Tren Fashion Korea 2020, Kocca Tampilkan 2 Karya Desainer

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 22 Oktober 2019 19:46
Tren Fashion Korea 2020, Kocca Tampilkan 2 Karya Desainer
Lihat tampilannya di sini.

Dream -  Gaya berpakaian ala Korea banyak menginspirasi fashion statement anak muda di berbagai negara. Indonesia pun juga mendapat pengaruhnya,

Kini semakin banyak inspirasi yang bisa didapatkan untuk meniru gaya khas Korea. Salah satunya adalah gelaran Kocca (Korea Creative Content Agency) di Jakarta Fashion Week (JFW) 2020. Tahun ini merupakan keempat kalinya JFW bekerja sama dengan Kocca.

Setiap tahunnya Kocca bekerja sama dengan JFW. Kolaborasi ini ingin memperkenalkan dan mempromosikan tren fashion Korea di Indonesia.

1 dari 5 halaman

Dua Desainer Korea

Kurasi dilakukan untuk memilih desainer Korea Selatan yang bakal menampilkan karyanya di JFW. 

 Kocca, Tren Fashion Korea di JFW 2020

Dari hasil kurasi tersebut terpilih dua desainer yaitu Yoon Seokwoon dari brand Seokwoon Yoon, dan Jang Yoonkyung dari brand Setsetset.

 Kocca, Tren Fashion Korea di JFW 2020

Tren Fashion Korea di JFW 2020/(Foto: Dream.co.id/Cynthia Male)

 

2 dari 5 halaman

Seokwoon Yoon

“ Saya membuat koleksi yang terinspirasi dari lifestyle Brooklyn, perpaduan referensi sejarah yang luas dan seni modern dengan tema ‘Nothing Inside’,” kata Seokwoon Yoon, yang merupakan lulusan Pratt Institute Brooklyn ini.

 Kocca, Tren Fashion Korea di JFW 2020/

Ia menggambarkan konsep rancangannya dengan teknik Trompe l’oeil dan menggabungkan seni ke dalam koleksi ready to wear.

 Kocca, Tren Fashion Korea di JFW 2020

Pria yang pernah mendapat penghargaan sebagai outstanding designer pada 2017 ini, menampilkan koleksi dengan ciri khas potongan oversized, rekonstruksi unik serta teknik draping.

3 dari 5 halaman

Setsetset

“ Di koleksi ini saya membawakan tema ‘Jangwon Flower Ceremony’ yang terinspirasi dari bendera tradisional Korea dan suasana prosesi pemberian mahkota bunga pada lulusan terbaik ujian kenegaraan,” kata Jang Yoonkyung.

 Kocca, Tren Fashion Korea di JFW 2020

Koleksi rancangannya didominasi warna hitam, putih, kuning, merah dan biru.

 Kocca, Tren Fashion Korea di JFW 2020

Rupanya perpaduan warna itu bertujuan agar penikmat koleksinya bisa berjalan penuh kepercayaan diri di tengah perayaan bunga dengan gaya feminin serta sporty. (mut)

 Kocca, Tren Fashion Korea di JFW 2020

(Foto: Dream.co.id/Cynthia Male)

4 dari 5 halaman

Desainer JFW Sulap Limbah Jadi Fashion Berkelas

Dream - Belakangan ini sampah menjadi isu mengkhawatirkan di seluruh dunia. Padahal jika dikelola dengan benar, limbah dapat disulap menjadi sesuatu yang menarik.

Jakarta Fashion Week (JFW) 2020 menantang para desainer Tanah Air untuk menjadi lebih suitable, dengan menghasilkan produk fashion dari hasil up-cycle limbah sampah.

Salah satu desainer yang akan tampil di JFW 2020, Kara Nugroho dan Putri Katianda dari PVRA akan menampilkan desain yang berasal dari limbah tersebut.

Kara akan mengangkat tema Change untuk ajang Indonesia Fashion Forward (IFF), event rangkaian JFW 2020.

Kara bakal bermain dengan warna-warna berani, dengan bitz yang belum pernah dipakai sebelumnya.

" Bitz yang kita gunakan berasal dari bohlam, plastik dan kaca bekas. Untuk Fashionlink kita gunakan warna all black. Kita akan bermain dengan bitz dan fokus pada detail,” jelas Kara Nugroho di Senayan City, Jakarta Pusat, Rabu 2 September 2019.

5 dari 5 halaman

Peduli Kebakaran Hutan

Desainer jebolan IFF Albert Yanuar ini juga turut meramaikan JFW 2020 dengan mengusung tema “  Springbirds”. Tema ini dipilih sebagai bentuk kepedulian terhadap kebakaran hutan Indonesia.

“ Aku sangat concern dengan kebakaran hutan yang terjadi. Yang unik dari looks aku itu teknik lipatannya dan aku menggunakan teknik lipatan yang terlihat seperti daun,” ujar Albert Yanuar.

Selain Albert, ada juga Chitra Subiyakto dari Sejauh Mata Memandang, yang memakai teknik daur ulang sisa-sisa kain dari desain sebelumnya.

“ Koleksi kali ini berjudul “ Daur” sebagai bentuk dukungan suitable designer. Kita sudah mengumpulkan sisa kain perca. Dan itu akan kita gunakan dengan melibatkan ibu-ibu rusun,” tutur Chitra Subiyakto.

(ism, Laporan: Razdkanya Ramadhanty)

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone