Siap-siap! Mobil Murah Suzuki Penantang Raze-Rocky Bakal Masuk Indonesia

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 11 Agustus 2021 07:01
Siap-siap! Mobil Murah Suzuki Penantang Raze-Rocky Bakal Masuk Indonesia
Berapa harga dan spesfikasinya?

Dream – Suzuki akan merilis mobil murahnya ke Indonesia. Bahkan, modelnya sudah didaftarkan di situs resmi Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI).

Model yang bernomor permohonan DID2021020609 itu diketahui bernama S-Presso.

Dikutip dari Otosia, Selasa 10 Agustus 2021, Head of 4W Brand Development & Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), enggan berkomentar banyak tentang informasi tersebut. Harold memastikan mobil yang dirilis akan sesuai dengan pasar Indonesia.

“ Kita belum bisa kasih full informasinya, ya. Tapi, kami memang selalu meluncurkan produk setiap tahun sebagai salah satu upaya menstimulus pasar otomotif di Indonesia,” kata dia kepada Otosia.

Harganya, lanjut Harold, lebih terjangkau. “ Info resminya pasti akan kami berikan jika sudah saatnya,” kata dia.

1 dari 5 halaman

Seperti Apa S-Presso?

Model ini akan “ menemani” model kompak Suzuki, yaitu Ignis dan Karimun Wagon R. Mobil ini berukuran lebih kecil daripada Ignis dan Karimun Wagon R. Posisinya berada di bawah Ignis.

Kendaraan itu berukuran 3.565 mm, lebar 1.520 mm, dan tinggi 1.565 mm, sementara Karimun berukuran panjang 3.635 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.670 mm.

S-Presso berdesain ala SUV dengan bumper depan besar dan fender yang tebal. Ini memberikan kesan kendaraan berotot.

2 dari 5 halaman

Bagaimana dengan Interior?

Mobil ini memiliki lingkaran besar di tengah dasbor. Di sana, ada head unit, speedometer, tombol power window, dan tombol segitiga merah.

Fitur keselamatannya pun terbilang sederhana. Ada dual airbags, ABS, sensor parkir belakang, dan peringatan kecepatan tinggi.

Mobil ini mengusung senjata mesin 1.000 cc tiga silinder K10 B, tenaga 67 hp, dan torsi 90 Nm. Konsumsi BBM S-Presso sekitar 21,7 km per liter atau 21,4 km per liter untuk varian AGS.

Kalau di India, mobil ini dijual mulai 411 ribu rupee (Rp79,5 juta) dan tipe tertinggi 498 ribu (Rp96,5 juta).

3 dari 5 halaman

Biaya Kepemilikan New Suzuki Ignis Cuma Rp53 Ribu/Hari

Dream – Ketika ingin memiliki mobil pribadi, tentu ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Salah satunya adalah biaya kepemilikan kendaraan.

“ Biaya kepemilikan mobil tentunya harus diperhitungkan sebelum membeli mobil. Apabila tidak, hal itu bisa menganggu perencanaan finansial rumah tangga,” kata Service Asst to Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales, Hariadi, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis Suzuki, Sabtu 19 Juni 2021.

SIS memberikan estimasi biaya kepemilikan salah satu produk andalannya, yaitu New Ignis. Biaya untuk merawat The New Breed of Urban SUV milik Suzuki ini diestimasikan berkisar di angka Rp53.497 per hari. Namun, tentunya nominal tersebut akan berbeda-beda bagi setiap pemilik mobil sesuai dengan pemakaian dan berbagai faktor lainnya.

 

© Dream

 

“ Oleh karena itu, kami berinisiatif untuk menjabarkan estimasi biaya kepemilikan New Ignis yang sangat terjangkau bagi para pelanggan. Kami harap perhitungan biaya ini dapat memudahkan konsumen untuk semakin yakin atas produk Suzuki,” ujar Hariadi, Service Asst to Dept. Head PT SIS.

Untuk menghitung estimasi biaya kepemilikan ini, faktor-faktor yang dapat dimasukkan adalah Biaya Perawatan Berkala, Biaya Pajak, serta Biaya Bahan Bakar Kendaraan. Namun, seluruh biaya tersebut dapat berubah dan harus disesuaikan kembali dengan penggunaan kendaraan, kejadian tidak terduga, penyesuaian dengan biaya di daerah masing-masing, serta berbagai variabel lain yang berbeda-beda pada setiap pelanggan.

4 dari 5 halaman

Biaya Perawatan Berkala

Estimasi biaya servis atau perawatan berkala New Ignis hingga 100.000 km atau 3 tahun berkisar pada angka Rp7.877.300 atau Rp7.193 per hari baik untuk transmisi manual maupun AGS. Biaya tersebut juga sudah termasuk program gratis biaya jasa pada servis 1.000 km – 50 ribu km.

Selain mempersiapkan biaya perawatan rutin secara berkala saja, konsumen juga harus menyiapkan pajak tahunan. Untuk estimasi ini, pajak kendaraan bermotor untuk plat B (Jakarta) pada kisaran Rp2,94 juta per tahun atau Rp8.054 per hari.

Selain biaya servis dan biaya pajak tahunan, konsumen juga perlu memperhatikan biaya bahan bakar yang diperlukan. Pada estimasi ini menggunakan konsumsi bahan bakar mobil secara rata-rata yaitu 10 km per liter. Apabila dalam 1 hari pemilik mobil menempuh jarak 50 km, ia akan menghabiskan 5 liter bensin. Jika dikalikan dengan harga Pertalite saat ini (Rp7.650), biaya harian konsumsi bahan bakar berkisar di Rp38.250 per harinya.

5 dari 5 halaman

Jadi, Berapa Total Kepemilikan New Ignis?

Dengan menghitung variabel sebelumnya, yaitu: Biaya Perawatan Berkala + Biaya Pajak Tahunan + Biaya Konsumsi Bahan Bakar, diperoleh angka (Rp7.193 + Rp8.054 + Rp38.250 = Rp53.497 / hari (hingga 3 tahun)

Maka biaya kepemilikan New Ignis, termasuk servis, pajak, dan biaya bensin adalah sebesar Rp53.497 per hari. Tentunya biaya ini belum termasuk hal tidak terduga atau faktor lainnya.

Dengan menghitung biaya kepemilikan tersebut atau total cost ownership, estimasi biaya memiliki New Ignis hingga tiga tahun hanya Rp53.497 per hari dan sudah termasuk dengan biaya bensin.

“ New Ignis benar-benar dapat memenuhi kebutuhan konsumen akan mobil yang nyaman dan aman dengan biaya kepemilikan terjangkau serta memberikan value for money yang maksimal bagi pelanggan,” kata dia.

Beri Komentar