Laris Manis Berkat Diskon PPnBM, Penjualan Toyota Tembus 100 Ribu Unit

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 17 Juni 2021 16:33
Laris Manis Berkat Diskon PPnBM, Penjualan Toyota Tembus 100 Ribu Unit
Model-model ini diincar para pembeli selama masa diskon PPnBM.

Dream – Kebijakan diskon Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) hingga 100 persen membuat PT Toyota Astra Motor (TAM) sumringah. Keringanan fiskal ini mengerek penjualan mobil pabrikan dari Jepang tersebut.

“ Tentang penjualan Januari-Mei 2021, kami bersyukur langkah-langkah pemerintah sangat mendukung produksi atau industri dalam negeri dan penjualan yang membaik,” kata Marketing Director TAM, Anton Jimmy Suwandy, dalam media gathering virtual, Kamis 17 Juni 2021.

Anton mengungkapkan penjualan Toyota selama periode Januari-Mei mencapai lebih dari 100 ribu unit dengan pangsa pasar mencapai 31 persen.

" Angkanya tumbuh 24 persen year-on-year (yoy). Kalau penjualan Mei, naik 214 persen secara yoy,” kata Anton.

1 dari 5 halaman

Model Ini Laris Manis

Model-model yang mendapatkan PPnBM, diakui Anton, langsung laku keras. Toyota Avanza yang tahun lalu terjual 19 ribu unit selama Januari-Mei 2020 kini ludes dibeli 23 ribuan pada Januari-Mei 2021.

Disusul Rush yang penjualannya naik dari 15 ribu unit menjadi 19 ribu-20 ribu pada periode Januari-Mei 2021. Peningkatan penjualan juga terjadi pada Toyota Kijang Innova yang laku dari 13 ribu menjadi 18 ribu unit, atau terjual 5 ribu unit.

“ Kalau urutannya masih sama, Avanza masih nomor satu, nomor dua dan tiga itu Rush dan Kijang,” kata Anton.

Begitu juga Toyota Fortuner yang penjualannya meningkat 800 unit dari 4.800 unit selama Januari-Mei 2020 menjadi 5.600 unit pada pada Januari-Mei 2021. “ Penjualannya meningkat merata di hampir semua model,” kata dia.

2 dari 5 halaman

Toyota Raize 1.200 cc Sudah Bisa Dipesan, Diskon PPnBM 100% Jadi Segini Harganya

Dream – PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan Toyota Raize dengan mesin berkapasitas 1.200 cc pada hari ini, Kamis 17 Juni 2021. Mobil ini dijual mulai dari harga Rp202 jutaan.

Marketing Director TAM, Anton Jimmy Suwandy, mengatakan antusiasme masyarakat yang tinggi terhadap Raize mendorong Toyota untuk mempercepat peluncuran mobil SUV kompak itu. Diketahui Raize bakal dirilis pada semester 2 2021, tapi dimajukan pada bulan ini.

 

 

“ Mulai hari ini, Toyota Raize 1.200 cc bisa diorder di seluruh diler Toyota,” kata dia dalam media gathering virtual TAM.

Anton mengatakan mobil ini tersedia dalam dua tipe, yaitu 1.200 cc MT dan 1.200 CC CVT. Dua varian mobil ini dijual seharga Rp202 juta untuk 1.200 MT dan Rp215 juta untuk 1.200 CVT.

“ Karena (diskon) PPnBM 100 persen diperpanjang, kami memberikan harga (mulai) Rp202 jutaan,” kata Anton.

Toyota Raize 1.200 cc ini, lanjut dia, hanya tersedia dalam versi single tone dan tidak ada model GR Sport. “ Ini merupakan alternatif bagi konsumen,” kata Anton.

