Bisnis Syariah Sedang Berkembang, Yuk Pelajari Laporan Keuangannya

Reporter : Wuri Anggarini
Kamis, 14 Januari 2021 14:25
Bisnis Syariah Sedang Berkembang, Yuk Pelajari Laporan Keuangannya
Simak rangkumannya berikut ini!

Bisnis berbasis syariah memang sedang berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini terjadi seiring dengan prinsip syariah atau gaya hidup berlandaskan syariat Islam yang mulai banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mendapatkan ketenangan hati dan keberkahan di masa depan.

Biarpun bisnis syariah mulai banyak dijalankan, tapi belum banyak yang memahami gimana cara melakukan laporan keuangan untuk model bisnis yang satu ini. Padahal, laporan keuangan itu penting buat mencatat asset dan mengetahui posisi keuangan usaha saat ini. Nah, topik inilah yang dibahas dalam Kelas Online Strategi Agar usaha Tidak Rugi? Di Sini Jawabannya yang digelar oleh Bukalapak x Zurich. Simak rangkumannya berikut ini!

1 dari 3 halaman

Apa Sih Tujuan Laporan Keuangan?

Jangan disepelekan, laporan keuangan penting banget buat para pemangku kepentingan. Dijelaskan oleh Yusron, Head of Syariah Adira Finance, tujuannya adalah untuk membantu mencapai keadilan sosial ekonomi dan mengenal sepenuhnya kewajiban kepada Tuhan, Individu, dan masyarakat yang berhubungan dengan pihak terkait pada aktivitas ekonomi.

Ada 3 asumsi dasar laporan keuangan yang wajib diketahui:

  1. Suatu metode pencatatan di mana aset, kewajiban, ekuitas, penerimaan dan pengeluaran diakui dan dicatat ketika terjadi transaksi.
  2. Laporan keuangan dibuat oleh satu unit ekonomi yang diasumsikan akan terus menerus melanjutkan usahanya dan tidak akan dibubarkan.
  3. Entitas bisnis, baik berupa perorangan maupun badan usaha berbadan hukum atau tidak berbadan hukum harus dapat dipisahkan secara jelas.
2 dari 3 halaman

Manfaat Laporan Keuangan Syariah

Dalam menjalankan bisnis syariah, laporan keuangan sangat diperlukan untuk menentukan langkah bisnis berjalan. Dalam kelas online tersebut, Yusron menambahkan nantinya sebuah laporan keuangan yang baik akan memiliki manfaat sebagai berikut:

  1. Laporan Posisi Keuangan
  2. Alat Identifikasi tren ekonomi berjalan
  3. Sebagai alat Analisa kelayakan usaha sebuah entitas
Laporan Laba Rugi
  1. Alat identifikasi profitabilitas sebuah entitas
  2. Membantu menilai tingkat risiko keuangan dan pajak dari entitas
  3. Alat bantu untuk melihat kemampuan keuangan entitas untuk memenuhi kewajibandalam jangka panjang
Catatan atas Laporan Keuangan
  1. Mempermudah dan memperjelas dalam memahami Laporan Keuangan
  2. Mengetahui informasi tentang pos yang tidak memnuhi kriteria pengakuan dalam Laporan Keuangan

 

3 dari 3 halaman

Beda Sistem Usaha Konvensional dan Syariah

Bisnis Syariah Sedang Berkembang, Yuk Pelajari Laporan Keuangannya© Bukalapak

Sistem usaha dan pencatatan akuntansi sendiri terbagi menjadi dua, yaitu konvensional dan syariah. Ada beberapa perbedaan mendasar antara kedua sistem ini. Misalnya saja sistem ekonomi syariah yang menerapkan prinsip keadilan sama rata baik keuntungan atau kerugian. Hal ini bisa membantu para peminjam modal karena kesepakatan modal tidak ditentukan oleh bunga yang terus berubah karena fluktuasi ekonomi.

Selain itu, modal usaha sistem syariah banyak digunakan oleh pebisnis pemula karena tidak memakai sistem bunga yang membebani. Pembagian keuntungan pun didapatkan dari bagi hasil yang umumnya didasari pada kesepakatan yang fleksibel.

Itu tadi beberapa penjelasan tentang laporan keuangan syariah dari Kelas Online Strategi Agar usaha Tidak Rugi? Di Sini Jawabannya yang digelar oleh Bukalapak x Zurich. Semoga bisa membantu perkembangan bisnis kamu ya!

Beri Komentar