Aplikasi Absensi Online
Dream - Pada era serba digital seperti saat ini, perkembangan teknologi semakin canggih dan kian masif. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya aktivitas yang dapat dilakukan dengan mudah karena adanya teknologi.
Salah satu contohnya yaitu seperti pada sistem absensi karyawan, yang mana sebelumnya menggunakan sistem finger print ataupun menggunakan media kertas, seiring dengan perkembangan teknologi membuat cara absensi karyawan dapat dilakukan melalui perangkat seluler masing-masing karyawan.
Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa aplikasi absensi online menjadi sangat penting bagi kelancaran perusahaan maupun kinerja karyawan.
Mengapa Aplikasi Absensi Online Menjadi Sangat Penting?
Faktanya adalah tidak sedikit yang menganggap bahwa absensi karyawan sebagai hal yang kurang penting untuk diperhatikan.
Maka, tak mengherankan jika saat ini masih banyak perusahaan yang menggunakan cara manual atau konvensional untuk mencatat absensi karyawan. Padahal, cara absensi manual memiliki risiko error yang sangat besar dan juga menyita waktu.
Dibandingkan alat absensi karyawan konvensional, termasuk fingerprint, aplikasi absensi karyawan online jauh lebih unggul dan praktis. Anda tak perlu mengeluarkan banyak biaya, sistem yang telah terintegrasi secara otomatis, dan akurasi data yang bisa diandalkan.
Absensi online ini memungkinkan karyawan untuk melakukan absensi melalui smartphone di mana pun dan kapan pun. Tak hanya itu saja, ini juga menjadi keuntungan bagi perusahaan. Sebab, aplikasi absen online juga memiliki beberapa kelebihan yang perlu Anda ketahui sebagai berikut.
1. Akurasi yang Lebih Baik
Absensi manual rentan terhadap kesalahan manusia (human error). Cukup sering mendengar keluhan dari staf bahwa mereka mendapat data yang salah dari HRD, seperti data absensi yang tidak akurat.
Ketidaktepatan semacam ini akan berdampak pada perhitungan gaji, yang pada akhirnya akan berdampak buruk bagi semua orang.
Oleh karena itu, banyak pemilik bisnis yang mulai menggunakan sistem absensi online. Dengan itu, pekerjaan HRD akan lebih mudah diatur dan mengurangi kesalahan manusia. Data dan informasi dari HRD akan lebih akurat.
2. Lebih Efisien
Mengelola data kehadiran secara manual sangat memakan waktu. Mungkin tidak masalah jika perusahaan kamu memiliki karyawan tidak lebih dari 20 orang.
Namun bagi mereka yang memiliki ratusan bahkan ribuan karyawan, itu cukup menjadi masalah. HRD harus memproses dokumen spreadsheet dengan ribuan baris.
Dengan aplikasi absensi online, HRD dapat memantau kehadiran karyawan dengan mudah. Sistem sudah bekerja pada pencatatan kehadiran dan perhitungan gaji secara otomatis. Aplikasi absensi online ini akan membuat HRD bekerja lebih efisien.
3. Mudah untuk Memantau Jam Kerja Karyawan
Bekerja dari rumah menyulitkan pihak HRD untuk memantau kinerja karyawan. Tidak ada yang tahu apakah karyawan itu sedang bekerja atau malah tidur siang. Memantau karyawan Anda dengan cara melalui WhatsApp mungkin kurang efektif.
Dengan aplikasi absensi online, kamu dapat dengan mudah memantau kehadiran karyawan. Akan lebih mudah bagi kamu untuk memantau kehadiran karyawan dengan menggunakan sistem absen. Informasi seperti absen, lembur, dan cuti juga tersedia melalui aplikasi absensi online.
4. Periksa Keberadaan Karyawan Kamu
Aplikasi absensi online yang dilengkapi dengan pelacakan GPS memungkinkan manajer untuk memeriksa posisi karyawan mereka. Pelacakan GPS sangat penting, terlebih lagi selama bekerja dari rumah, sehingga karyawan Anda dapat fokus pada pekerjaan mereka.
5. Manajemen dengan Mudah
Aplikasi absensi online juga memudahkan HRD untuk mengelola cuti karyawan. Yang dibutuhkan hanyalah masuk ke sistem untuk melihat berapa banyak cuti yang tersisa.
Dengan cara ini, karyawan kamu tidak perlu meminta staf HRD untuk mengetahui berapa banyak cuti yang mereka miliki.
Aplikasi absensi online juga memudahkan pengelolaan segala hal yang berhubungan dengan absensi. Mulai dari perhitungan bonus, lembur, cuti, hingga gaji.
