Aplikasi Agar Penulis Bisa Cuan Di Mana Saja, Penghasilannya Capai Ratusan Juta

Reporter : Okti Nur Alifia
Selasa, 31 Mei 2022 11:05
Aplikasi Agar Penulis Bisa Cuan Di Mana Saja, Penghasilannya Capai Ratusan Juta
Dunia startup semakin banyak ide dalam mengembangkan jangkauannya, termasuk untuk para penulis.

Dream - Penulis ada di mana-mana. Tapi tidak semua penulis bisa menuangkan karyanya agar dibaca banyak orang. Apalagi mendapatkan uang dari hasil tulisannya? 

Tiga pemuda Ario Tamat, Pribadi Pranata, Aria Rajasa, menjawab permasalahan itu dengan membuat platform KaryaKarsa, bersama tagline-nya 'Rumahnya Storyteller'. 

“ KaryaKarsa berawal dari pengamatan kami pada sebuah masalah di Indonesia bahwa kreator itu biasanya jadi kerja sampingan,” kata Co-Founder dan Chief Executive Officer KaryaKarsa, Ario Tamat, Senin kemarin.

“ Kenapa nggak kita menghubungkan langsung antara fans dan kreatornya melalui sebuah platform yang bisa bermanfaat sebagai tempat distribusi dan pembayaran juga,” lanjut Ario.

Berawal dari ide itu terciptalah KaryaKarsa yang sudah menyatukan 100 ribu kreator dalam platformnya. Dengan penghasilan tertinggi di bulan Februari 2022, dari salah satu penulisnya dapat mencapai Rp100 juta per bulan.

1 dari 3 halaman

Menurut Ario, antusiasme yang tinggi bukan lain berasal dari negeri Indonesia yang mempunyai banyak cerita, dengan masyarakatnya yang merupakan penutur serta pendengar yang baik.

karyakarsa© (Foto: Dream.co.id/Okti Nur Alifia)

KaryaKarsa menjadi jalan uang bagi mereka, dengan setiap penulis dapat menentukan tarif sendiri, mengonsep, serta mempublish tulisannya. Termasuk tools untuk mendesain cover.

Sejak berdiri pada tahun 2019, setiap bulannya ada 3000 karya lebih yang terpublish. Adapun persenan dari penghasilan penulis, mereka bisa mendapatkan 90%. Ini yang menjadi pembeda dengan penulis yang menerbitkan karyanya secara konvensional.

“ Peran KaryaKarsa sebagai rumah pemberdayaan tidak hanya memberi ruang untuk berkarya, tetapi juga memberikan kemudahan mereka dalam menjangkau para penggemar sekaligus karya ke skala yang lebih besar,” lanjut Ario Tamat.

2 dari 3 halaman

Salah satu manfaat dari perubahan penulis yang bisa meraih cuan lebih, juga dirasakan oleh dua penulis yang mendapatkan uang Rp40 juta per bulan. Penulis dari Surabaya juga mencatatkan rekor dengan mendapat rupiah senilai Rp12 juta dalam dua hari. 

karyakarsa© (Foto: Dream.co.id/Okti Nur Alifia)

Ario mengatakan, seleksi alam juga berpengaruh, di mana karya dari penulis-penulis itu memang banyak penggemar dan peminatnya.

“ Kami percaya, Indonesia punya banyak sekali storyteller dengan cerita yang bisa dinikmati oleh khalayak luas,” ungkap Ario Tamat.

3 dari 3 halaman

Dari segi bisnis, KaryaKarsa yang berbentuk startup mampu menarik para investor yang melihat potensi bagus dari pengembangan bidang literasi ini.

Yakni saat bulan November 2021, KaryaKarsa mendapat pemasukan investasi sebesar USD 500.000 atau senilai Rp7 miliar. Selama dua tahun ini pula, rupiah yang telah disalurkan ke para penulis sebesar Rp20 miliar. 

“ Kami harap, IP management menjadi bekal yang mumpuni dari rumah KaryaKarsa sehingga para storyteller dapat terus bertumbuh dan berdaya melalui karyanya,” pungkas Ario Tamat.

Beri Komentar