Bawa Berkah bagi Keluarga Muda Indonesia, Ketahui Fakta tentang Ekonomi Syariah

Reporter : Zaki
Selasa, 15 September 2020 12:56
Bawa Berkah bagi Keluarga Muda Indonesia, Ketahui Fakta tentang Ekonomi Syariah
Yuk ketahui faktanya!

Gaya hidup syariah dewasa ini, khususnya di Indonesia mengalami perkembangan yang begitu pesat. Sebagai buktinya adalah kemunculan beragam produk halal dari kategori fashion hingga kuliner. Selain itu, sebuah survey juga pernah dilakukan oleh Pew Research di mana dari situ ditemukan kalau 83% responden di tanah air itu menjadikan norma dan aturan Islam sebagai pertimbangan penting sebelum mengambil keputusan dalam kehidupan.

1 dari 4 halaman

Fakta Perkembangan Gaya Hidup Syariah

Shutterstock© Shutterstock

Berdasarkan laporan State of The Global Islamic Economy, sepanjang tahun 2018 lalu, umat muslim di seluruh dunia mengeluarkan sebesar US$2,2 triliun untuk belanja produk dan jasa halal di enam sektor. Ke enam sektor tersebut adalah, Makanan Halal, Busana Muslim, Hiburan bernuansa Halal, Perjalanan Wisata Halal, Obat-obatan Halal, serta Kosmetik Halal. Hal ini masih ditambah dengan total aset yang tercatat di industri keuangan syariah sebesar US$2,5 triliun. Laporan yang sama juga menempatkan Indonesia pada posisi ke lima untuk Global Islamic Economy Indicators, meningkat dengan pesat dari sebelumnya di posisi lima.

Menarik untuk dicermati, literasi tentang keuangan dan ekonomi syariah di Indonesia berkembang tidak secepat perkembangan gaya hidup syariah. Hal tersebut bisa dilihat dari hasil Survei Nasional Literasi Keuangan (SNLK) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di tahun 2019 bahwa pemahaman soal ekonomi syariah di tanah air hanya berada pada 8,93%. Disebabkan oleh pengetahuan yang minim, kontribusi keuangan Syariah terhadap keuangan nasional pada tahun yang sama hanya mencapai 8,73%.

2 dari 4 halaman

Potensi Ekonomi Syariah di Indonesia

Ekonomi syariah di Indonesia sebenarnya menyimpan potensi yang sangat besar untuk bisa berkembang lebih besar lagi, Sahabat Dream. Tentunya dengan jumlah penduduk Indonesia yang 87,17% merupakan umat Muslim, pasar ekonomi syariah perlu digarap secara maksimal.

Melihat Laporan Bank Indonesia di tahun 2019, pertumbuhan industri halal tiap tahunnya berada di angka 7%. Jumlah tersebut ternyata lebih besar dari pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun yang sama, yaitu 5,02 persen. Dari sini bisa dilihat jika kinerja industri halal sebenarnya berada dalam kondisi yang sangat bagus. Dengan begitu, industri halal berpotensi besar menjadi pelecut perkembangan ekonomi syariah di Nusantara.

3 dari 4 halaman

Peran Penting Dukungan Pemerintah

Ekonomi syariah di Indonesia yang punya potensi besar seperti itu, tentunya tidak bisa dilepaskan dari dukungan pemerintah. Ditargetkan jika pangsa pasar ekonomi syariah akan mengalami peningkatan yang signifikan pada periode 2023 sampai 2024. Menariknya, milenial yang sekarang ini tengah memasuki umur produktif termasuk dalam pangsa pasar lho, Sahabat Dream. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), generasi milenial menempati 24 persen dari total penduduk Indonesia.

4 dari 4 halaman

Gaya Hidup Syariah yang Membawa Keberkahan

Shutterstock© Shutterstock

Dari fakta-fakta di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat peningkatan minat keluarga Indonesia dalam memiliki atau memilih produk dan jasa yang memenuhi prinsip syariah. Termasuk juga peminatan pada produk-produk keuangan syariah.

Saat ini, produk dan jasa yang berlandaskan syariah sudah semakin diterima oleh keluarga Indonesia. Tanpa disadari, lama kelamaan hal ini akan mendorong munculnya sebuah kebutuhan baru, yang memenuhi prinsip syariah.

Oleh sebab itu, Sun Life Syariah berinisiatif untuk menajamkan proposisi produk serta layanan dari Sun Life Syariah, dan menjadikannya sebagai sebuah gaya hidup baru, yang bukan hanya modern, tetapi juga membawa keberkahan. Dengan gaya hidup baru ini, kami berkomitmen untuk memberikan kepastian, yaitu tenaga pemasar kami yang tersertifikasi dan pasti profesional. Solusi yang kami hadirkan dapat menjawab kebutuhan keluarga Indonesia, serta membawa keberkahan, baik untuk diri sendiri, keluarga maupun untuk sesama. Kami menyebutnya A new way of living, living the sharia way.

Untuk menerapkan gaya hidup baru ini, tentu perlu sebuah solusi yang tidak hanya menjawab kebutuhan, tetapi juga bisa memberikan keberkahan. Oleh sebab itu, Sun Life Indonesia tergerak untuk menghadirkan inovasi demi memajukan perekonomian syariah dengan menghadirkan Asuransi Salam Anugerah Keluarga.

Sun Life juga menjadikan pasar milenial sebagai target Asuransi Salam Anugerah Keluarga, terlebih bagi keluarga muda. Harus disadari memang jika mereka membutuhkan proteksi jangka panjang. Asuransi persembahan Sun Life ini dapat memberikan kepastian perlindungan asuransi bukan hanya pada satu anggota keluarga saja, tapi juga satu keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, dan dua buah hati.

Benefit lain yang juga bisa diperoleh adalah santunan asuransi suami-istri sebesar 200% dan kesempatan buat bersedekah jariyah dengan wakaf. Dilihat dari sini, bisa dipahami jika asuransi yang dibayarkan akan menjadi lebih berkah karena digunakan juga untuk saling membantu sesama.

Masih merasa belum cukup terlindungi? Tenang karena Asuransi Salam Anugerah Keluarga juga dilengkapi dengan perlindungan paket asuransi kesehatan tambahan (rider) bernama Sun Medical Platinum Syariah. Tambahan ini tentunya mencakup proteksi buat Sahabat Dream sekeluarga ketika bepergian dengan memberikan fasilitas di jaringan rumah sakit rekanan di seluruh dunia. Kenyamanan sangat terjamin karena kamu sekeluarga bisa mendapatkan fasilitas kamar perawatan privat dan penambahan limit booster sampai enam kali, mencapai Rp 40 miliar.

Tunggu apalagi, keluarga muda segera dapatkan perlindungan dari Sun Life Indonesia. Info lebih lanjut, klik di sini.

Beri Komentar