Daftar Merek Ponsel Terlaris Saat Ini

Reporter : Alfi Salima Puteri
Kamis, 21 Juli 2022 07:13
Daftar Merek Ponsel Terlaris Saat Ini
Penjualan ponsel global pada periode ini turun 9 persen year-over-year dibandingkan periode yang sama pada tahun 2021.

Dream - Kondisi ekonomi yang tidak menentu membuat penjualan ponsel global sepanjang kuartal kedua 2022 masih lesu. Tapi raksasa teknologi, Samsung dan Apple masih berjaya dan mencatatkan kenaikan penjualan.

Menurut data terbaru Canalys, penjualan ponsel global pada periode ini turun 9 persen year-over-year dibandingkan periode yang sama pada tahun 2021. Penurunan ini disebabkan oleh permintaan pasar yang lemah sebagai akibat dari kondisi ekonomi global yang tidak menentu.

Namun, melansir laman Phone Arena, Kamis, 22 Juli 2022, Samsung tetap menjadi vendor smartphone teratas di seluruh dunia dengan pangsa pasar 21 persen. Sebagian angkat tersebut berkat perolehan penjualan seri Galaxy A.

1 dari 3 halaman

Samsung seri Galaxy A sendiri dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Memiliki kamera yang cukup mumpuni, kapasitas baterai besar, dan kinerja yang lebih baik secara keseluruhan, menjadikan Samsung Galaxy Seri A terbaik di kelasnya.

Sementara itu, hal yang sama juga dirasakan oleh Apple. Permintaan yang berkelanjutan untuk seri iPhone 13 membantu Apple mempertahankan pangsa pasar tertinggi kedua di antara produsen ponsel global sebesar 17 persen.

Untuk Xiaomi, Oppo, dan Vivo masing-masing berada di urutan ketiga, keempat, dan kelima. Mereka mengalami penurunan pengiriman smartphone selama kuartal kedua yang membuat mereka memiliki pangsa pasar global sebesar 14 persen untuk Xiaomi, 10 persen untuk Oppo, dan 9 persen bagi Vivo.

2 dari 3 halaman

Menurut Research Analyst Canalys Runar Bjørhovde penurunan ini disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk hambatan ekonomi, permintaan yang lemah, dan penumpukan stok. Ini membuat vendor ponsel harus mengubah taktiknya, terutama untuk segmen menengah.

" Pasar menengah yang kelebihan pasokan adalah segmen terbuka bagi vendor untuk fokus menyesuaikan peluncuran baru, karena konsumen dengan anggaran terbatas mengalihkan pembeli ke perangkat yang menyasar segmen low end," tutur Bjørhovde

3 dari 3 halaman

Sementara itu, analis Canalys Toby Zhu mengatakan vendor ponsel dalam waktu dekat bisa memberikan promosi atau penawaran khusus untuk membantu mengosongkan stok. Tapi ia memperingatkan konsumen kemungkinan tidak akan menganggarkan uangnya untuk membeli ponsel baru akibat inflasi yang terjadi.

Permintaan ponsel yang turun juga membuat supply chain khawatir. Zhu memperingatkan beberapa isu terkait supply chain masih menghantui meski pasokan komponen dan biaya mulai membaik.

Beri Komentar