Peringati WDC 2021, DMC & Tabur BankSa Tanam 1000 Bakau - Daur Ulang Sampah

Reporter : Iwan Tantomi
Jumat, 24 September 2021 17:59
Peringati WDC 2021, DMC & Tabur BankSa Tanam 1000 Bakau - Daur Ulang Sampah
Acara ini juga diikuti oleh Dik Doank lho.

Ada hal menarik yang dilakukan Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa, dalam rangka memeringati World Clean Up Day 2021. Apalagi kalau bukan aksi bersih-bersih di pesisir pantai Desa Tanjung Burung, Teluknaga, Tangerang, Banten (24/09/2021).

Menariknya, dalam aksi ini DMC berkolaborasi dengan pengelola Bank Sampah Desa Tanjung Burung. "DMC Dompet Dhuafa percaya bahwa pengelolaan bencana bukan hanya saat terjadi bencana, tetapi juga penting melakukan upaya pengurangan risiko atau mitigasi bencana," ungkap Haryo Mojopahit selaku Kepala DMC Dompet Dhuafa.

Lebih dari itu, DMC Dompet Dhuafa berharap memperkenalkan kesadaran akan mitigasi kebencanaan dengan perspektif konservasi lingkungan. Salah satunya melalui kegiatan bertajuk 'Pagelaran Aksi Nyata untuk Bumi Dalam Rangka World Clean Up Day 2021'. Lewat kegiatan ini, DMC bermaksud meningkatkan partisipasi dan kesadaran masyarakat akan peduli lingkungan.

1 dari 3 halaman

Aksi Bersih-Bersih Serempak di Seluruh Dunia

Dompet Dhuafa© Dompet Dhuafa

Adapun World Cleanup Day sendiri merupakan aksi bersih-bersih yang dilaksanakan dalam satu hari secara serentak di seluruh dunia. Tujuannya menyatukan umat manusia dari berbagai budaya, agama, suku, dan ras untuk membersihkan dunia dari permasalahan sampah. 

Selain itu, tujuan lain kegiatan ini adalah meningkatkan kepedulian terhadap permasalahan sampah, serta memupuk nilai cinta kasih terhadap masa depan Bumi. Sementara alasan memilih wilayah pesisir pantai Desa Tanjung Burung, karena tempat tersebut dipenuhi dengan sampah laut. Hingga wilayah tersebut disebut dengan 'Pantai Sampah'.

2 dari 3 halaman

Ajak Partisipan Mengumpulkan Sampah

Dompet Dhuafa© Dompet Dhuafa

Dalam agenda peduli lingkungan tersebut, DMC dan Tabur BankSa juga mengajak setiap partisipan untuk membawa sampah plastik yang sudah dibersihkan, minimal 2 Kg untuk ditukarkan sebagai tiket masuk, serta membawa tumbler juga pakaian ganti.

" Bukan waktunya untuk saling menyalahkan. Dengan kita lakukan apa yang kita bisa untuk jaga dan rawat lingkungan kita, akan lebih berarti," ujar Moch. Guntur selaku Pegiat Lingkungan sekaligus Ketua Tabur BankSa, saat penanaman 1000 Bakau.

3 dari 3 halaman

Dihadiri Did Doank

Dompet Dhuafa© Dompet Dhuafa

Kegiatan ini diisi dengan aksi bersih sungai dan pesisir pantai, aksi kelola sampah menjadi barang ekonomis, panggung musik, menghadirkan aneka makanan tradisional, pembuatan mural mitigasi kebencanaan, dan penanaman 1000 pohon bakau yang dilakukan secara simbolis.

Peserta kegiatan itu berasal dari Tim DMC sebanyak 20 orang. Sementara itu, dari masyarakat Desa Tanjung Burung sebanyak 50 orang. Turut hadir Dik Doank selaku Super Volunteer Dompet Dhuafa.

" Siapapun yang merasa bahwa ini perlu dilakukan, mari kita lakukan. Jaga keseimbangan maka akan memberikan leluasa dalam bergerak. Dunia terlalu luas, kita mulai dari diri sendiri, melalui aksi nyata peduli lingkungan ini akan menimbulkan semangat masyarakat untuk mencintai ekosistem lingkungan hidup," ucap Dik Doank.

Dompet Dhuafa© Dompet Dhuafa

Dalam jangka panjang, DMC akan melakukan pendampingan terhadap program yang sudah dijalankan oleh warga setempat sehingga program pengelola sampah dan konservasi lingkungan akan lebih massif dan lebih komprehensif.

Kegiatan recycle sehari-hari meliputi, pilih produk dan kemasan yang dapat didaur ulang dan mudah terurai, juga olah sampah kertas menjadi kertas atau karton kembali. Serta melakukan pengolahan sampah organik menjadi kompos dan melakukan pengolahan sampah non organik menjadi barang yang bermanfaat.

Beri Komentar