Film Pendek Reza Rahadian dan Pevita Pearce Ini Dibuat Pakai HP, Syuting hanya Sehari

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Selasa, 14 Juni 2022 11:35
Film Pendek Reza Rahadian dan Pevita Pearce Ini Dibuat Pakai HP, Syuting hanya Sehari
Film ini mengangkat kisah fiktif sosok wanita yang ingin membuat cincin pernikahan

Dream - Seperti Sediakala. Demikian judul film pendek bergenre romantis dengan sentuhan fantasi itu. Film ini mengangkat kisah fiktif sosok Intan yang ingin membuat cincin pernikahan, serta Kala, seorang pengrajin perhiasan yang bertingkah dan berpakaian layaknya pria yang hidup di tahun 1960-an.

Suatu malam, Intan mengunjungi toko perhiasan Kala untuk membuat cincin pernikahannya. Sembari Kala membuatkan cincin pesanan Intan, mereka berdua berbincang tentang banyak hal, mulai perasaan Intan menjelang pernikahan hingga mempertanyakan konsep jodoh.

Dari obrolan yang dilakukan, keduanya merasakan koneksi mendalam seakan telah mengenali satu sama lain sebelumnya. Setelah cincin selesai dibuat, Kala memakaikan cincin tersebut ke jari manis tangan kanan Intan. Kala terlihat sangat emosional, sementara ekspresi Intan tampak campur aduk. Dari situ, muncul pengalaman magis tak terduga yang melibatkan keduanya.

Uniknya, seluruh adegannya direkam menggunakan Galaxy S22 Ultra 5G. Sinema ini merupakan lanjutan dari film pendek Soulmate is a Strange Concept karya Serangkai Films sebagai pemenang kategori Director’s Choice dalam kompetisi film pendek Galaxy Movie Studio 2022.

 

1 dari 4 halaman

Dimentori oleh Angga Sasongko

Seperti Sediakala dibintangi oleh Reza Rahadian dan Pevita Pearce. Dalam pembuatan film ini, Samsung juga bekerja sama dengan sutradara Angga Dwimas Sasongko yang menjadi mentor untuk Anggita Puri dalam proses pembuatan film pendek ini.

“ Bangga bisa meluncurkan Seperti Sediakala, semoga dapat menjadi inspirasi bagi banyak talenta muda untuk berani mendobrak batasan dalam membuat movie-like video sekelas profesional dengan memanfaatkan smartphone,” jelas Andi Airin, Head of MX Marketing Samsung Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia pada acara konferensi Samsung Galaxy Movie Seperti Sediakala, Senin 14 Juni 2022.

Angga Dwimas Sasongko sebagai mentor mampu memberi insight berharga bagi Puri selama proses pembuatan film. Bagi Angga, sebagai creator kita harus punya keterbukaan untuk proses pembuatan film dengan berbagai tantangan, seperti Serangkai Films yang menjawab challenge untuk membuat film pendek menggunakan smartphone.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

So it is a matter of how kita sebagai filmmaker bisa memaksimalkan dan menempatkan smartphone tersebut mulai dari pemilihan angle sampai penentuan mode kamera, to serve the story,” ujar Angga Dwimas Sasongko.

2 dari 4 halaman

Gunakan Nightography

Sekitar 70 persen proses syuting Seperti Sediakala dilakukan di dalam ruangan dengan pencahayaan minim.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Hal ini membuktikan kecanggihan inovasi Galaxy S22 Ultra 5G, khususnya kemampuan Nightography yang membuat rekaman di kondisi low-light menjadi begitu epic, mengingat banyak sekali adegan dalam film pendek Seperti Sediakala di rekam dalam kondisi minim cahaya baik di luar ruangan atau di dalam ruangan,” tambah Andi Airin.

 

3 dari 4 halaman

Syuting Hanya Sehari

Seperti Sediakala merupakan pengalaman ke dua Reza Rahadian dalam syuting film bersama Galaxy Movie Studio menggunakan smartphone flagship dari Samsung. Sebelumnya Reza juga terlibat dalam pembuatan film Konfabulasi menggunakan Galaxy S21 Ultra 5G. Reza yang berperan sebagai Kala mengungkapkan rasa senang dan bangga terlibat dalam film pendek ini.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Ini pertama kali saya syuting dengan tim film komunitas, dan ini jadi pengalaman yang sangat seru karena saya bisa melihat langsung talenta-talenta muda berani mengeksplorasi cara baru dalam berkarya dan keluar dari zona nyaman mereka. Dan hebatnya film ini hanya syuting satu hari saja,” jelas Reza Rahadian pada kesempatan saya.

 

4 dari 4 halaman

Jadi Pengalaman Pertama Pevita

Senada dengan Reza, Pevita mengatakan bahwa dirinya sangat antusias untuk bisa terlibat dalam pembuatan Seperti Sediakala.

Bagi Pevita, ini jadi pengalaman pertamanya syuting film pendek yang sepenuhnya menggunakan smartphone.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Ini pengalaman pertamaku syuting dengan smartphone, aku pun benar-benar dibuat kagum melihat hasil scene di malam hari yang sangat cantik dan cinematic dari smartphone ini,” jelas Pevita Pearce.

Beri Komentar