5 Cara Memilih Mitra Logistik Tepercaya, Jadi Bekal Suksesnya Bisnis Online

Reporter : Jeffreydien Winanda
Senin, 27 Desember 2021 08:13
5 Cara Memilih Mitra Logistik Tepercaya, Jadi Bekal Suksesnya Bisnis Online
Sebelum memutuskan mitra logistik mana yang benar-benar tepat untuk kebutuhan bisnis kamu, ada lima hal yang wajib diperhatikan.

Tak hanya produk, mitra logistik yang tepat dan tepercaya menjadi salah satu kunci sukses dalam berbisnis, termasuk membangun kepercayaan dan loyalitas konsumen.

Jika diminta untuk memasukkan unsur apa saja yang bisa membuat lancarnya bisnis online, maka isinya nggak bakal jauh-jauh dari produk hingga quality control. Namun, ada satu hal yang nggak boleh dilewatkan para online seller, yaitu peranan mitra logistik.

 Hadirnya mitra logistik yang tepat akan memainkan peranan penting dalam arus bisnis online. Mulai dari menjaga kualitas barang yang dijual, hingga distribusi kepada konsumen dalam waktu yang tepat serta kondisi paket saat diterima.

Seiring dengan meningkatnya tren belanja online di Indonesia, perusahaan logistik dengan beragam pelayanan semakin menjamur. Harga yang ditawarkan pun cukup kompetitif. Namun jangan langsung tergiur, Teman-teman Seller. Sebelum memutuskan mitra logistik mana yang benar-benar tepat untuk kebutuhan bisnis kamu, ada lima hal yang wajib diperhatikan.

- Kredibilitas Mitra Logistik

Gali informasi mengenai perusahaan logistik dari berbagai sumber, seperti portal berita, website resmi perusahaan, serta review konsumen atau pelaku bisnis. Dengan begitu Teman-teman Seller dapat melihat apakah perusahaan logistik tersebut memang tepercaya atau justru kurang kompeten.

- Standar Operasional Prosedur Jelas

Perusahaan logistik wajib memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) yang jelas untuk meningkatkan efisiensi, konsistensi serta keamanan bekerja. Dengan SOP yang jelas, semua keunggulan pelayanan dapat diwujudkan, misalnya terkait penjemputan barang, ketepatan waktu pengiriman, serta jaminan/garansi keamanan barang.

- Perhitungan Tarif yang Transparan

Perhitungan tarif logistik sebaiknya transparan sejak awal. Jangan tergiur harga murah, tetapi banyak biaya tambahan di belakang. Sistem perhitungan tarifnya pun harus diperhatikan, apakah berdasarkan berat atau volume barang, jarak, dan sebagainya.

- Kesiapan Terhadap Komplain

Pastikan saat konsumen melakukan pengaduan atau komplain, mitra logistik memiliki beberapa pilihan bantuan yang mudah dilakukan, misalnya costumer care yang siap sedia, klaim pengembalian atau penukaran barang, dan sebagainya.

- Pilihan Pengiriman dan Pembayaran

Layanan pengiriman dan pembayaran yang beragam dari mitra logistik memberikan keuntungan untuk Teman-teman Seller. Pilihlah layanan pengiriman dan pembayaran yang sesuai dengan budget dan karakteristik bisnis.

1 dari 1 halaman

JX Indonesia, Mitra Logistik Tepercaya dengan Solusi Layanan Lengkap

Berpengalaman sejak tahun 2015, JX Indonesia merupakan mitra logistik terbaik dan tepercaya bagi bisnis Teman-teman Seller. Mengapa harus memilih JX Indonesia?

1. Beragam Jenis Layanan

  • Layanan yang dimiliki JX Indonesia sangat beragam meliputi pengiriman B2C, B2B, cargo, customized delivery service, last mile, dan cross border last mile untuk klien korporasi, online seller, dan pelaku UMKM.
  • Khusus untuk customized delivery service, JX Indonesia menyediakan layanan pengiriman yang dapat disesuaikan dengan model bisnis klien korporasi, contohnya tempat pick-up barang yang dapat disesuaikan,waktu pengiriman fleksibel, cara packing dan armada yang digunakan.
  • Memiliki 8 warehouse, lebih dari 250 drop point, dan lebih dari 3.000 kurir profesional dan terlatih yang mendukung operasional pengiriman barang.
  • Telah dipercaya oleh banyak korporasi besar, seperti PT Unilever Indonesia Tbk, Kimia Farma, Arisan Mapan, PT MC Living Essentials Indonesia, dan PT Merapi Utama Pharma.

2. Beragam Layanan Metode Pembayaran

  • JX Indonesia melayani pengiriman dengan berbagai metode pembayaran, yaitu regular delivery (metode transfer ATM, bank transfer, dan mobile banking), COD (cash on delivery), dan CSOD (card swipe on delivery).
  • Biaya admin COD dan CSOD JX Indonesia pun sangat kompetitif, mulai dari 2% untuk pencairan dana sebanyak dua kali seminggu, hingga 3% untuk pencairan dana tiga kali seminggu.

3. Beragam Layanan Unggul untuk Klien Korporasi, Online Seller, dan UMKM

  • Layanan pick-up gratis tanpa minimum jumlah paket, sehingga seller tidak perlu pergi ke gerai untuk mengirimkan paket.
  • Biaya COD dan CSOD sebesar 2-3% tidak dibatasi oleh minimum jumlah transaksi atau nilai invoice.
  • Kurir profesional dan terlatih dalam menangani pengiriman COD.
  • Fasilitas aplikasi dan website tracking serta merchant dashboard untuk memantau pergerakan paket, membuat dan mencetak shipping label secara mandiri, serta memonitor dana COD dan CSOD yang terkumpul.
  • Seller yang memiliki website toko online bisa mengajukan integrasi API dengan sistem pengiriman JX.
  • Garansi pengiriman cepat dengan on time delivery JX mencapai 98,01%.
  • Perusahaan logistik dan ekspedisi multinasional yang menerapkan pengiriman berstandar nasional.
  • Dilengkapi layanan Costumer Experience JX yang meliputi call center, WhatsApp Business, dan email dengan tingkat respons mencapai 83%, yang artinya komplain konsumen ditanggapi pada hari yang sama.

Dengan segala keunggulan yang ditawarkan, tentu saja JX Indonesia dapat diandalkan sebagai mitra logistik yang akan memperlancar bisnis Teman-teman Seller. Yuk, segera daftarkan bisnis kamu di website j-express.id/business-register dan buktikan sendiri komitmen nyata dari JX Indonesia!

Beri Komentar