4 Tema Fashion Tren 2021/2022 'The New Beginning'

Reporter : Dwi Ratih
Senin, 12 April 2021 10:31
4 Tema Fashion Tren 2021/2022 'The New Beginning'
Kehadiran buku ini diharapkan dapat menjadi panduan untuk para pelaku industri, desainer, maupun para akademisi dalam bidang desain fesyen.

Dream - Sebagai awal kembalinya semangat para pelaku industri fesyen Tanah Air, Kemenparekraf kembali meluncurkan hasil risetnya untuk Trend Forecast 2021/2022, yang tertuang dalam Buku Fashion Trend 2021/2022 ‘The New Beginning’.

Buku ini berisikan riset panduan serta inspirasi dalam bentuk, desain, warna, hingga ilustrasi yang sesuai dengan selera pasar yang akan datang.

Kehadiran buku ini diharapkan dapat menjadi panduan untuk para pelaku industri, desainer, maupun para akademisi dalam bidang desain fesyen.

Sesuai dengan tema buku ini, ‘The New Beginning’ merupakan cerminan awal kehidupan baru, saat dunia mengalami perubahan besar untuk tatanan kehidupan akibat pandemi.

Peristiwa pandemi Covid-19 membuat kita harus mengubah pola pikir dan cara hidup. Dalam Fashion Trend 2021/2022 terdapat empat tema, di antaranya adalah Essentiality, Spirituality, Exploitation, serta Exploration.

Empat tema itu merupakan penerjemahan dari pola pikir masyarakat di tengah kondisi pandemi yang masih berlangsung.

1 dari 4 halaman

Essentiality

Sikap positif, logis, namun tetap bersemangat, itulah yang digambarkan tema ini. Untuk bentuk busannya sendiri kembali menampilkam gaya basic, sederhana, dan nyaman yang terinspirasi dari gaya hidup baru ‘Stay at Home’ dengan lingkungan bersih.

Potongan dan bentuk longgar mendominasi di tema ini. Secara keseluruhan tema ini juga hadir dengan tampilan yang tenang, segar, namun ceria.

Fashion Trend 2021/2022 ‘The New Beginning’© Dream.co.id/Shania Suha

Spirituality 

Kesadaran menjaga alam dan akar budaya menjadi pijakan untuk tema kali ini. Untuk model busananya, mengambil warisan tradisi dalam bentuk yang lebih praktis dan modern.

Gaya modern yang dipadukan dengan gaya etnik di koleksi ini merupakan pengembangan bentuk-bentuk busana tradisional dari timur yang menghadirkan kesan elegan, rapi, dan praktis.

Fashion Trend 2021/2022 ‘The New Beginning’© Dream.co.id/Shania Suha

2 dari 4 halaman

Exploitation

Tema ini didasari dengan keinginan manusia untuk tetap bebas dan tidak ada batasan. Diterjemahkan menjadi desain busana dengan bentuk dan detail yang berlebihan, serba besar, dan mencolok.

Sikap ambigu juga diterjemahkan dalam padu padan, serta kombinasi bahan yang kontras. Keinginan untuk menimati hidup ditampilkan dalam warna-warna dsn aksen gemerlap.

Fashion Trend 2021/2022 ‘The New Beginning’© Dream.co.id/Shania Suha

Exploration

Dalam tema ‘EXPLORATION’ tertuang impian masa depan untuk hidup di dunia baru yang lebih baik. Bersiaplah menjelajahi menuju dunia baru yang masih samar indah namun absurd.

Tema kali ini dituangkan dalam tampilan busana yang amat kaya dan dinamis.

Garis-garis tegas dalam busana multi fungsi untuk penjelajah dengan kesan techno dan bentukan augmented yang protektif, dibaur dengan garis-garis potongan yang mengalir lembut.

Lewat bentuk-bentuk aneh dan tidak lazim yang dieksplor menjadi aksen pada busana, memunculkan kesan eksentrik.

3 dari 4 halaman

Astari Rafli, Mama Muda yang Sukses Raup Untung di Tengah Pandemi

Dream - Pandemi Covid-19 memang membuat perekonomian tertekan. Meski demikian, di tengah kesulitan, sejumlah orang justru melihat peluang usaha dan berhasil memanfaatkannya.

Buktinya, sejak pandemi terjadi pada awal tahun lalu, bermunculan orang-orang yang sukses meraup untung dengan berjualan online. Pandemi corona memang memaksa banyak hal berubah, termasuk gaya berbisnis, dari offline ke online.

Salah satu pedagang baru di jagat toko online adalah Astari Rafli. Ibu rumah tangga berusia 23 tahun itu menjadi salah satu di antara banyak orang yang memulai bisnis online saat pandemi.

Punya niat yang kuat

Kaira Studio© Instagram.com/kaira.studio

Astari menjajakan produk pakaian. Bagi Astari Rafli, bisnis bisa dilakukan siapa saja jika memiliki niat. Walaupun Astari harus mengurus anaknya yang masih berusia dua tahun, ia merasa harus tetap produktif dan memulai bisnis berjualan baju yang bisa digunakan siapa saja.

Bisnis fashion dengan nama Kaira Studio, sudah berjalan sejak enam bulan lalu. Usaha itu sudah mengeluarkan satu season koleksi yang ternyata sold out dalam waktu singkat.

 

4 dari 4 halaman

Nantikan koleksi terbaru

Astari, dalam #NgobrasDream pada Rabu, 7 April 2021, mengatakan bahwa Kaira Studio bakal mengeluarkan koleksi season ke dia jelang Hari Raya Idulfitri.

Dalam obrolan itu pula Astari membagikan tipnya dalam membagi waktu serta tips dan trik menjalankan Kaira Studio.

Buat Sahabat Dream yang kemarin ketinggalan menyaksikan obrolan kami dengan Astari, yuk langsung saja tonton siaran ulangnya di sini.

Beri Komentar