Kisah Perjalanan para Pilot Berhijab

Reporter : Ratih Wulan
Sabtu, 7 Januari 2017 09:01
Kisah Perjalanan para Pilot Berhijab
Keputusan Iin menjalani karir sebagai Pilot berhijab dilalui dengan banyak cibiran dan tantangan.potr

Dream - Profesi sebagai Pilot selalu identik dengan kaum Adam. Namun ternyata ada beberapa perempuan tangguh asal Indonesia yang berhasil mendobrak stereotip itu.

Sebut saja Putroe Sambinoe Meutuah asal Aceh dan Raden Roro Iin Irjayanti dari Papua. Keduanya ramai diperbincangankan karena menjadi pilot wanita yang berhijab.

Putroe Sambinoe Meutuah© dream.co.id

Karier Putroe didukung penuh oleh sang ayah, Irwandi Yusuf yang pernah menjadi Gubernur Aceh ke 15. Sedangkan Iin, mulai menapaki karirnya dengan menjadi Pilot di Batavia Air, sebelum ditutup pada 2013 lalu.

Namun untuk saat ini, lulusan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia tersebut memilih untuk mengabdi sebagai Pilot Kalstar Aviaton.

Menariknya lagi, ternyata Iin pernah mengikuti kontes kecantikan Puteri Indonesia di tahun 2010. Namun akhirnya, ia kecintaanya pada dunia pesawat terbang membuatnya kembali menekuni profesinya sebagai Pilot.

1 dari 2 halaman

Alasan Iin Berhijab Bikin Hati Bergetar

Dream - Ditilik dari akun Instagramnya, Iin baru mengenakan hijab setelah menjadi Pilot. Dengan seragam dinasnya, ia melengkapinya dengan hijab segiempat berwarna dongker dan hitam.

Perjalanan sebagai Pilot berhijab, tak dilalui dengan mulus. Banyak tanggapan negatif ketika paras manisnya mulai dibingkai oleh kerudung sederhana di atas kepalanya.

Roro Iin Irjayanti© dream.co.id

" Di saat aku mulai berhijab waktu terbang.. ada yg memberi tanggapan positif.. tp ada jg yg malah bertanya.. (koq pake hijab pas kerja.. bukannya lbh nyaman gk pake yah, rambutnya kan pjg..bgs.. udah ditutupin aja) yah begitulah.. walaupun ada bbrp yg seperti itu.. tp aku tetap bersyukur. Alhamdulillah bnyk yg perhatian sama aku."

 

2 dari 2 halaman

Tak Goyah Dicibir

Dream - " Di saat aku mulai berhijab waktu terbang.. ada yg memberi tanggapan positif.. tp ada jg yg malah bertanya.. (koq pake hijab pas kerja.. bukannya lbh nyaman gk pake yah, rambutnya kan pjg..bgs.. udah ditutupin aja) yah begitulah.. walaupun ada bbrp yg seperti itu.. tp aku tetap bersyukur. Alhamdulillah bnyk yg perhatian sama aku."

Namun, berbagai komentar negatif tak membuat Iin goyah. Ia tetap memutuskan untuk melanjutkan keputusannya menutup aurat. Di balik hal itu, terdapat alasan yang sangat mengharukan.

" KENAPA aku sdh berhijab? karena wanita yg sudah menikah itu adalah tanggung jawab suaminya.. aku blm dan masih jauh sekali dr Istri yg sholehah apalagi sempurna.. aku cuman ingin berusaha menjadi istri yg taat dan berbakti kepada suami dan menjauhkan suami dr siksaan api neraka.. dan plg utama ingin mendapatkan Ridho suami dan Ridho Allah SWT.. karena aku hanya wanita biasa yg selalu ingin berusaha lebih baik menjadi diriku sendiri."

 

Beri Komentar