Olahraga yang Aman untuk Pasien TBC, Bisa Bantu Penyembuhan Lho!

Reporter : Wuri Anggarini
Senin, 14 September 2020 19:27
Olahraga yang Aman untuk  Pasien TBC, Bisa Bantu Penyembuhan Lho!
Ada beberapa olahraga sederhana yang aman dan direkomendasikan bagi pasien TBC nih, mulai dari yoga di rumah, mengangkat beban ringan, atau jalan kaki.

Olahraga memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan tubuh dan mental. Namun, bagi pasien Tuberkulosis (TBC), tidak bisa melakukan olahraga secara sembarangan. Kegiatan olahraga menjadi tantangan tersendiri bagi mereka. Karena penyakit TBC membuat lebih rentan fungsi sistem pernafasan sehingga tidak disarankan untuk jenis olah raga yang berat, disamping itu pasien TBC yang tidak berobat tentunya juga kurang baik melakukan olah raga dilinkungan orang sehat karena sifatnya yang bisa menular langsung di udara melalui droplet ketika batuk,bersin berbicara dan tertawa yang keras. Meskipun agak selektif, yuk jangan menyerah, Pasien TBC tetap bisa berolahraga dengan memperhatikan jenis olahraga dan disesuaikan dengan kondisi tubuhnya

Menurut informasi dari Kementerian Kesehatan, olahraga rutin dapat membantu mengembalikan fungsi paru-paru yang semula terganggu akibat TBC secara bertahap. Selain itu, olahraga tak hanya mengurangi rasa sesak dan nyeri pada dada, tapi juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga proses penyembuhan berjalan lebih baik.

Ada beberapa olahraga sederhana yang aman dan direkomendasikan bagi pasien TBC nih, mulai dari yoga di rumah, mengangkat beban ringan, atau jalan kaki;

Berbagai jenis olahraga yang aman sekaligus dianjurkan untuk pasien TBC;

1 dari 4 halaman

Yoga

Olahraga yang Aman untuk  Pasien TBC, Bisa Bantu Penyembuhan Lho!© Shutterstock

Yoga termasuk olahraga low intensity yang aman untuk dilakukan oleh setiap orang dari berbagai kalangan usia, termasuk pasien TBC. Secara umum, gerakan yoga berfokus pada latihan pernapasan, meditasi, serta berbagai pose yang ditujukan untuk meregangkan otot-otot yang kaku, menciptakan relaksasi dan mengurangi stres.

Yoga memiliki banyak jenis ya, untuk pasien TBC dapat berlatih pose kriya kapala hati. Untuk melakukannya, mulailah dengan posisi duduk, tegakkan tulang belakang, leher, dan kepala. Tarik nafas lalu hembuskan nafas dengan tajam, kuat, dan cepat menggunakan otot-otot tenggorokan dengan tetap menjaga otot wajah tetap rileks.

Olahraga yang Aman untuk  Pasien TBC, Bisa Bantu Penyembuhan Lho!© Shutterstock

Selain itu, juga bisa mencoba yoga asana bhujangasana atau pose cobra. Hal ini untuk menjaga gejala TBC seperti batuk nyeri dada dan sebagainya yang berhubungan dengan pernafasan. Karena salah satu manfaat terbesarnya adalah meningkatkan kapasitas dan efektivitas sistem pernafasan, makanya olahraga Yoga dianjurkan untuk pasien TBC.

 

2 dari 4 halaman

Angkat Beban Ringan

Olahraga yang Aman untuk  Pasien TBC, Bisa Bantu Penyembuhan Lho!© Shutterstock

Olahraga selanjutnya yang ringan dan aman untuk pasien TBC adalah angkat beban ringan. Olahraga ini membantu untuk mengembalikan kekuatan otot-otot tubuh Anda, termasuk otot-otot bagian dada yang erat dengan sistem pernafasan.

Gerakan yang bisa Anda lakukan adalah gerakan one-two punch dengan menggunakan barbel ringan. Rentangkan tangan kiri dan kanan ke depan secara bergantian sambil membawa barbel. Anda bisa gabungkan dengan gerakan aerobik yang ringan atau low impact untuk meregangkan otot-otot tubuh lainnya. Jika dilakukan secara rutin, olahraga ini akan memberikan dampak yang sangat baik dalam mengurangi gejala sesak napas dan meningkatkan kapasitas paru-paru.

3 dari 4 halaman

Jalan Kaki

Olahraga yang Aman untuk  Pasien TBC, Bisa Bantu Penyembuhan Lho!© Shutterstock

Pada pasien TBC kerap mengalami penurunan massa otot, dikarenakan mereka jarang bergerak. Untuk mengatasi hal ini mudah sekali, tingkatkan langkah kaki atau rutin jalan kaki. Karena baik untuk saluran pernafasan dan paru-paru, olahraga ini kerap menjadi terapi wajib bagi orang yang menjalani pemulihan sakit paru-paru.

Untuk lokasi jalan kaki juga tidak bisa sembarangan. Pertama, tentu dalam ruangan dengan ventilasi maupun sirkulasi udara yang baik. Kedua, untuk pasien TBC yang kondisinya mulai membaik bisa melakukan jalan kaki di luar ruangan, seperti taman atau halaman rumah dengan mengenakan masker dan tetap menjaga jarak dengan sekitar dan penerapan protokol kesehatan era pandemic Covid-19.

Pada penelitian di Journal of Exercise Rehabilitation menyebutkan, latihan berjalan kaki secara rutin yang dilakukan selama 6 menit dalam waktu 2 minggu menunjukkan peningkatan kemampuan pernapasan dan membuat peredaran darah menjadi lebih lancar.

Seperti semua latihan fisik atau olahraga lain, lakukan pemanasan terlebih dahulu agar tidak terjadi masalah otot dan hal lainnya. Mengingat proses kemajuan penyembuhan pasien TBC dan kemampuan berolahraga yang berbeda-beda pada setiap orang, sebaiknya konsultasi dengan dokter durasi atau intensitas olahraga yang sebaiknya dilakukan.

4 dari 4 halaman

Rutin Olahraga untuk Mencegah Risiko TBC

Olahraga yang Aman untuk  Pasien TBC, Bisa Bantu Penyembuhan Lho!© Shutterstock

Menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat adalah kunci pencegahan TBC yang bisa diawali dari diri sendiri. Rutin melakukan olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta menjaga kebersihan paru-paru dan meningkatkan kesehatan sistem pernapasan.

Momentum Hari Olahraga Nasional dapat meningkatkan semangat kita menanamkan kebiasaan olahraga demi mencegah resiko TBC. Berbagai kampanye juga sudah dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya olahraga untuk mencegah TBC. Misalnya lewat kegiatan TOSS TBC Virtual Run yang digelar pada 17-31 Agustus 2020 lalu. Kampanye ini juga menjadi bagian untuk meningkatkan awareness masyarakat tentang pencegahan dan penanggulangan TBC di Indonesia untuk mewujudkan Indonesia bebas TBC di tahun 2035.

Yuk, saatnya jadi generasi TOSS TB, Temukan TBC dan obati sampai sembuh!

 

Penulis: Gilar Ramdhani

 

Beri Komentar