Dream - Membuktikan visi Beyond Zero, PT Toyota-Astra Motor (TAM) menjalankan Multi Pathway Strategy dengan menghadirkan berbagai pilihan teknologi kendaraan elektrifikasi (xEV) yang ramah lingkungan. Untuk merasakan langsung xEV Toyota yang ramah lingkungan, PT TAM mengajak para jurnalis, termasuk Dream.co.id untuk mengikuti acara Toyota Eco Journey – Journalist Test Drive (JTD) Electrification Line Up 2024.
Perjalanan yang dimulai dari Jakarta ini akan menuju Semarang, Solo, dan finish di Yogyakarta, pada tanggal 26-28 Agustus 2024. Di hari pertama, terdapat berbagai aktivitas untuk merasakan langsung keandalan 12 unit Hybrid Electric Vehicle (HEV) bersama 1 unit Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV).
Dream - Membuktikan visi Beyond Zero, PT Toyota-Astra Motor (TAM) menjalankan Multi Pathway Strategy dengan menghadirkan berbagai pilihan teknologi kendaraan elektrifikasi (xEV) yang ramah lingkungan. Untuk merasakan langsung xEV Toyota yang ramah lingkungan, PT TAM mengajak para jurnalis, termasuk Dream.co.id untuk mengikuti acara Toyota Eco Journey – Journalist Test Drive (JTD) Electrification Line Up 2024.
Perjalanan yang dimulai dari Jakarta ini akan menuju Semarang, Solo, dan finish di Yogyakarta, pada tanggal 26-28 Agustus 2024. Di hari pertama, terdapat berbagai aktivitas untuk merasakan langsung keandalan 12 unit Hybrid Electric Vehicle (HEV) bersama 1 unit Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV).
Mulai dari eco driving hingga powerful driving experience untuk mengeksplor teknologi canggih Toyota. Peserta juga diminta untuk menghitung seberapa irit Hybrid EV Toyota yang dikendarai, serta mengetahui efektivitasnya dalam mereduksi emisi CO2 selama perjalanan Jakarta–Semarang.
“Posisi All New Kijang Innova Zenix HEV sebagai pemuncak sales kendaraan elektrifikasi di Indonesia, merupakan bukti nyata atas tingginya penerimaan pelanggan,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.
Pada hari pertama PT TAM menyediakan total 12 unit xEV yang masing-masing ditumpangi oleh 4 orang jurnalis. Diantaranya 4 unit All New Yaris Cross HEV, 3 unit All New Kijang Innova Zenix Q HEV, 1 unit All New Kijang Innova Zenix V HEV, 1 unit All New Alphard HEV, 1 unit All New Vellfire HEV, 1 unit All New RAV4 GR Sport PHEV, dan 1 unit All New Prius HEV yang baru launching di event GIIAS 2024.
Berkat efisiensi hybrid engine yang tinggi dan kinerja motor listrik yang powerful, membuat Hybrid EV Toyota semakin hemat bensin. Merasakan eco driving experience menuju tempat makan siang di Kampung Kecil Cirebon, jurnalis melewati dinamika berkendara yang tinggi, khususnya situasi stop and go yang justru membuat motor listrik lebih sering bekerja.
Mode EV yang didukung baterai hybrid berkapasitas besar dengan pengisian cepat, menambah pengalaman berkendara bebas emisi lebih jauh lagi.
Punya postur yang kompak, kegesitan All New Yaris Cross HEV sebagai sebuah all-rounder sangat terasa di rute yang padat. Mobil ini mampu menjaga efisiensi di level paling optimal berkat penggunaan hybrid engine 2NR-VEX 1.500 cc 4 silinder bertenaga 67 kW dan torsi 121 Nm, bersama motor listrik bertenaga 59 kW dan torsi 141 Nm yang disalurkan via transmisi CVT.
Powerful driving experience HEV dan PHEV Toyota pun terasa ketika melanjutkan test drive menuju Semarang. Keadaan jalan yang cukup lengang membuat semua xEV dapat cruising sesuai aturan kecepatan maksimal di jalan tol.
Performance terbaik diuji ketika mendahului kendaraan lain atau melewati rute menanjak, di mana mesin bensin dan motor listrik bahu-membahu menyalurkan power terbaik dengan tetap mempertahankan kehematan bensin.
Keandalan All New Kijang Innova Zenix HEV semakin terlihat saat berkendara jarak jauh berkat kenyamanan kabin yang outstanding. Sementara itu, pengemudi tetap dimanjakan oleh kemampuannya dikendarai dengan apik di berbagai kondisi jalan.
Toyota Hybrid System (THS) versi terbaru membuatnya dapat menjaga efisiensi mesin di taraf yang paling memuaskan. Diproduksi di fasilitas manufaktur Toyota Indonesia, platform TNGA-C dengan struktur monocoque, memberikan akses pengembangan lebih besar kepada engineer Toyota.
Salah satu yang paling signifikan adalah ruang kabin yang ekstra lapang dan nyaman. Rigiditas bodi meningkat, mengurangi berat mobil, serta mereduksi noise di kabin mobil, sebagai upaya memperkuat kestabilan dan kenyamanan mobilitas.
Sistem suspensi MacPherson strut di depan dan semi-independent torsion beam di belakang mampu meredam guncangan jalan dengan halus.
Sedangkan duo All New Alphard HEV dan All New Vellfire HEV, tak hanya memberikan kenyamanan tiada tara bagi para penumpang. Namun juga kinerja hybrid engine yang begitu efisien dan bertenaga meskipun fisiknya terbilang besar dan mengotak. Tampilan luar yang kian elegan meningkatkan citranya sebagai Luxury Hybrid EV.
Tak kalah dari pendahulunya, pendatang baru All New Prius HEV juga memberikan pengalaman berkendara yang mengesankan. Tampilan futuristis diperkuat oleh kabin ekstra nyaman dan dilengkapi fitur yang membuat penumpang merasa rileks.
Hybrid engine serupa milik New Corolla Cross HEV, memberikan efisien yang tinggi sehingga hemat bensin dan rendah emisi.
All New RAV4 GR Sport PHEV memiliki karakter berkendara yang sama dengan HEV Toyota. Bedanya, fitur charging port memberikan fleksibilitas kepada pelanggan yang mau memanfaatkan fasilitas charging station untuk mengisi baterai hybrid.
Rangkuman hari day-1 saat berkendara menuju Cirebon, All New Prius HEV berhasil mencatat konsumsi bahan bakar paling irit sekitar 29.4 km/L.
Dengan jarak berkendara sekitar 215 km dari Jakarta menuju Cirebon dan jarak sekitar 225 km dari Cirebon menuju Semarang gabungan dari 12 unit yang dibawa ini berhasil mengurangi emisi karbon sebanyak lebih dari 41 kg CO2 jika dibandingkan dengan mobil ICE.