Beda Pengalaman Belanja di Toko Saat Pandemi

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 27 Mei 2020 08:48
Beda Pengalaman Belanja di Toko Saat Pandemi
Siap-siap menghadapi 'new normal'.

Dream - Pandemi Covid-19 berhasil mengubah banyak hal secara global. Salah satu perubahan yang paling terlihat adalah cara berbelanja.

Jika biasanya berbelanja cukup dengan datang ke toko, mencoba barang dan membelinya, kini kita harus memakai masker, mengecek suhu tubuh serta membeli sesuatu secara daring.

Sebenarnya, perubahan tersebut membuat cara berbelanja menjadi lebih praktis dan aman. Namun, perubahan tersebut membuat keberadaan virus Covid-19 kian terasa.

Dilansir dari Times of India, seorang pembeli 23 tahun, Tiara Show menyampaikan pengalaman berbelanjanya di toko American Eagle Outfitters.

 Saat ingin memasuki toko, ia diwajibkan untuk memakai masker dan penataan barang pun diatur ulang agar pembeli tidak harus menyentuhnya.

Memakai Masker© Shutterstock.com

Kamar ganti pun ditutup. Saat membayar barang yang dibeli, ia berdiri di depan kaca pembatas dan merobek struknya sendiri. Rak di depan toko yang biasa diisi dengan pakaian, kini menyediakan hand sanitizer, masker sekali pakaian dan pembersih sepatu.

Semua toko di Amerika telah menerapkan peraturan baru. “ Ketika masuk ke dalam toko, kami ingin Anda melihat sesuatu yang berbeda,” kata  Andrew McLean, CCO American Eagle Outfitters pada Washington Post.

Beberapa toko mulai mengecek suhu badan pengunjung. Bahkan, membatasi jumlah pengunjung dengan membuat janji di setiap kunjungan.

Di toko kecantikan, tidak ada lagi layanan konsultasi maupun produk tester. Kamar mandi dan kamar ganti juga ditiadakan. Jadi, sudah siapkah kamu berbelanja di era new normal?

(Sumber: Times of India)

 

1 dari 5 halaman

Tips Belanja Online yang Aman Biar Tak Tertipu Pelapak Bodong

Dream – Pandemi corona dan kebijakan jaga jarak membuat banyak orang banting setir menjadi penjual online. Barang dagangan yang biasa dijual di pasar atau toko, kini dijajakan di lapak online. Pemain baru ini membuat persaingan bisnis online semakin ketat.

Kondisi sebaliknya dialami konsumen. Semakin banyak penjual tentu menguntungkan pembeli karena semakin banyak pilihan barang dan harga jual barang ikut bersaing.

Tapi, kamu jangan mudah terlena dengan tampilan gambar dan harga yang murah. Sebagai pembeli, Sahabat Dream harus tetap cerdas agar terhindari dari penipuan online dan barang-barang palsu.

Berikut ini tips belanja online aman selama pandemi Covid-19, dikutip dari Liputan6.com, Selasa 26 Mei 2020.

2 dari 5 halaman

Toko Online Terpercaya

Hal penting pertama adalah toko online itu terpercaya. Cara menilainya dari testimoni, review, dan rating yang dimiliki toko online tersebut.

Untuk keamanan dan kepraktisan kamu bisa menemukan toko online di marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee maupun Lazada. Jika ada masalah pemesanan, kamu akan dibantu oleh tim terkait, tidak pusing sendiri.

Jika memilih belanja di toko online dari media sosial dan website, kamu juga harus lebih jeli dan teliti lagi. Harus jelas alamat, pemiliknya dan kontak yang bisa dihubungi. Jangan terkecoh dengan nama brand besar. Ada toko-toko kloningan atau palsu yang menyerupai brand aslinya.

3 dari 5 halaman

Cek dan Ricek

Setelah sudah menemukan barang yang diinginkan, pastikan untuk cek dan ricek ya. Kesesuaian nama, barang dan foto.

Deskripsi barang, informasi pengiriman dan keamanan barang serta kebijakan lain-lainnya. Jangan hanya baca 1 atau 2 testimoni dan review, lihat juga yang lainnya. Selanjutnya, bandingkan dengan toko online lain, apakah harganya wajar, kalau selisih terlalu tinggi sebaiknya hati-hati.

4 dari 5 halaman

Tanya Jawab dengan Penjual

Selanjutnya jangan ragu untuk aktif bertanya kepada penjual. Meskipun dalam informasi telah disebutkan barang telah siap dan lain sebagainya.

Tak ada salahnya, kamu menanyakan kembali. Sekaligus kamu juga bisa menanyakan hal-hal lain yang masih membuat kamu ragu.

Respon penjual juga bisa menunjukkan seberapa baik dan sigap penjual dalam melayani dan memperlakukan barang pesanan kamu.

5 dari 5 halaman

Cara Pembayaran Aman

Di kondisi sekarang ini transaksi online lebih aman, tanpa ada kontak fisik dengan memanfaatkan teknologi mobile banking maupun aplikasi dompet digital. Pembayaran belanja online melalui marketplace juga lebih menguntungkan karena banyaknya pilihan metode pembayaran.

Mulai dari debit instan, kartu kredit, transfer virtual account, hingga saldo dompet digital. Untuk kamu yang gemar belanja online di Bukalapak dan Lazada ada kabar baik buat kamu.

DANA sebagai salah satu metode pembayaran di Bukalapak dan Lazada sudah memiliki fitur Mix Pay. Ketika akan melakukan pembayaran dan ternyata Saldo DANA kamu tidak cukup, sekarang sudah bisa menggunakan fitur DANA Mix Pay.

Transaksi dengan Saldo DANA bisa gabungkan dengan metode pembayaran lain yang tersedia, seperti OneKlik atau Kartu Debit/Kredit yang sudah tersimpan di aplikasi DANA.

(Sumber: Liputan6.com/Gilar Ramadhani)

Beri Komentar