5 Cara Kendalikan Motor Matic di Jalan yang Menurun

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 1 Februari 2021 11:35
5 Cara Kendalikan Motor Matic di Jalan yang Menurun
Menuruni jalan dengan motor matic itu gampang-gampang susah, lho.

Dream – Mengendarai motor matic memang paling mudah. Sahabat Dream tak perlu menggunakan kopling dan mengoper gigi. Kamu cukup menggunakan starter dan menarik gas.

Tapi, ada satu hal yang terbilang gampang-gampang susah mengendarai motor matic, yaitu saat menuruni jalan, terutama mengerem. Jika salah teknik, mengerem dengan motor matic di jalan yang menurun justru bisa membuat kesalahan yang fatal.

Dikutip dari Federal Oil, Senin 1 Februari 2021, jangan pernah mengosongkan gas. Motor matic itu sistem persnelingnya otomatis. Saat melewati jalan yang menurun, kamu tak boleh mengosongkan persneling. Kalau sampai kosong, yang ada laju motor matic tidak terkendali.

Untuk melewati jalur turunan, kurangi saja gasnya, minimal hingga kecepatan 5-10 km per jam.

1 dari 2 halaman

Posisikan Empat Jari di Handle Rem

Ke dua, posisikan keempat jari di masing-masing handle rem. Jika gas sudah dikurangi, saat menarik handle atau tuas rem harus menggunakan empat jari. Saat di turunan, tekanan rem pada motor akan sangat kencang, jika menggunakan dua jari dikhawatirkan tidak kuat menahan tekanan rem.

Jempol wajib siap di grip gas untuk mengatur laju gas motor matic-mu. Cengkram handle rem seperlu dan secukupnya, jangan terlalu dalam supaya rem tidak terlalu mencengkram yang malah membuat motor kehilangan kestabilan.

Ke tiga, prioritaskan pakai rem depan daripada rem belakang. Saat melewati jalanan yang turun usahakan untuk menekan handle rem depan lebih keras ketimbang rem belakang.

Rem depan itu bisa menahan daya dorong motor ke depan yang notabene lebih besar dayanya saat di jalan turunan.

Apakah rem belakang gak berfugsi saat melewati jalan turunan tajam? Jawabannya tentu tidak, rem belakang tetap berfungsi kok saat melewati jalan turunan tapi sebagai penyeimbang saja.

2 dari 2 halaman

Jangan Lepas Genggaman Rem

Ke empat, jangan lepas genggaman rem sebelum lewati jalan turunan. Melepas rem saat belum selesai melewati jalan turunan bisa mengakibatkan laju motor jadi tak terkendali.

Ini sangat berisiko bagimu dan membuatmu tidak bisa mengendalikan motor dengan baik. Kalau apes, ini bisa membuat hal-hal yang tidak diinginkan.

Ke lima, pakai kaki kanan untuk menyeimbangkan. Kamu juga bisa menggunakan kaki kanan untuk menyeimbangkan motor saat melewati jalan turunan yang tajam.

Tips ini juga bisa dilakukan saat kamu melewati jalan turunan tajam yang sedang padat kendaraan. Jadi saat padat kendaraan, kaki kanan bisa dimanfaatkan untuk menopang motor yang harus sering berhenti.

Beri Komentar