sendiri. Tentu, rasa bosan dan stres kerap kali terjadi karena kendatinya manusia memang makhluk sosial.

Mengurangi kontak fisik, meningkatkan imunitas tubuh dan beralih ke gaya hidup lebih sehat menjadi kunci bertahan di masa pandemi ini. Sejalan dengan hal tersebut, AIA Vitality hadir mengiringi masyarakat Indonesia yang ingin konsisten hidup lebih sehat. Memulai hidup sehat memang mudah, tapi konsisten melakukannya cukup sulit. Padahal, konsisten hidup sehat adalah ‘investasi mahal’ untuk masa depan nanti.

Sainthan Satyamoorthy© AIA Vitality Launch All Well Indonesia

" AIA Vitality hadir membantu Anda menjalani pola hidup sehat dengan lebih mudah dan menyenangkan" ujar Sainthan Satyamoorthy, President Director AIA Indonesia pada acara virtual AIA Vitality Launch All Well Indonesia, Minggu, 3 Januari 2021.

AIA Vitality mengkampanyekan 4 pilar yang bisa dilakukan masyarakat untuk memulai hidup sehat. Eat Well, Move Well, Think Well dan Plan Well menjadi empat langkah penting menuju hidup lebih sehat dan sejahtera di masa mendatang.

Yuk simak empat langkah sederhana yang dibagikan AIA Vitality untuk investasi kesehatan dan lebih sejahtera di masa depan.

1 dari 5 halaman

Eat Well

Di tengah padatnya rutinitas, membeli makanan menjadi pilihan yang paling praktis. Hal ini sah saja kok, jika memang tidak sempat membuat makanan sendiri di rumah. Tapi, apakah semua makanan di piring kamu memenuhi nutrisi harian tubuhmu?

Fondasi dasar untuk memenuhi nutrisi harian tubuh berasal dari makronutrien yakni karbohidrat, serat dan protein.

Yuda Bustara© AIA Vitality Launch All Well Indonesia

“ Makronutrien sumbernya banyak. Karbohidrat dari beras, terigu, jagung dan umbi-umbian. Serat dari segala macam sayuran hijau dan buah-buahan. Kalau protein bisa dari daging dan kacang-kacangan” jelas Yuda Bustara pada kesempatan yang sama.

Ketiga makronutrien harus ada di piring makanmu, karena sumber makanan ini ikut andil menyediakan energi bagi tubuh untuk metabolisme, pertumbuhan, serta “ bensin” bagi otak, jantung, dan otot untuk menjalankan aktivitasnya.

Jadi, makan tidak boleh asal makan. Memperhatikan nutrisi, vitamin, dan jumlah kalori pada makanan harus menjadi gaya hidup jangka panjang. Kebiasaan sehat ini akan menjadi investasi kesehatan untuk hari ini dan hari esok.

2 dari 5 halaman

Move Well

Mens sana in conpore sano. Mungkin Sahabat Dream sudah tidak asing dengan kutipan berbahasa latin dari Decimus Iunius Juvenalis ini. Memiliki arti, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Kutipan tersebut diamini beragam penelitian yang membuktikan, bahwa olahraga memiliki manfaat baik bagi tubuh maupun mental manusia.

Anjasmara© AIA Vitality Launch All Well Indonesia

“ Kamu bisa mulai olahraga dari jenis paling mudah terlebih dahulu seperti yoga. Olahraga apa saja yang paling penting rutin. Dengan 10 menit sehari sebenarnya sudah cukup menjaga kesehatan kita” jelas Anjasmara, Brand Ambassador AIA Vitality Move Well di kesempatan yang sama.

Anjasmara mengajak masyarakat perkotaan yang sibuk agar bisa meluangkan waktu sejenak untuk olahraga yoga secara singkat. Olahraga ini memiliki segudang manfaat, tidak hanya membakar kalori, yoga dapat memelihara kelenturan otot, kekuatan persendian, memperbaiki keseimbangan tubuh. Yoga juga dapat mengolah stres, menenangkan hati, pikiran dan jiwa.

3 dari 5 halaman

Think Well

Di dunia yang bergerak serba cepat, semua orang sibuk hingga mengabaikan tubuh dan pikiran yang lelah. Ketenangan pikiran sulit didapatkan oleh generasi sekarang ini. Dua puluh empat jam sehari, rasanya tak cukup untuk menemukan titik temu dari beragam kompilasi masalah sehari-hari. 

Kecemasan dan stres berkepanjangan mengganggu keseimbangan dan daya tahan tubuh. Jika dibiarkan berlarut-larut hal ini akan berdampak buruk pada kesehatan fisik maupun mental. Adjie Santoso Putro, Brand Ambassador AIA Vitality Think Well, membagikan 2 tips mudah untuk mendapatkan ketenangan pikiran.

Adjie Santoso Putro© AIA Vitality Launch All Well Indonesia

“ Pertama, di tengah kegiatanmu ciptakan pause moment untuk beristirahat sejenak. Kedua, luangin waktu 10-15 menit untuk terdiam, mata terpejam dan hanya sadari napasmu.” jelas Adjie Santoso.

Ketika ketenangan pikiran hadir dalam diri, hal-hal positif akan datang beiringan. Hati akan semakin lapang dan damai. 

David Beckham© AIA Vitality Launch All Well Indonesia

David Beckham menambahkan untuk mendapatkan Think Well, ia selalu berusaha tetap termotivasi dan berpikiran positif dalam pekerjaan, kehidupan pribadi dan bisnis.

“ Pikiran saya sudah diprogram untuk tetap termotivasi. Hal ini karena karir saya dahulu dan mengurus 4 orang anak. Jadi harus tetap positif apapun yang terjadi untuk anak-anak” jelas mantan pemain sepak bola asal Inggris ini.

4 dari 5 halaman

Plan Well

Kondisi memang sedang tidak pasti, lalu apa rencana Sahabat Dream untuk melangkah ke depan? Jika terlalu luas dan bingung mulai dari mana, kamu bisa mulai fokus pada 3 aspek besar terlebih dahulu.

Putri Tanjung© AIA Vitality Launch All Well Indonesia

“ Dalam hidup ada 3 aspek besar yang harus dipikirkan. Yaitu finansial, kesehatan dan karir.” jelas Putri Tanjung, Brand Ambassador AIA Vitality Plan Well pada kesempatan yang sama.

Mengelola keuangan menjadi hal yang krusial, apalagi ketika perekonomian sedang naik turun di masa pandemi ini. Putri Tanjung menyarankan untuk memiliki dana darurat sejumlah 6 bulan pengeluaran pribadi atau rumah tangga. Itu hanya batas minimum, jika lebih banyak maka lebih baik lagi. Dana ini tidak boleh tercampur dan hanya dikeluarkan dalam kondisi genting.

“ Untuk kesehatan saya berusaha menjaga kesehatan tubuh sebaik mungkin. Tapi penyakit bisa datang tak terduga, jadi asuransi kesehatan menjadi prioritasku untuk perlindungan diri dan keluarga” tambah CEO dari Creativepreneur ini.

Aspek yang ketiga yaitu karir. Sebagai seorang pengusaha Putri selalu berinovasi dan beradaptasi dengan kondisi yang berubah. Belajar kembali dan membuat daftar ‘goal’ menjadi keharusan. Sebagai leader dalam usahanya, Putri harus tahu cara mengembangkan sebuah sistem, struktur, keterampilan yang tepat apalagi menyambut era digitalisasi.

5 dari 5 halaman

Disiplin dan Dapatkan Reward

Aplikasi AIA Vitality dapat membantu Sahabat Dream berkomitmen menjalankan hidup sehat lebih disiplin. Kamu bisa rutin cek kebiasaan makan, kualitas tidur atau ikut challenge fitness dan beragam fitur menarik lainnya.

Dashboard AIA Vitality© AIA Vitality Indonesia

Semakin rutin mengisi " Assesments" , mengikuti " Challenges" atau event lainnya di aplikasi AIA Vitality, semakin banyak poin yang bisa didapatkan. Kumpulan poin tersebut dapat Sahabat Dream tukarkan dengan beragam hadiah seperti voucher cek kesehatan, voucher Gojek ataupun voucher discount yang tersedia di kolom " Reward" .

Jadi, Sahabat Dream sudah siap berkomitmen hidup sehat bersama AIA Vitality mulai hari ini? Yuk unduh aplikasi AIA Vitality melalui App Store atau Play Store, lalu registrasi, membayar biaya keanggotaan Rp50.000 dan mulai langkah awal kamu untuk hidup sehat.

Beri Komentar