Lupa Kata Sandi TikTok? Begini 3 Cara Mengatasinya yang Mudah

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Rabu, 1 Maret 2023 18:14
Lupa Kata Sandi TikTok? Begini 3 Cara Mengatasinya yang Mudah
Dengan menggunakan cara tersebut, akun TikTok kamu bisa kembali lagi.

Dream - Apakah sahabat Dream adalah salah satu pengguna TikTok? Ya, aplikasi yang satu ini memang sedang populer. Tak hanya di Indonesia saja, tetapi juga di seluruh dunia. Di dalamnya terdapat berbagai konten video hiburan hingga informasi penting yang ditampilkan secara menarik.

Dikutip dari databoks.katadata.co.id, menurut laporan Business of Apps, pada kuartal II 2022 TikTok sudah memiliki 1,46 miliar pengguna aktif bulanan (monthly active users/MAU) di seluruh dunia.

Jika dilihat berdasarkan wilayahnya, pengguna TikTok paling banyak adalah di Asia Pasifik (selain Tiongkok dan India). Di mana jumlahnya mencapai 313 juta di tahun 2021. Lalu di Amerika Latin dan Eropa mencapai 118 juta dan 158 juta pengguna di tahun 2021.

Salah satu hal yang penting dalam menggunakan aplikasi TikTok adalah kata sandi atau password. Di mana kata sandi ini jangan sampai diketahui orang lain karena bisa berdampak buruk bagi akun sahabat Dream. Tapi, bagaimana jika kamu tiba-tiba lupa kata sandi TikTok? Apakah akun kamu bisa kembali lagi?

Berikut adalah beberapa cara mengatasi lupa kata sandi TikTok yang bisa kamu praktikkan sebagaimana dirangkum Dream melalui berbagai sumber.

1 dari 2 halaman

Apa Itu TikTok?

Pengertian TikTok dan fitur-fiturnya© Unsplash.com

Bagi sahabat Dream yang kerap berselancar di media sosial, pasti sudah familiar dengan aplikasi TikTok. Ya, TikTok adalah aplikasi media sosial yang memungkinkan sahabat Dream untuk membagikan video dengan menggunakan musik dengan durasi yang tidak terlalu panjang.

TikTok sendiri mulai diluncurkan pertama kali oleh seorang pengusaha dari Tiongkok yang bernama Zhang Yiming di bulan September 2016. Zhang Yiming juga sekaligus pendiri dari perusahaan yang bergerak di bidang teknologi bernama ByteDance.

Di tahun 2018, TikTok pun semakin populer di tengah masyarakat, terutama di kalangan anak-anak muda. Konten video yang ada di TikTok tidak sekadar hiburan saja, tetapi juga ada informasi-informasi penting berbagai macam hal yang ditampilkan dengan sangat menarik. Sahabat Dream bisa mengunduh aplikasi ini melalui Playstore, iOS, dan Web.

Selain itu, fitur-fitur di dalam TikTok pun sangat beraneka ragam dan menarik. Misalnya saja fitur filter wajah, stiker, efek di video, dan masih banyak lagi.

2 dari 2 halaman

Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi TikTok

Pernahkah sahabat Dream mengalami lupa kata sandi TikTok? Ya, tidak sedikit orang yang ketika keasyikan bermain media sosial, seperti TikTok, sampai-sampai lupa dengan akunnya sendiri yakni kata sandi.

Jika sampai lupa kata sandi, maka nantinya kamu tidak akan bisa membuka akun TikTok kamu. Tapi tenang dulu, masalah ini bisa dicari solusinya dan akun TikTok kamu bisa kembali lagi. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi lupa kata sandi TikTok yang bisa sahabat Dream praktikkan:

Reset Kata Sandi

Cara yang pertama adalah dengan me-reset kata sandi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Bukalah aplikasi TikTok dan pilih Lupa Kata Sandi.
  2. Pilih satu di antara pilihan yang tersedia, misalnya saja memilih via Nomor Telepon.
  3. Masukkanlah nomor HP yang terhubung, lalu klik Kirim Code.
  4. Jika sudah terkirim, salinlah kode dan masukkan ke kolom yang sudah disediakan.
  5. Masukkan kata sandi baru yang sudah kamu siapkan dan klik tombol Masuk.
  6. Nah, akun TikTok pun bisa diakses kembali.

Login Via Sosial Media

Cara yang kedua adalah dengan login melalui sosial media. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama, pastikan sahabat Dream masih membuka aplikasi TikTok.
  2. Kemudian pilih untuk Lanjutkan Dengan Facebook.
  3. Nah, kamu bisa langsung masuk ke akun TikTok.

Mengubungi Support TikTok

Cara yang terakhir adalah dengan menghubungi Support TikTok. Caranya adalah dengan mengirimkan pesan email ke info@tiktok.com. Di dalamnnya kamu mengirimkan permintaan bantuan untuk bisa mendapatkan kembali akses ke akun TikTok. Jika pesan sudah dikirimkan, kamu tinggal menunggu sampai email kamu dibalas oleh Support TikTok.

Itulah beberapa cara yang bisa sahabat Dream gunakan ketika lupa kata sandi TikTok. Dengan salah satu cara tersebut, akun TikTok kamu bisa kembali lagi.

Beri Komentar