Niatnya Didaur Ulang, Sopir Sedan Kena Apes Denda Rp14 Juta Bawa Kaleng Kosong

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 12 Agustus 2021 10:36
Niatnya Didaur Ulang, Sopir Sedan Kena Apes Denda Rp14 Juta Bawa Kaleng Kosong
Niatnya sih baik membawa kaleng itu untuk didaur ulang. Namun dia membahayakan diri sendiri dan pengguna kendaraan lain.

Dream – Kamu mungkin pernah mendengar bahwa minuman beralkohol dan mengemudi adalah dua hal yang bisa mendekatkan pengemudi pada maut. Seorang pengendara yang dalam kondisi mabuk dipastikan takkan bisa mengendari mobilnya dengan benar.

Tak hanya efek mabuknya saja, ternyata minuman beralkohol juga bisa membuat kantong seorang pengemudi jadi auto kempes meski tidak mengonsuminya. Inilah yang terjadi pada pria pengendara sedan beriku tini. 

 

Dikutip dari Auto Evolution, Rabu 12 Agustus 2021, seorang pria di Ontario, Kanada, “ main api” saat mengisi mobil Toyota Corolla-nya dengan tumpukan kaleng bir kosong. Saat dihentikan polisi, pengemudi ini tidak mengalami gangguan atau mabuk.

Namun tindakannya memaksa polisi menjatuhkan denda senilai US$1.000 (Rp14,38 juta). Dia diangga membahayakan jiwa karena membawa terlalu banyak muatan.

“ Daur ulang itu baik, tapi mengemudi dengan muatan yang berlebihan itu berbahaya,” cuit pihak kepolisian setempat.

1 dari 6 halaman

Ini Alasan Pengemudi Didenda

Ada beberapa alasan jelas mengapa pengemudi tidak diperbolehkan mengisi mobilnya dengan begitu banyak barang.

Pertama, hal itu membuat pemudi kesulitan melihat apapun dari kaca spion. Kemudian, tindakan ini membuat pengemudi lain memiliki risiko yang sama besarnya dan mengharuskan pria itu membayar denda.

Tumpukan kaleng bir kosong seperti menjadi bencana yang menunggu untuk terjadi. Bayangkan saja bau busuk dari mobil itu dan suara nyaring setiap kali tikungan dan belokan. Pria yang dibicarakan itu sedang menyerahkan dirinya untuk bertemu dengan polisi selama pemeriksaan (Reduce Impaired Driving Everywhere).

RIDE Check merupakan program pengujian ketenangan yang digunakan polisi di Ontario, Kanada. Spot pinggir jalan biasanya digunakan untuk menangkap pengemudi mabuk selama masa liburan. Program ini berlangsung sepanjang tahun

(Laporan: Angela Irena Mihardja)

2 dari 6 halaman

Cerita Apes Peminjam Mobil Terpaksa Kuras Tangki BBM Karena Salah Isi

Dream – Kamu yang meminjam atau mengendari mobil sendiri sebaiknya memastikan jenis bahan bakar yang dibeli saat mengisi tangki di SPBU. Jangan sampai jenis BBM yang dibeli tak sesuai dengan ketentuan pabrik, atau berbeda dari yang biasa dipakai pemiliknya.

Kesalahan mengisi BBM, terutama bensin menjadi solar, bisa berakibat fatal bagi kendaraan. Mesin mobil bensin yang diisi solar bisa tersendat di tengah jalan. Begitu juga sebaliknya. Hal ini disebabkan perbedaan titik nyala kedua jenis BBM tersebut. Itu akan membuat busi tidak bisa melakukan pembakaran secara sempurna.

 

© Dream

 

 

Yang paling parah, mesin mobil bisa mati dan tidak bisa dihidupkan lagi.

Lantas, apa yang harus dilakukan saat salah isi bensin? Pemilik mobil atau pengendara harus menguras isi tangki hingga tak ada satu pun yang tersisa, seperti yang dilakukan oleh pemilik mobil yang satu ini.

3 dari 6 halaman

Langsung Kuras Tangki di Tempat

Dikutip dari akun Instagram @andreli48, Senin 9 Agustus 2021, sebuah video menampilkan pengendara mobil terpaksa menguras isi tangki BBM di SPBU. Ini dilakukan karena salah isi jenis BBM.

Diketahui, mobil yang dikendarai itu berjenis BBM bensin tapi yang diisi malah solar. Dengan meminta bantuan petugas dan beberapa orang yang melintas, pengemudi mobil itu terpaksa menguras isi tangki BBM.

“ Kejadian salah isi BBM seringkali terjadi. Mestinya pertalite diisi solar atau sebaliknya. Di sini ada yang pernah mengalami?” tulis @andreli48.

 

Pengendara mobil langsung menguras tangki BBM gara-gara salah isi.© Akun Instagram @andreli48

4 dari 6 halaman

Pernah Kejadian

Ada warganet yang mengungkapkan pengalaman salah isi bensin di SPBU. Alhasil, dia harus mengurasi semua isi tangki bensin.

“ Gue pernah bang. Isi R15 V2 pakai Pertamina Dex. Yang jaga nggak ngasih tahu kalau itu solar. Akhirnya dikuras, copot tangki!” tulis @aaroup_.

“ Sudah pernah. Auto kuras di TKP,” tulis @christ_tepe dalam bahasa Jawa.

5 dari 6 halaman

Mesin Bisa Jalan tapi…

Ada juga yang bercerita pernah isi bensin. Dia menyebut kendaraannya masih bisa dijalankan.

Namun, jalannya tersendat-sendat.

 “ Pernah dulu bawa (Mitsubishi) Kuda solar keisi bensin. Jalan, sih, jalan. Tapi njot-njotan,” tulis @mochizoutb.

Yang bersangkutan pun terpaksa menguras semua isi tangki bensin. “ Akhirnya kuras, mana isi full lagi,” tulis dia.

6 dari 6 halaman

Kok Bisa Salah Isi?

Kejadian ini membuat warganet terheran-heran. Mereka penasaran mengapa bisa salah isi BBM.

“ Pertanyaannya, kok bisa salah isi?” tulis @diajenk_ayu48.

“ Apa nggak sebaiknya petugas SPBU menanyakan terlebih dahulu guna memastikan mobil tersebut menggunakan solar atau premium?” tulis @costajonda.

“ Pasti mobil pinjaman. Kalau kendaraan pribadi, pasti sudah tahu,” tulis @lasmancf. 

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More