10 Aplikasi Absensi Online Karyawan Terbaik
Berikut ini adalah aplikasi absensi online untuk karyawan terbaik yang bisa dicoba:
1. Mekari
Di nomor pertama terdapat aplikasi absensi online yang merupakan karya asli startup asal Indonesia, Mekari. Dengan menggunakan aplikasi ini perusahaan bisa melakukan banyak hal yang berkaitan dengan karyawan.
Dikutip dari situsnya di tentang aplikasi absensi online di https://mekari.com/produk/absensi-kehadiran-online/, Mekari memiliki beberapa kelebihan yang membuat mereka berada di jajaran pertama aplikasi absen terbaik.
Beberapa fitur kelebihan atau keunggulan yang membawa Mekari menjadi aplikasi absensi terbaik, yaitu di antaranya:
● Aplikasinya yang sangat mudah digunakan.
● Fiturnya dirancang sesuai dengan kebutuhan perusahaan untuk mengakomodasi absensi dengan geotagging location dan face recognition yang memudahkan pemantauan karyawan yang bekerja remote maupun WFH, penyimpanan data karyawan, laporan kerja harian, mencatat jam lembur, pengajuan cuti.
● Perusahaan bisa menghemat pembelian infrastruktur dan biaya maintenance system.
● Perusahaan hanya membayar biaya berlangganan per bulan sesuai dengan jumlah karyawan yang menggunakan.
Selain itu, terdapat pula alasan yang membuat Mekari sangat diminati oleh berbagai kalangan karena proses pendaftaran sangat mudah.
Pengguna dapat langsung menggunakan aplikasi Mekari setelah mendaftarkan karyawannya. Pengguna dapat secara otomatis mengatur dan mengimplementasikan aplikasi dengan mengikuti petunjuk penggunaan aplikasi, ataupun meminta bantuan dari tim keren Mekari.
Selain itu, Mekari juga menyediakan gratis akses selama 14 hari dengan mengaksesnya langsung melalui website mereka.
2. Time Clock Wizard
Selain Mekari, ada pula absensi karyawan yang berkualitas yaitu Time Clock Wizard. Time Clock Wizard adalah aplikasi absensi rilisan dari New York, Amerika Serikat. Fitur yang dimiliki aplikasi yang satu ini terhitung cukup lengkap. Mulai dari penggantian jadwal, hingga sampai jam kerja karyawan.
Tak hanya itu, aplikasi ini juga memiliki fitur khusus mengenai fitur penggajian. Dengan fitur ini, HRD perusahaan akan lebih mudah ketika membuat laporan gaji pokok dan uang lembur.
Kabar baiknya adalah aplikasi ini juga tersedia di aplikasi mobile terlebih khusus untuk Anda yang menggunakan smartphone berbasis sistem operasi Android. Tak peduli berapa banyak karyawan yang dimiliki, Anda bisa menggunakan aplikasi ini dengan sangat mudah.
3. TimeTrex
Di daftar kedua ada nama TimeTrex. Aplikasi ini merupakan aplikasi absensi yang tidak membatasi jumlah karyawan, waktu, dan jumlah pengguna.
Ada sejumlah fitur keren yang membuat TimeTrex begitu menarik. Beberapa diantaranya adalah adanya modul khusus untuk penjadwalan karyawan, penggajian dan penghitungan pajak, serta data absensi karyawan.
Data absensi karyawan ini juga meliputi waktu lembur dan waktu libur.
Aplikasi ini dapat berjalan dengan maksimal jika menggunakannya di personal komputer atau laptop. TimeTrex sangat kompatibel dengan tiga sistem operasi utama yang ada saat ini, seperti Windows, Mac, dan Linux. Kamu juga bisa menggunakannya di smartphone dengan terlebih dahulu mengunduh aplikasi ini toko aplikasi kesayangan kamu.
4. PHP Timeclock
Jika ingin menggunakan aplikasi absensi karyawan dengan tampilan yang sederhana, PHP Timeclock bisa menjadi pilihan terdepan. Meskipun memiliki tampilan antar muka yang sederhana, aplikasi yang sudah ada sejak 2006 ini masih sangat efektif untuk digunakan.
Tak hanya mampu mendata presensi karyawan, aplikasi ini juga dapat meringankan tugas seorang HRD untuk melacak waktu kerja, jam istirahat, dan liburan para karyawan.
Salah satu fitur unggulan aplikasi yang satu ini adalah reporting. Dengan reporting, HRD dapat dengan mudah menggolongkan karyawan berdasarkan indikator tertentu. Mulai dari departemen atau divisi yang menaungi, hingga kantor tempat mereka bekerja.
Bukan hanya HRD yang dimudahkan, aplikasi ini juga sangat berguna untuk para karyawan. Dengan PHP Timeclock, karyawan bisa dengan mudah mengetahui durasi kerja mereka, serta kapan waktu untuk masuk dan pulang kantor.
