5 Tips Aman Lewati Jalan Turunan dengan Motor Matik

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 15 Januari 2019 06:30
5 Tips Aman Lewati Jalan Turunan dengan Motor Matik
Mengendarai motor yang satu ini lumayan susah.

Dream – Perlahan-lahan pengguna sepeda motor bebek mulai beralih ke model matik. Mengendarai “ kuda besi” ini gampang-gampang susah.

Pengendara memerlukan teknik khusus agar bisa berkendara dengan aman dan nyaman. Salah satu tantangannya adalah mengerem di jalan turunan.

Tak sama dengan motor biasa, mengerem di jalan turunan menggunakan motor matik tak bisa sembarangan. Salah-salah, pemotor bia terjatuh dengan kendaraannya.

Lalu, bagaimana caranya mengerem di jalan turunan dengan motor matik? Berikut ini caranya, dikutip dari Suzuki, Selasa 15 Januari 2019.

1 dari 2 halaman

Prioritaskan Rem Depan

Jangan Kosongkan Gas

Motor matik punya sistem persneling otomatis. Pengendara sangat tidak dianjurkan untuk langsung mengosongkan gas ketika melewati jalan turunan.

Kalau persneling dikosongkan, laju motor berisiko tidak terkendali. Kalau melewati jalur turunan, terutama yang turunan tajam, kamu cukup mengurangi laju gas, minimal kosongkan gas sampai kecepatan 5-10 km per jam.

Posisikan Empat Jari di Masing-masing Handle Rem

Setelah gas motor matik sudah diatur dalam kecepatan yang rendah, inilah saatnya memposisikan keempat jari di masing-masing handle rem. Ingat, ketika mengerem di turunan keempat jari (kelingking, jari manis, jari tengah, dan jari telunjuk) harus selalu siaga di handle rem.

Sementara itu, jari jempol harus selalu siap di grip gas untuk mengatur laju gas motor matic. Cengkram handle rem secukupnya dan jangan terlalu dalam agar rem tidak terlalu mencengkram. Cengkraman yang terlalu kuat malah bisa membuat motor kehilangan kestabilannya.

Prioritaskan Rem Depan daripada Rem Belakang

Ketika melewati jalanan yang turun usahakan untuk menekan handle rem depan lebih keras dibandingkan rem belakang. Mengapa?

Rem depan bisa menahan daya dorong motor ke depan yang memang lebih besar dayanya ketika melintasi jalan yang menurun. Lalu, apa fungsi rem belakang? Fungsinya sebagai penyeimbang.

2 dari 2 halaman

Gunakan Kaki untuk Keseimbangan

Jangan Lepas Handle Rem Sebelum Melewati Jalan Turunan

Biasanya banyak pengendara yang tidak sabar dan justru sudah melepas handle rem saat melewati jalan turunan, padahal ini berbahaya. Melepas rem di saat belum selesai melewati jalan turunan bisa mengakibatkan laju motor menjadi tak terkendali dan risiko seperti jatuh atau menabrak kendaraan lain di depan menjadi lebih besar.

Gunakan Kaki Kanan untuk Menyeimbangkan

Kamu bisa menggunakan kaki kanan untuk menyeimbangkan motor ketika melewati jalan turunan yang tajam. Hal ini juga bisa dilakukan ketika melewati jalan turunan tajam yang sedang padat kendaraannya.

Saat jalan dipadati kendaraan, kaki kanan bisa kita manfaatkan untuk menopang motor yang suka tidak suka harus sering berhenti.

Beri Komentar