Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Bukan Cuma Karena Aki, Ini Penyebab Electric Starter Tak Berfungsi

Bukan Cuma Karena Aki, Ini Penyebab Electric Starter Tak Berfungsi Ilustrasi Starter Elektrik Pada Motor. (Foto: Shutterstock)

Dream – Pernah merasa jengkel karena electric starter motor tidak berfungsi? Kamu yang menggunakan motor skutik pasti semakin kesal starter ini tak berfungsi padahal sedang di tengah kemacetan.

Alhasil kamu harus menepi terlebih dahulu dan mengangkat standar tengah motor untuk menyalakan motor dengan kick starter

Biasanya banyak pemilik sepeda motor akan langsung menduga penyebab strarter electrik tak berfungsi karena masalah di aki.

Nyatanya, ada banyak penyebab starter elektrik menjadi tidak berfungsi. Jadi pastikan dahulu komponen lain telah kamu periksa.

Dikutip dari Suzuki, Kamis 2 Mei 2019, penyebab pertama electric starter tak berfungsi bisa karena adalah masalah dalam switch starter. Komponen ini berfungsi sebagai saklar elektromagnetik untuk memutus dan menyambung arus listrik.

Ketika electric starter tidak berfungsi, sebaiknya kamu memastikan dulu jika komponen ini benar-benar berfungsi.

Caranya, sambungkan kabel antara switch starter tersebut. Jika terdengar bunyi cekrek-cekrek atau malah malah berfungsi, itu tandanya switch starter sudah rusak atau kotor dan perlu dibersihkan.

Kedua, bendik.

Bagian ini bertujuan untuk memicu aliran listrik dari api yang nantinya diumpankan ke dinamo starter dan mesin pun tidak akan menyala.

Untuk memastikannya, kamu bisa mencoba mendengarkan baik-baik komponen yang satu itu. Kalau switch starter ditekan dan bendik tidka merespons, kamu bisa curiga masalahnya pada bendik.

Bisa Jadi Dinamo Starternya Rusak

Ketiga, dinamo starter.

Kerusakan dinamo starter tergolong cukup langkah karena komponen ini tergolong aman. Biasanya, kerusakan dinamo starter disebabkan karena arang kumparannya (brush) terputus atau gosong karena konslet atau sebab lainnya.

Untuk kerusakan dinamo starter bisa dicek dengan cara memperhatikan bendik. Kalau bendik bereaksi ketika switch starter ditekan, patut dicurigai kerusakannya di bagian komponen ini.

Keempat, accu soak.

Kalau seluruh komponen dipastikan dalam kondisi bagus, penyakit terakhir yang mungkin terjadi adalah accu yang rusak. Untuk memastikannya, kamu bisa menggunakan aki yang masih bagus sebagai pemancing.

Kalau bagian ini sudah rusak, solusi yang paling jitu adalah membeli aki baru. Untuk aki basah, kami bisa mengganti cairan aki, lalu menyetrumnya kembali. 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
5 Tahun Sejak Beli Tak Pernah Diservis, Mesin Motor Wanita Ini Sampai Jadi Sarang Tawon, Mekaniknya Auto Bingung

5 Tahun Sejak Beli Tak Pernah Diservis, Mesin Motor Wanita Ini Sampai Jadi Sarang Tawon, Mekaniknya Auto Bingung

Pertama kali servis motor ke bengkel, mekanik terkejut saat melihat isi mesinnya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.