Pabrikan Berlomba Datangkan Smartphone 5G, Apa Sih Kelebihannya?

Reporter : Dwi Ratih
Jumat, 5 Februari 2021 10:45
Pabrikan Berlomba Datangkan Smartphone 5G, Apa Sih Kelebihannya?
Seperti apa saja ya?

Dream – Sejumlah perusahaan pembuat smatphone sudah berancang-ancang menyambut kehadiran teknologi jaringan 5G di Indonesia. Layanan terbaru yang disebut lebih mumpuni dari generasi sebelumnya ini salah satunya disambut OPPO yang menghadirkan Reno 5 5G di awal 2021 kemarin.

Sebagai teknologi baru yang hadir di industri telekomunikasi Indonesia, produsen smartphone asal Tiongkok menggelar OPPO 5G Academy dengan berkolaborasi bersama Qualcom dan Smartfren

Diketahui, Qualcom adalah pembuat chipset yang dibenamkan dalam teknologi OPPO Reno 5G. Sementara Smartfren merupakan operator telekomunikasi  yang mengaku siap mengaplikasikan teknologi 5G di Indonesia.

“ Pada acara ini, masyarakat akan mendapat gambaran mengenai teknologi dan manfaat 5G.” jelas Public Relation Manager OPPO Indonesia, Aryo Meidianto dalam Konferensi Pers Virtual, Kamis 4 Februari 2021.

1 dari 4 halaman

Keunggualan Akses Jaringan 5G

Konferensi pers OPPO© OPPO Indonesia

Country Director Qualcomm Indonesia, Shannedy Ong menjelaskan jaringan internet 5G akan banyak memberikan keuntungan bagi masyarakat di Indonesia.

Jaringan 5G diakui memiliki kecepatan akses yang lebih mumpuni dari generasi sebelumnya. Teknologi ini juga menawarkan latensi yang lebih rendah, dan biaya per-bit yang lebih murah.

“ Qualcomm siap bekerja sama dengan mitra OEM dan ODM untuk meluncurkan perangkat 5G di Indonesia seperti OPPO yang menggunakan Snapdragon 765G pada Reno5 5G,” jelas di kesempatan yang sama.

Selain chipset, operator menjadi bagian penting dalam struktur pengembangan jaringan 5G sebagai penyedia layanan.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi© Shutterstock

Dari beberapa operator yang ada di Tanah Air, Smartfren Telecom merupakan salah satu operator yang siap menyediakan jaringan 5G di Indonesia. Sukaca Purwokardjono selaku Deputy CEO Mobility Smartfren Telecom yakin teknologi 5G akan menjadi game changer bagi industri sekaligus memberikan manfaat besar pada masyarakat.

“ Agar manfaat tersebut dapat terwujud, diperlukan sinergi dari seluruh stakeholder dalam ekosistem telekomunikasi,” kata Sukaca.

Melalui kegiatan tersebut, OPPO berharap masyarakat dapat lebih memahami teknologi, perkembangan dan kegunaan jaringan 5G ke depannya.

Kegiatan perdana OPPO 5G Academy tersebut dilaporkan dihadiri lebih dari 700 peserta, seperti mahasiswa, komunitas, dan para pemesan perangkat OPPO Reno5 5G.

Kegiatan tersebut juga ditujukan untuk memberikan gambaran umum tentang teknologi 5G seperti pada perkembangan teknologi, implementasi, kegunaan dan pemanfaatan jaringan tersebut di masa depan.

(sah, Reporter: Yuni Puspita Dewi)

3 dari 4 halaman

Penjualan PS5 di Tokyo Timbulkan Kekacauan

Dream – Pasokan Sony Playstation 5 (PS5) yang dibilang masih cukup langka di seluruh dunia, membuat para gamer di Tokyo mengambil kesempatan mendapatkan game itu secara cepat.

Seperti yang dilaporkan Hypebeast pada Selasa, 2 Februari 2021, awal pekan ini, Yodobashi Akihabara Camera menerima pengiriman besar PS5 yang menyebabkan kekacauan saat dirilisnya konsol game itu.

Yodobashi sebagai salah satu toko elektronik terbesar di Jepang, penjualannya diperkirakan mencapai 300 unit saat pertama kedatangan PS5.

Banyak orang ikut serta dalam kegilaan ini, karena toko Yodobashi Camera tidak mewajibkan pelanggan memiliki kartu kredit untuk pembelian, syaratnya hanya dibuat untuk para pengecer.

Kerumunan yang memadati lokasi mulai berdesakan memaksa konter kasir dan staf, sehingga pihak kepolisian setempat dipanggil dan akhirnya membatalkan penjualan itu karena sifat agresif di tengah keadaan darurat pandemi Covid-19.

4 dari 4 halaman

Beberapa kegilaan pengunjung terlihat pada video berikut:


PS5 di Tokyo© Twitter/AJapaneseDream

PS5 di Tokyo© Twitter/@tabata__97

(Laporan: Josephine Widya, Sumber: Hypebeast)

Beri Komentar