4 Tips Mudah Pilih Travel Umrah, Insya Allah Tenang Beribadah

Reporter : Dwi Ratih
Selasa, 5 November 2019 17:50
4 Tips Mudah Pilih Travel Umrah, Insya Allah Tenang Beribadah
Apa saja ya?

Dream - Tak hanya soal finansial, berangkat umroh juga membutuhkan persiapan fisik dan non fisik. Setelah yakin tubuh senantiasa terjaga, langkah yang harus dipersiapkan lainnya adalah memilih agen travel yang tepat dan aman. 

Munculnya kasus oknum agen travel umroh dan haji nakal memang membuat para calon jemaah umroh harus berhati-hati memilih. Jangan sampai kita memilih agen hanya karena tergiur harga paket yang murah. 

Setelah semua persiapan matang, kita bisa leluasa dan tenang menjalankan ibadah umrah. Menginjakkan kaki di Tanah Suci memang telah menjadi impian umat Islam di seluruh negara. 

Berkesempatan mengunjungi makam Rasulullah dan tempat-tempat sejarah Islam di Mekkah dan Madinah membuat keinginan pergi umroh selalu menggebu di benak setiap muslim.

Agar impian umrah sukses terwujud, Sahabat Dream perlu menerapkan tips-tips dari Umroh.com, sebuah online marketplace yang bertujuan membantu melayani kebutuhan ibadah umrah umat Muslim di Indonesia.

1 dari 7 halaman

1. Pilih travel umrah yang sudah resmi terdaftar

Kamu harus perhatikan banget si penyelenggaranya. Sebuah perusahaan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) harus terdaftar dan mengantongi izin Kementerian Agama Republik Indonesia (RI).

 shutterstock

Untuk memastikan itu, ada dua cara yang bisa kamu lakukan. Pertama, datanglah langsung ke Kementerian Agama untuk memastikan list PPIU resmi.

Kedua, kamu bisa buka website resmi Kementerian Agama untuk cek nama travel umrah sudah terdaftar atau belum.

2 dari 7 halaman

2. Pastikan kamu mendapatkan jadwal keberangkatan yang sudah tertera jelasnya

Kalau kamu menemui travel umrah yang menjanjikan keberangkatan dengan menunggu satu atau dua tahun untuk alasan apapun, sebaiknya harus berhati-hati.

Sebab, setiap travel umrah yang berizin resmi sudah menentukan tanggal keberangkatan ibadah umrah dengan pasti.

 shutterstock

3 dari 7 halaman

3. Jangan mudah tergiur dengan harga yang lebih murah

Tak selamanya agen travel yang menawarkan harga paket terjangkau akan bermasalah. Alangkah baiknya kamu mencari informasi sebanyak mungkin tentang biaya perjalanan umroh terlebih dulu.

Kamu juga bisa membandingkan harga paket yang ditawarkan di antara para agen travel sejenis di daerahmu agar kamu mendapatkan gambaran harga rasional. Jika harganya terlalu rendah dan belum memiliki track record jelas, lebih baik cepat hindari.

 shutterstock

4 dari 7 halaman

4. Wajib ketahui terlebih dulu riwayat travel umrah itu sendiri

Kamu bisa mulai banyak browsing soal performa agen haji dan umrah sehingga bisa mendapatkan gambaran kepuasan pelanggan pada umumnya.

Lalu, kamu juga bisa banyak bertanya pada teman dan sanak saudara yang pernah memakai jasa perjalanannya.

Pastikan juga karakter pemilik travel dan pengurus kunci dari travel sebagai antisipasi untuk melihat apakah mereka termasuk orang yang amanah dan tidak mudah tergiur dengan nominal uang besar yang dikelolanya.

5 dari 7 halaman

Teknologi Tercanggih Ini Permudah Jemaah Haji dan Umroh

Dream - Kerajaan Arab Saudi terus berupaya memberikan pelayanan terbaiknya bagi para jemaah haji dan umroh. Untuk membuat jemaah semakin nyaman dalam beribadah, Saudi berencana menerapkan seperangkat teknologi canggih terutama terkait persoalan data identitas.

Dikutip dari Arabnews, Direktur Pengelolaan Estmrarya Management Consulting, Ahmed Riad, mengumumkan pihaknya telah menjadi kerja sama dengan Kementerian Haji dan Umroh Saudi.

Kerja sama ini dijalankan terkait penggunaan aplikasi elektronik untuk memudahkan pengumpulan data serta informasi jemaah.

Riad menjelaskan aplikasi yang saat ini tengah digarap akan memudahkan jemaah memasukkan informasi personal seperti usia dan status kesehatan.

Data tersebut dianalisis untuk membantu pihak otoritas memprediksi potensi masalah sehingga dapat memberikan penanganan secara cepat.

6 dari 7 halaman

Kerja sama juga dijalankan oleh Kementerian Haji dan Umroh Saudi dengan perusahaan asal Perancis, Thales Group.

Perusahaan ini kebagian tender merancang dan membangun sistem kelistrikan yang terintegrasi sehingga memudahkan dalam pengaturan jemaah haji dan umroh, terutama di saat-saat padat.

Direktur Sales dan Marketing Thales Group, Iyad Ibrahim, mengatakan pihaknya mengembangkan sistem terintegrasi yang mampu memberikan analisis data dengan cepat.

Sehingga, otoritas yang berwenang dapat mengambil keputusan dengan segera.

Selain itu, kata Iyad, sistem tersebut akan menghubungkan setiap sudut di Tanah Suci dalam sistem yang terintegrasi untuk analisis video, foto dan data. Sistem tersebut akan membuat kontrol dan pengelolaan kepadatan bisa dijalankan dengan mudah.

  BPS Rilis Indeks Kepuasan Haji Usai Seluruh Penyelenggaraan Selesai

7 dari 7 halaman

Sementara, CEO Northrop Grumman di Timur Tengah, Waleed Abu Khalid, mengatakan pihaknya bersama sejumlah perusahaan yang terikat perjanjian, bekerja selaras dengan strategi besar Visi 2030.

Seluruh pekerjaan dijalankan dengan melibatkan sebagian besar pekerja yang merupakan anak muda Saudi lulusan Amerika Serikat.

Tidak hanya itu, setiap pekerjaan juga membuka peluang adanya kemitraan dengan perusahaan lokal. Diharapkan hal ini dapat memberikan keuntungan nyata bagi Kerajaan.

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik