Hemat Pengeluaran Rumah Tangga saat Pandemi Itu Penting, Begini Kiat Jitunya

Reporter : Iwan Tantomi
Selasa, 22 September 2020 00:01
Hemat Pengeluaran Rumah Tangga saat Pandemi Itu Penting, Begini Kiat Jitunya
Begini kiat jitu menghemat pengeluaran rumah tangga saat masa pandemi.

Pandemi memberikan dampak di berbagai aspek, terlebih di bidang finansial. Sebut saja internet, yang sebelumnya bukan kebutuhan pokok, kini seolah menjadi kebutuhan primer, karena amat diperlukan untuk menunjang pekerjaan selama work from home (WFH). Di sinilah pentingnya untuk selalu cermat dan bijak dalam mengatur pengeluaran rumah tangga.

Bila sebelumnya belum memikirkan secara matang, ada baiknya untuk mulai memperhitungkan kembali. Kira-kira mana yang benar-benar masuk list kebutuhan, dan mana yang sekadar keinginan. Lebih lanjut, begini kiat jitu menghemat pengeluaran rumah tangga saat masa pandemi.

1 dari 4 halaman

Selalu Pastikan Kebutuhan Pokok Terpenuhi

Shutterstock© Shutterstock

Apapun rencananya, pastikan kebutuhan pokok terpenuhi lebih dulu. Dengan memprioritaskan hal ini, berkegiatan di rumah seharian pun tak akan bikin resah. Sebab, kamu masih bisa masak apapun untuk keluarga, karena bahan tersedia. Begitu juga dengan anak-anak dan suami yang berkegiatan dari rumah, bisa tetap fokus belajar dan bekerja karena asupan makanan mereka terpenuhi dengan baik.

2 dari 4 halaman

Tak Perlu Panic Buying

Shutterstock© Shutterstock

Meski sempat beredar kabar panic buying terjadi di beberapa negara, ada baiknya kamu tak perlu menirunya. Sebab, keadaan masih bisa dikendalikan, dan kamu masih bisa keluar sebulan beberapa kali untuk belanja beberapa kebutuhan di rumah yang habis. Apalagi belanja kebutuhan kadang masih bisa dilakukan lewat beberapa pedagang keliling, pasar, atau bahkan memanfaatkan jasa e-commerce atau aplikasi digital yang lebih aman. Lagi pula, panic buying ini juga akan membuat mubazir, karena terlalu banyak barang yang dibeli, sementara tak dihabiskan segera. Yang ada malah jadi kedaluwarsa dan tak terpakai kan?

3 dari 4 halaman

Cari Hiburan yang Hemat

Shutterstock© Shutterstock

Di rumah saja tentu mudah menyebabkan kebosanan, sehingga hiburan tetap diperlukan untuk mengusir penat dan tetap produktif bekerja. Tak harus yang mahal-mahal, kamu bisa berkeliling kota sejenak tanpa keluar dari mobil bersama keluarga. Bukan saja bisa mengetahui bagaimana kondisi kota terkini, tetapi juga bisa menjadi hiburan yang hemat sekaligus aman sebagaimana protokol kesehatan yang berlaku. Selain itu, berolahraga bersama, menonton film, bermain kartu, hingga karaoke, juga dapat menjadi alternatif hiburan hemat saat di rumah bersama keluarga.

4 dari 4 halaman

Selalu Manfaatkan Promo dan Diskon

Shutterstock© Shutterstock

Tak kalah penting, selalu manfaatkan promo dan diskon saat membeli apapun. Apalagi diskon ini hak semua lapisan masyarakat, jadi tak perlu merasa gengsi. Justru memanfaatkan diskon dan promo adalah strategi pintar yang perlu disadari setiap orang, karena bisa menghemat pengeluaran, lebih-lebih di masa pandemi saat ini.

Nah, bicara promo dan diskon, Bright Gas punya kabar baik buatmu. Dalam rangka Hari Pelanggan Nasional, Bright Gas membagikan promo dan diskon menarik lho. Promo ini bisa kamu dapatkan dengan menukarkan tabung LPG 3kg ke Bright Gas 5,5kg ataupun 12kg. Lewat promo tersebut, kamu berkesempatan mendapatkan total diskon mulai dari Rp123.000,- sampai Rp135.000,-.

Promo ini bisa kamu nikmati dari 1 September sampai 31 Oktober 2020. Meski begitu, promo ini hanya berlaku untuk 200 konsumen pertama per hari. Selain itu, promo berlaku untuk pemesanan melalui telepon Pertamina Call Center 135 atau Whatsapp 0811-135-0-135 dengan cara ketik: Pesan/Tukar Bright Gas.

Pertamina Bright Gas© Pertamina Bright Gas

Jangan lupa untuk download dan registrasi lebih dulu di aplikasi MyPertamina sebelum melakukan pemesanan. Jika sudah, reedem poin (0 poin) untuk mendapatkan kode e-voucher. Di samping itu, saat melakukan pemesanan, kamu perlu menginformasikan nomor KTP, alamat dan nomor telepon/HP yang terdaftar di aplikasi MyPertamina beserta kode e-voucher.

Promo hanya berlaku untuk 1 paket per nomor KTP, per alamat, nomo telepon/HP, per kode e-voucher, dan per bulan. Promo ini tak dapat digabungkan dengan promo produk Bright Gas lainnya. Biar lebih jelas, kamu bisa mengetahui informasinya lebih lanjut di sini.

Beri Komentar