Ria Miranda (Foto: Dream/Deki Prayoga)
Dream - Teknologi AI (Artificial Intelligence) berhasil merambah berbagai industri, salah satunya fashion.
Brand fashion pertama yang menerapkan teknologi ini adalah Ria Miranda di pameran ulang tahun ke-10.
Pameran tersebut merupakan hasil kolaborasinya dengan Microsoft Rinna, arsitek desain pameran FFFAAARRR dan environmental design graphic studio Nusae.
“ Tidak terasa brand Ria Miranda sudah sampai 10 tahun. Pameran ini bertujuan untuk memberi tahu bahwa brand ini selalu mengedepankan kolaborasi, komunitas dan give back to society,” tutur Ria di Senayan City, Jakarta Selatan, Kamis, 24 Oktober 2019.
Ria Miranda (tiga dari kanan) di Senayan City/Foto: Dream-Cynthia Male
Dengan teknologi AI yang dimiliki Microsoft Rinna, kamu dapat menciptakan motif tertentu dengan menggunakan keyword tertentu.
Rinna merupakan AI personifikasi yang diperuntukkan bagi remaja perempuan.
" Hingga saat ini, dengan AI creation, kami bekerja sama dengan tim Ria Miranda untuk membuat pola desain dan memotivasi industri fashion supaya potensinya meningkat," kata Linda Dwiyanti, Director of Marketing & Operations Microsoft Indonesia.
Pandu Rosadi & Ria Miranda (kedua & ketiga dari kiri) di Senayan City/Foto: Dream-Cynthia Male
Untuk membuat sebuah scarf dengan satu motif, rata-rata membutuhkan 5-8 keyword.
" Misalnya aku masukkan keyword 'earth tone', 'vintage' atau 'natural', banyak sekali keyword yang dimasukkan ke situ. Nggak bisa nebak yang akan keluar di situ, tapi banyak pattern cantik yang sesuai dengan selera kita," ujar Ria.
Pandu Rosadi & Ria Miranda (kedua & ketiga dari kiri) di Senayan City/Foto: Dream-Cynthia Male
Selain meningkatkan potensi di industri fashion, hal ini juga menjadi kesempatan kolaborasi antara teknologi dan manusia.
" Buat kita ini suatu pengalaman baru. Buat Microsoft ini salah satu wujud kontribusi untuk masyarakat karena nggak semua brand diajak kerja sama. Kita jadi brand fashion pertama," ungkap Pandu Rosadi, Co-Founder & Managing Director Ria Miranda.
Pandu Rosadi & Ria Miranda (tengah) di Senayan City/Foto: Dream-Cynthia Male
Buat kamu yang menyukai koleksi ibu tia anak ini, Sahabat Dream bisa dapatkan scarfnya pada pameran 10 Langkah Ria Miranda di Senayan City sejak Kamis, 24 Oktober hingga Minggu, 1 Desember 2019 mendatang.
Dream - Tren warna neon tidak hanya terjadi di dunia makeup. Warna neon seperti fuchsia dan lime green juga jadi favorit pada modest wear.
“ Warna (yang akan tren) lebih ke shocking, ya. Banyak sekali warna lime green, fuchsia, tosca. Ketika aku coba aplikasikan dengan warna baru, ternyata customer pengin ngikutin tren dengan taste Ria Miranda,” tutur desainer busana muslim, Ria Miranda di Senayan City, Jakarta Selatan, Kamis, 24 Oktober 2019.
Ria Miranda (tengah) di Senayan City/(Foto: Dream.co.id-Cynthia Male)
Selain warna, Ria Miranda merasa modest wear semakin simpel, baik pakaian maupun hijabnya.
“ Simple style makin tren. Hijab di runway juga sudah nggak ada yang aneh-aneh lagi.”
Baju berpotongan longgar akan semakin digemari agar bisa dipakai di segala ukuran, untuk tampil classy dan lebih lama disimpan.
Ria Miranda di Senayan City/(Foto: Dream.co.id-Cynthia Male)
“ Model dress masih ngetren. Potongannya lebih ke asimetris dan pleads akan tren lagi,” tambahnya.
Meski pakaian bermotif sempat diminati, namun tidak untuk tahun depan.
Ria Miranda (Foto: Deky Prayoga/Dream)
“ Pengolahan kain, prints mulai nggak terlalu banyak yang pakai. Kami sendiri sudah ngurangin, karena banyak yang ngeluarin seperti itu. Lalu kami pikir, apalagi inovasinya? akhirnya bermain tenun berbahan jacquard,” tutup Ria.
Advertisement
Psikolog Ungkap Pentingnya Pengawasan Orangtua Saat Anak Main Game
Potret Beda Pesta Pora 2025, Ada Jumatan Bareng Dipimpin Rhoma Irama
Seru Abis! Komunitas Ini Sampaikan Kritikan dengan Main Karet Depan Gedung DPR
Tak Hanya di Indonesia, 7 Mitos Aneh di Berbagai Belahan Dunia
Kebiasaan Pakai Bra saat Tidur Berbahaya? Cari Tahu Faktanya