Daihatsu Memiliki Kontribusi Market Share 17,8 Persen Untuk Pasar Otomotif Nasional.
Dream – Daihatsu mengantongi penjualan ritel sebanyak 17.942 unit selama dua bulan pertama 2021. Pada Januari-Februari 2021, penjualan kendaraan roda empat Daihatsu masih didominasi Gran Max Pick Up.
Dikutip dari keterangan tertulis Daihatsu, Rabu 10 Maret 2021, secara nasional, penjualan ritel otomotif di Indonesia hingga Februari 2021 mencapai sekitar 100 ribu unit.
Daihatsu memiliki kontribusi market share 17,8 persen untuk pasar otomotif nasional dengan capaian 17 ribu unit mobil yang terjual.
“ Daihatsu bersyukur dapat mengawali penjualan 2 bulanan di awal tahun 2021 dengan baik, disertai market share 17,8 persen,” kata Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, di Jakarta.
Pada penjualan ritel hingga Februari 2021, penjualan Daihatsu didominasi oleh 3 model utama, yaitu Gran Max Pick-Up 5.788 unit, atau berkontribusi sebesar 32,3 persen, disusul Sigra 4.305 unit, dan Ayla sebanyak 2.298 unit.
“ Kami percaya, pasar otomotif tahun ini akan lebih baik daripada tahun sebelumnya, terlebih pemerintah telah memberikan insentif relaksasi PPnBM untuk menstimulus pertumbuhan pasar otomotif,” kata dia.
Dream – Daihatsu Rocky digadang-gadang akan meluncur ke Indonesia. Mobil SUV kompak ini bakal hadir dengan platform kendaraan terbaru berupa Daihatsu New Global Architecture (DNGA).
Dikutip dari keterangan tertulis Daihatsu, Selasa 9 Maret 2021, platform ini telah dikembangkan sejak 2017 di Jepang. Daihatsu memperkenalkan platform khusus ini dengan konsep (1-1-1-1) yang memiliki filosofi 1 gram, 1 milimeter, 1 sen, dan 1 detik.
Angka ini memiliki arti bahwa setiap pengembangan produk berbasis DNGA ini telah memperhitungkan segala aspek hingga kepada titik terdetilnya, mulai pada ukuran, bobot, harga, dan waktu agar menghasilkan sebuah kendaraan yang efisien.
Daihatsu mengklaim platform DNGA akan memberikan pengalaman dan sensasi berkendara yang berbeda. Mobil diklaim akan melaju dengan kerja mesin lebih halus namun performa maksimal, kenyamanan serta kestabilan berkendara, bahan bakar lebih hemat dan ramah lingkungan.
Sementara dari sisi desain, DNGA akan membuat Daihatsu Rocky lebih stylish dan modern. Tentunya harga jual juga direncanakan lebih terjangkau.
Tak hanya itu, platform DNGA juga membuat Daihatsu bisa menerapkan seluruh fitur teknologi canggih dan terkini. Selain itu, platform ini juga memiliki waktu yang lebih cepat dalam proses pengembangan atau perubahan desain di setiap modelnya.
Sekadar informasi, Daihatsu di Jepang telah meluncurkan tiga model barunya yang telah menyematkan platform DNGA ini baru dalam dua tahun terakhir. Ketiganya adalah Daihatsu New Tanto, dan Daihatasu Rocky pada 2019, dan Daihatsu New Taft pada 2020.
New Tanto merupakan kendaraan Daihatsu pertama yang menerapkan platform DNGA dan telah diluncurkan pada Juli 2019 lalu di Jepang. Mobil dengan mesin berkapasitas mungil sebesar 660 cc ini, memiliki Turbocharged, sehingga performa mesin yang dihasilkannya setara dengan mesin berkapasitas 1.000cc, namun tetap memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.
New Tanto telah dilengkapi dengan teknologi Smart Assist generasi terbaru, yang dapat mendeteksi, mencegah, dan meminimalisir resiko benturan pada kendaraan atau pejalan kaki dan telah didukung dengan sistem pengereman darurat secara otomatis.
Rocky, sebagai mobil compact SUV yang telah diluncurkan di Jepang pada November 2019 lalu ini mendapat sambutan yang baik dari masyarakat Jepang. Tidak lama sejak peluncurannya, mobil ini langsung mendapat penghargaan rating tertinggi bintang 5 dalam uji keselamatan kendaraan JNCAP (Japan New Car Assessment Program) yang dikeluarkan oleh Kementerian Transportasi Jepang dan NASVA (National Agency for Automotive Safety & Victims’ Aid).
TAFT dengan akronim “ Tough & Almighty Fun Tool”, menjadi mobil ketiga yang menerapkan platform ini dan telah diluncurkan pada Juni 2020. TAFT didesain sebagai mobil mini crossover yang tangguh dengan style baru untuk pengguna yang aktif berkendara sehari-hari.
TAFT mengadopsi atap kaca (glass roof) yang memberikan kesan visibilitas penumpang lebih luas agar dapat menikmati pemandangan, serta ruang bagasi luas dan fleksibel untuk memudahkan penggunanya dalam meletakkan barang bawaannya dengan lebih lega dan lebih mudah
Dream - Pemerintah resmi memberikan insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) kepada beberapa mobil yang dipasarkan di Indonesia. Dari seluruh daftar penerima PPnBM tersebut terdapat nama Daihatsu Rocky yang notabene belum diluncurkan di Tanah Air.
Tak cuma Rocky, Toyota Raize yang merupakan saudara kembaranya pun termasuk dalam daftar mobil yang menerima PPnBM 0 persen.
Menanggapi hal ini, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memberikan pernyataan resmi mereka.
" Mengingat program relaksasi ini berlaku sampai dengan 31 Desember 2021 dan tidak akan ada pengumuman selanjutnya dari pemerintah untuk menambahkan atau merevisi daftar penerima relaksasi pajak, maka ADM memutuskan untuk mendaftarkan model Rocky," ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director ADM dalam keterangan tertulis, Rabu 3 Maret 2021.
Walaupun produk ini belum diluncurkan, tetapi ADM telah merencanakan akan memperkenalkan Rocky pada periode program relaksasi pajak.
Hal ini dimaksudkan untuk mendukung program pemerintah dalam rangka menggairahkan pasar otomotif Indonesia yang sedang lesu.
“ Walaupun Daihatsu Rocky belum diluncurkan saat ini, kami percaya produk ini layak untuk mendapatkan relaksasi pajak karena akan diluncurkan pada periode program,” ujar wanita yang akrab disapa Amel ini.
Sebagai informasi, insentif PPnBM diberlakukan mulai 1 Maret hingga akhir November 2021. Pemberian insentif PPnBM akan dilakukan secara bertahap.
Periode pertama berlaku pada Maret-Mei. Di periode ini pemerintah memberikan insentif sebesar 100 persen. Periode kedua berlaku pada Juni-Agustus, dengan besaran insentif sebesar 50 persen.
Lalu, besaran insentif 25 persen diberikan pada periode ketiga, yakni di bulan September-November.
Advertisement
Momen Haru Sopir Ojol Nangis dapat Orderan dari Singapura untuk Dibagikan
Siswa Belajar Online karena Demo, Saat Diminta Live Location Ada yang Sudah di Semeru
Cetak Sejarah Baru! 'Dynamite' BTS Jadi Lagu Asia Pertama Tembus 2 Miliar di Spotify dan YouTube
Komunitas Warga Indonesia di Amerika Tunjukkan Kepedulian Lewat `Amerika Bergerak`