Inilah Lima Ratu di Masa Depan

Reporter : Ramdania
Selasa, 5 Mei 2015 09:03
Inilah Lima Ratu di Masa Depan
Kelahiran putri pasangan Kate Middleton dan Pangeran William menambah jumlah perempuan pewaris tahta kerajaan di dunia.

Dream - Dari 27 keluarga kerajaan di dunia, hanya lima putri mahkota yang dipastikan menjadi pewaris tahta kerajaan. Mereka akan duduk di singgasana memerintah kerajaan sebagai kepala negara.

Dan kelahiran putri kedua pasangan Kate Middleton dan Pangeran William pada Sabtu, 2 Mei kemarin berada di urutan keempat sebagai pewaris tahta Inggris. Bayi perempuan yang lahir di RS St Mary, London itu dilaporkan memiliki berat badan 3,7 kg.

Berikut ini lima putri mahkota yang akan menjadi ratu di masa depan, seperti dikutip dari Gulf News, Selasa, 5 Mei 2015.

 

Putri Mahkota Elisabeth dari Belgia

Lahir pada 25 Oktober 2001, Putri Elisabeth saat ini masih berusia 14 tahun dan pewaris tahta Belgia. Dia menjadi pewaris yang pertama dalam antrean naik tahta dan tidak bisa digantikan oleh kelahiran pewaris lainnya. Pemilik gelar Duchess of Brabant ini adalah anak sulung dari raja dan ratu Belgia sekarang, Raja Philippe dan Ratu Mathilde.

Menurut hukum kerajaan, anak sulung, terlepas dari gender, mutlak menjadi yang pertama di garis suksesi. Jika dia memang naik takhta selama hidupnya, Putri Elisabeth akan tercatat dalam sejarah sebagai ratu Belgia pertama yang memerintah kerajaan sendirian.

 

Putri Mahkota Caroline dari Monako

Mungkin dialah putri mahkota yang paling terkenal dari semua. Putri Caroline adalah anak sulung dari almarhum Rainier III, Pangeran Monako dan pasangannya, bintang film Amerika Grace Kelly. Pernikahan mereka bak dongeng dan menjadi daya tarik dunia pada tahun 50-an. Pemilik gelar resmi Caroline of Hanover ini lahir pada tanggal 23 Januari 1957 dan kini telah berusia 58 tahun ini.

Dia juga kakak dari raja yang berkuasa Pangeran Albert II. Putri Caroline adalah pewaris tahta 'cadangan' bagi Monako. Posisinya sebagai pewaris takhta bisa tergantikan jika pewaris lain yang lebih cocok lahir. Tetapi karena Pangeran Albert tidak kunjung memiliki anak, Putri Caroline menjadi yang pertama dalam garis suksesi. Karena Pangeran Albert II tidak memiliki kakak atau adik laki-laki, maka Putri Caroline sebagai yang tertua akan menggantikannya jika dia mangkat.

 

Putri Mahkota Leonor dari Spanyol

Berusia sembilan tahun, Putri Leonor saat ini putri mahkota termuda di dunia dan lahir pada tanggal 31 Oktober 2005. Bergelar Leonor, Princess of Asturias, dia adalah pewaris tahta cadangan bagi Spanyol. Putri Leonor lebih tua dari dua anak perempuan Raja Felipe VI dan Ratu Letizia lainnya.

Pada tanggal 18 Juni 2014, Raja Juan Carlos turun tahta dan sehingga ayah Leonor, Felipe VI, akan memerintah sebagai Raja Spanyol. Alasan mengapa Putri Leonor hanya pewaris cadangan karena Spanyol mengikuti sistem raja turun-temurun laki-laki. Jadi di bawah hukum saat ini, jika raja dan ratu melahirkan seorang putra, maka Leonor kehilangan kesempatan menjadi ratu.

 

Putri Mahkota Victoria dari Swedia

Putri Victoria lahir pada tanggal 14 Juli 1977 dan merupakan pewaris tahta Swedia karena menjadi anak sulung Raja Carl XVI Gustaf. Swedia mengikuti sistem anak sulung mutlak di mana perbedaan gender diperlakukan setara tapi pewaris tahta harus menjadi anak sah tertua dari raja.

Putri Victoria menggantikan kakaknya Pangeran Carl Philip ketika Swedia berganti sistem pergantian raja. Dari menjadi putra mahkota, Pangeran Carl Philip harus rela berada di urutan ketiga dalam garis takhta setelah putri Putri Victoria.

 

Putri Mahkota Catharina Amalia dari Belanda

Lahir pada tanggal 7 Desember 2003, si kecil putri Catharina Amalia, atau juga dikenal sebagai Putri Oranye adalah pewaris tahta Belanda. Putri yang sekarang berusia 12 tahun ini adalah anak sulung dari Raja Willem Alexander dan Ratu Maxima. Dia baru mendapat gelar sebagai pewaris tahta tahun lalu ketika ayahnya naik tahta.

 

Terakhir, Putri Mahkota Inggris

Lahir pada tanggal 2 Mei 2015, putri kecil yang lahir dari pasangan Pangeran William dan Kate Middleton berada di urutan keempat dalam garis tahta kerajaan Inggris. Meskipun dia bukan putri mahkota, tapi dia adalah putri pertama yang lahir langsung dari keluarga kerajaan dalam 25 tahun. Dan yang terakhir lahir langsung dari pasangan keluarga kerajaan adalah Putri Eugenie pada tahun 1990. (Ism) 

Beri Komentar