Meta Luncurkan Meta Pay, Dompet Digital untuk Metaverse

Reporter : Okti Nur Alifia
Rabu, 29 Juni 2022 10:45
Meta Luncurkan Meta Pay, Dompet Digital untuk Metaverse
Di dalam Meta Pay akan ada pembelian barang digital.

Dream - Meta kembali berinovasi. Kali ini Meta meluncurkan dompet digital untuk Metaverse yang diberi nama Meta Pay. Meta Pay merupakan rebranding dari layanan sebelumnya, Facebook Pay.

Meskipun demikian, Meta Pay juga akan mempunyai fungsi yang sama seperti yang dilakukan Facebook Pay di masa lalu.

Bedanya, layanan di dalam Meta Pay akan dikembangkan secara universal untuk membayar barang dan jasa menggunakan identitas digital di metaverse. Melalui Meta Pay, Metaverse mencoba memecahkan masalah transaksi dan interaksi nilai di Metaverse.

1 dari 2 halaman

Menurut CEO Meta, Mark Zuckerberg, Meta Pay akan menjadi solusi untuk dua masalah di metaverse yaitu aksesibilitas ke barang digital dan bukti kepemilikan.

“ Di masa depan, akan ada segala macam barang digital yang mungkin ingin kamu buat atau beli - pakaian digital, seni, video, musik, pengalaman, acara virtual, dan banyak lagi. Bukti kepemilikan akan menjadi penting, terutama jika kamu ingin membawa beberapa barang ini ke berbagai layanan,” kata Mark Zuckerberg.

Tentang portabilitas dan standardisasi di Metaverse, Zuckerberg menyatakan bahwa idealnya, semua yang dibeli di satu bagian Metaverse harus tersedia di platform lain, dengan fungsi dan sifat yang sama.

Salah satu tujuan yang ingin dicapai Meta dengan Meta Pay, contohnya saja semacam identitas Web3 yang menghubungkan pembelian barang digital dengan identitas digital tunggal.

2 dari 2 halaman

“ Interoperabilitas semacam ini akan memberikan pengalaman yang jauh lebih, baik bagi orang-orang dan juga peluang yang lebih besar bagi pembuat konten," terang Zuckerberg.

Lebih lanjut, Zuckerberg berpendapat bahwa metode pembayaran universal di seluruh metaverse akan menjadi peluang bagi pembuat konten, karena lebih banyak konsumen yang akan membeli konten mereka.

meta luncurkan meta pay© (Foto: Shutterstock.com)

" Semakin banyak tempat yang mudah kamu gunakan untuk barang digital, semakin kamu akan menghargainya. ini dapat menciptakan pasar yang lebih besar bagi para pembuat konten,” pungkas Zuckerberg.

Namun, hal ini hanya dapat dicapai dengan tingkat standarisasi tertentu.

Sumber: bitcoin.com

Beri Komentar