Baru Seminggu `Dipermak`, Sedan Toyota Crown Bakal Disuntik Mati?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 17 November 2020 07:45
Baru Seminggu `Dipermak`, Sedan Toyota Crown Bakal Disuntik Mati?
Kabarnya, Crown akan diubah menjadi SUV.

Dream – Baru seminggu Toyota memperbarui Crown untuk model 2021. Kini, muncul laporan bahwa model itu akan dihentikan dan digantikan dengan SUV baru.

Dikutip dari Carscoops, Selasa 17 November 2020, sebuah laporan dari media Jepang, Chunichi, mengklaim bahwa penjualan Crown melambat. Pabrikan Jepang akan mencoret model ini dan menggantinya dengan SUV pada 2022.

Mobil anyar ini akan mengusung nama Crown.

SUV yang akan menggantikan sedan Crown ini akan menggunakan platform yang sama dengan Toyota Highlander dan tidak hanya difokuskan di pasar Asia, tetapi juga Amerika Utara dan China.

Jika sedan Crown benar-benar dicoret untuk SUV, itu tidak terlalu mengejutkan. Hal ini mengingat berkurangnya permintaan untuk sedan tradisional.

Sekadar informasi, Toyota mendesain ulang konsol tengah Crown 2021. Perusahaan ini memasang layar TFT 12,3 inci baru yang memiliki beberapa tombol fisik. Menariknya, konsol ini bisa terintegrasi dengan smartphone. Toyota juga meningkatkan radar cruise control dan fitur keselamatan lainnya.

Sedan mewah ini mengusung mesin tiga powertrain, yaitu 2.0 liter turbocharged empat silinder dengan 241 hp. Mesin ini digabungkan dengan bensin hybrid 2,5 liter dengan 222 hp dan hybrid V6 berkapasitas 3.5 liter dengan kekuatan 354 hp.

1 dari 4 halaman

Fitur Istimewa Toyota Crown Hybrid, Mobil Baru Para Menteri Jokowi

Dream – Selain gaji dan tunjangan, para menteri Kabinet Indonesia Maju bakal mendapatkan mobil dinas baru, Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid. Mobil keluaran Toyota ini merupakan salah satu line up jajaran kendaraan listrik ramah lingkungan dari Toyota.

Mobil berjenis sedan itu menggantikan Toyota Crown Royal Saloon yang telah “ mengabdi” selama 10 tahun.

“ Kepercayaan pemerintah ini kami harapkan dapat mendorong penggunaan kendaraan ramah lingkungan, sekaligus kian meyakinkan masyarakat atas keseriusan pemerintah dalam mendorong percepatan pengembangan kendaraan elektrifikasi dalam dunia industri otomotif nasional,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis Toyota yang diterima Dream, Jumat 25 Oktober 2019.

 

 

(Baca: Ini Gaji dan Fasilitas yang Diterima Wakil Menteri Jokowi)

Sekadar informasi, Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid merupakan bagian dari generasi ke-15 Toyota Crown. Selain mengusung teknologi ramah lingkungan, Toyota Crown menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) yang mengusung tiga pilar yakni Agility, Stability, dan Visibility.

Dengan platform TNGA, mobil ini diharapkan dirancang memiliki struktur sasis yang lebih kuat untuk meningkatkan performa kendaraan hingga titik terbaiknya.

Platform ini menonjolkan keunikan fitur setiap model agar dapat mempertegas daya pikatnya sehingga selalu tampil berkharisma, berpadu dengan keamanan, kenyamanan dan efisiensi yang optimal.

2 dari 4 halaman

Spesifikasi Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid

Sedan ini memiliki panjang 4.910 mm, lebar 1.550 mm, tinggi 1.455 mm, dan wheelbase 2.920 mm. Sementara Crown generasi ke-13 mempunyai panjang 4.870 mm, lebar 1.535 mm, tinggi 1.470 mm, dan wheelbase 2.850 mm.

Penambahan dimensi meningkatkan aspek kenyamanan penumpang, dan pengurangan tinggi membuat low center gravity yang dapat meningkatkan stability dan kenyamanan berkendara.

Mobil Menteri Toyota Crown

Di bagian eksterior, Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid memiliki grille besar. Mobil itu memiliki logo mahkota berwarna biru yang berkesan ramah lingkungan. Mobil ini memiliki deretan lampu LED dengan desain futuristik, baik di area depan maupun belakang. Pelek alloy yang digunakan berukuran 18 inci.

Sementara di bagian interior, berbeda total dari model yang digantikan. Terlihat jelas pada penggunaan dual touch panel monitor di tengah dashboard yang menampilkan ragam informasi, termasuk skema kerja Hybrid Synergy Drive (HSD) II.

Mobil ini juga dilengkapi kemudi three-spoke dengan berbagai tombol pengatur seperti cruise control, AC climate control triple zone, dan sistem audio disertai fitur kenyamanan dan kemudahan seperti pemutar DVD Blu-ray, TV digital, Bluetooth, dan Wifi.

3 dari 4 halaman

Intip Jantung Pacunya

Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid mengusung mesin 4 silinder dynamic force engine berkapasitas 2.487 cc. Mesinnya menghasilkan power maksimum 184 PS dan torsi 221 Nm.

Untuk tenaga listrik, sedan itu mengaplikasikan electric motor dengan power 143 PS dan torsi 300 Nm sejak pedal gas diinjak. Menggunakan transmisi Electronically Controlled CVT, sedangkan baterai memakai jenis Nickel-metal Hydride (Ni-MH).

 

 

Sinergi antara motor listrik dan motor bakar lewat kendali HSD II yang efisien membuat mobil dengan radius putar 5,3 meter ini mencatat konsumsi bensin yang efisien. Menggunakan standar pengetesan JC08, konsumsi bahan bakarnya sekitar 20,8 km/liter. Selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar, Toyota Crown juga memiliki emisi yang rendah yang menjadikannya lebih ramah lingkungan yaitu 112 gram/km.

4 dari 4 halaman

Bagaimana dengan Fitur Safety?

Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid dilengkapi perangkat safety lengkap. Seperti adanya SRS airbag pada driver and passenger seat, driver knee, driver and passenger side dan curtain shield pada kabin depan dan belakang, termasuk sasis TNGA yang diperkuat di beberapa sisi untuk meredam dampak tumbukan.

Fitur safety sebagai bagian dari upaya pencegahan kecelakaan Toyota Safety Sense 2. Di antaranya, fitur Pre-Collision System (PCS) untuk mendeteksi keberadaan obyek di depan mobil seperti pejalan kaki dan pesepeda.

Ada juga Lane Departure Alert (LDA) yang akan memberikan peringatan dan membantu mengkoreksi kemudi jika mobil melebar hingga memotong jalur dari posisi seharusnya di jalan, Automatic High Beam (AHB), yang akan menyalakan lampu jauh atau high beam untuk meningkatkan jarak dan daya pandang pengemudi dan mengembalikan ke lampu utama ketika terdeteksi ada kendaraan di depan.

Fitur Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) dapat memantau keberadaan kendaraan lain di depan dan menjaga jarak aman saat cruising di jalan tol. Ada pula fitur Blind Spot Monitor (BSM) sebagai peringatan ketika ada kendaraan lain di area blind spot mobil dan Tire Pressure Warning System untuk memantau tekanan angin ban dan memberitahu jika ada yang kurang.

“ Sedan paripurna ini menyajikan kenyamanan penumpang sebagai point utama, dengan paduan fitur kenyamanan lengkap serta advance safety feature guna memberikan rasa aman, tenang, dan nyaman di jalan,” kata Henry.

Beri Komentar