3 dari 5 halaman

Baru Seminggu Dirilis, Pesanan Toyota Raize Capai 1.269 Unit

Dream – Baru seminggu diperkenalkan di Indonesia, Toyota Raize mendapatkan respons positif dari konsumen di Tanah Air. Hal ini terlihat dari pencapaian unit angka surat pemesanan kendaraan (SPK) pada 6 Mei 2021 mencapai 1.269 unit.

“ Kami bersyukur Toyota Raize mendapat respon positif dari customer yang terlihat dari angka SPK yang cukup baik walaupun baru diluncurkan satu pekan yang lalu. Terima kasih atas atensi dan antuasiasme yang ditunjukkan oleh masyarakat Indonesia terhadap Toyota Raize,” ujar Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmy Suwandy, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis, Jumat 7 Mei 2021.

Type 1.0T GR Sport CVT membukukan SPK terbesar dengan total komposisi sebesar 43% dan 1.0T GR Sport CVT TSS sebesar 40 persen. Ini menjadikan model GR Sport memiliki komposisi yang cukup besar yaitu 83 persen. Sementara itu, kontributor pada perolehan SPK Toyota Raize lainnya adalah 11 persen untuk 1.0T G CVT, dan 5% untuk 1.0T G M/T. Bahkan varian 1.2 G CVT dan 1.2 G M/T yang baru akan hadir di semester ke-2 tahun ini pun membukukan angka SPK sebesar 1 persen.

Dari sisi komposisi daerah, tiga kontributor terbesar SPK Raize berasal dari DKI Jakarta sebesar 24 persen, Jawa Barat 19 persen, dan diikuti Jawa Timur 11 persen.

4 dari 5 halaman

Berharap Bisa Dieksplorasi Langsung

Melanjutkan launching yang sudah dilaksanakan secara nasional pada 30 April lalu, acara launching juga akan dilakukan di beberapa kota besar lainnya seperti Semarang, Medan, Palembang, Surabaya, Balikpapan, Pontianak, Banjarmasin, Makassar, Manado, dan lain-lain. Kegiatan regional launching ini dilakukan baik secara online maupun offline, seperti public display, customer gathering, media gathering, maupun test drive.

“ Dengan diadakannya kegiatan regional launching ini, kami berharap pelanggan di kota lain juga bisa mengeksplorasi secara langsung kendaraan compact SUV terbaru dari Toyota,” kata dia.

Pada tahun 2021 ini, yang juga bertepatan dengan perayaan ke-50 tahun Toyota Indonesia, Toyota berkomitmen untuk menghadirkan “ Mobility Happiness for All” dengan menghadirkan Total Mobility Solution.

Peluncuran Toyota Raize di Indonesia ini juga menjadi salah satu bukti komitmen Toyota untuk terus memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia melalui produk–produk yang sesuai dengan kebutuhan, dan tentunya disertai dengan berbagai layanan penjualan dan purnajual yang makin beragam.

5 dari 5 halaman

Hadir dengan Tampilan yang Stylish dan Sporty

Toyota Raize hadir dengan tampilan eksterior dan interior yang sporty, stylish, youthful image, fun to drive, serta dilengkapi dengan turbocharge engine dan advanced technology pada fitur-fiturnya, termasuk Toyota Safety Sense (TSS).

Toyota Raize dirancang tidak hanya memberikan kenyamanan, dengan dukungan inovasi teknologi mesin turbocharge, namun juga menghadirkan excitement dan better environment yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Hal ini merupakan bagian dari tujuan Toyota untuk menghadirkan Mobility Happiness for All.

“ Melalui Toyota Raize, kami berkomitmen untuk memberikan pilihan yang lebih lengkap di segmen SUV kepada pelanggan dan dapat memenuhi kebutuhan mobilitas yang beragam dari masing-masing orang, termasuk bagi kalangan yang berjiwa muda yang aktif bekerja setiap hari maupun beraktivitas yang bertujuan untuk aktualisasi diri di akhir pekan,” ujar Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Fumitaka Kawashima.

Beri Komentar