5. Time Clock MTS
Aplikasi absensi karyawan lainnya yang tidak kalah keren adalah Time Clock MTS. Anda bisa menggunakan aplikasi ini dalam versi gratis dan berbayar. Aplikasi ini dapat digunakan untuk beragam hal yang berkaitan dengan data dan absensi karyawan. Mulai dari daftar hadir, hingga permintaan cuti karyawan.
Kamu bisa mengatur absensi karyawan dengan menggunakan sejumlah metode. Entah dari metode sidik jari maupun webcam. Dalam versi gratis, aplikasi ini bisa membantu HRD mengelola dan melacak tiga orang karyawan. Kalau kamu mau, bisa meningkatkannya ke versi berbayar, yang memakan biaya sekitar 79 dollar.
6. CKZ Time Clock
Pada dasarnya, CKZ adalah sebuah aplikasi time tracking saja. Hanya saja, aplikasi ini memiliki kemampuan untuk digunakan sebagai tools absensi karyawan.
Sebagai aplikasi absensi, CKZ memiliki sejumlah fitur penunjang. Mulai dari real-time monitoring karyawan, pelaporan penggajian hingga penyimpanan data kehadiran karyawan.
Seperti halnya Time Clock MTS, aplikasi ini juga dapat digunakan secara gratis maupun berbayar. Untuk versi gratisnya, kamu hanya bisa menggunakannya untuk menangani tiga karyawan saja.
7. Wifi Attendance
WiFi Attendance adalah platform aplikasi absensi karyawan yang berbasis cloud, yang menggunakan jaringan WiFi untuk untuk menandai kehadiran karyawan.
Untuk versi gratisnya, aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mengelola hingga 10 karyawan. Untuk versi yang berbayar, biaya yang harus dikeluarkan berkisar 2 dollar per bulan per karyawan.
8. Aqua Teams
Jika menginginkan aplikasi absensi karyawan yang bisa melakukan lebih dari aplikasi absensi karyawan standar lainnya, Aqua Teams bisa menjadi pilihan. Aqua Teams dapat memberikan informasi rinci yang berkaitan dengan karyawan. Mulai dari waktu masuk, sisa cuti, lembur, dan lain sebagainya.
9. Time Station
Ini adalah aplikasi berbasis cloud sederhana lainnya yang bisa digunakan untuk melakukan absensi karyawan. Manager HRD dapat mendaftarkan perusahaan berikut dengan data karyawan, lalu membuat barcode untuk setiap karyawan.
Hasil cetak barcode ini nantinya bisa digunakan karyawan ketika mereka masuk dan pulang kantor. Kabar baiknya, aplikasi ini bisa digunakan secara offline, dan perangkat akan melakukan sinkronisasi data ketika tersedia jaringan nantinya.
10. When I Work
When I Work adalah aplikasi simpel yang memudahkan departemen HR untuk mengatur jadwal shift, gaji karyawan, dan melacak absensi karyawan.
Manager bisa dengan mudah mengelola shifting menggunakan aplikasi website sederhana. Aplikasi ini juga sangat interaktif dan memiliki kemampuan untuk melihat jadwal kerja karyawan.
Di era modern seperti ini, absensi karyawan seharusnya bukan menjadi masalah yang berat. Dengan bantuan aplikasi absensi karyawan, kamu bisa dengan mudah mengelola karyawan secara efektif dan efisien tanpa harus meluangkan banyak waktu dan tenaga.
Itu tadi daftar aplikasi absensi online terbaik yang ada. Manakah yang kamu pilih?
Advertisement
TemanZayd, Komunitas Kebaikan untuk Anak Pejuang Kanker
Halte TJ Senen Sentral yang Terbakar, Berubah Jadi Halte Jaga Jakarta
4 Komunitas Animasi di Indonesia, Berkarya Bareng Yuk!
Senayan Berbisik, Kursi Menteri Berayun: Menanti Keputusan Reshuffle yang Membentuk Arah Bangsa
Perusahaan di China Beri Bonus Pegawai yang Turun Berat Badan, Susut 0,5 Kg Dapat Rp1 Juta
Konser Sejarah di GBK: Dewa 19 All Stars Satukan Legenda Rock Dunia dalam Panggung Penuh Magis
Desain Samsung Galaxy S26 Bocor, Isu Mirip iPhone 17 Pro Bikin Heboh Pecinta Gadget
Official Genas, Komunitas Dance dari Maluku yang `Tularkan` Goyang Asyik Tabola Bale
Halte TJ Senen Sentral yang Terbakar, Berubah Jadi Halte Jaga Jakarta