Dear Facebook Dengarlah Pesan Petinggi TikTok: `Kami Bukan Medsos`

Reporter : Alfi Salima Puteri
Senin, 20 Juni 2022 18:47
Dear Facebook Dengarlah Pesan Petinggi TikTok: `Kami Bukan Medsos`
Facebook dikabarkan tengah mengubah tampilan feed mereka agar bisa menyaingi TikTok. Apa pesan salah satu petinggi aplikasi TikTok?

Dream - Persaingan Facebook dan TikTok dalam memanjakan penggunanya semakin memanas. Di tengah upaya Facebook merangkul pengguna dengan beragam fiur baru, TikTok menegaskan perusahaan milik Mark Zuckerberg itu takkan bisa menyaingi mereka.

Facebook diketahui semakin gencar mengembangkan fitur video pendek lewat layanan Reels di Instagram yang mirip dengan TikTok.

President of Global Business Solution TikTok, Blake Chandlee menegaskan Facebook akan kesulitan untuk menyaingi perusahaan yang telah lebih dahulu mengembangkan video pendek itu

Blake Chandlee yang sesumbar dengan pernyataannya tersebut karena dia pernah bekerja di Facebook selama 12 tahun. Menurut Blake, Facebook dan TikTok adalah dua platform yang sangat berbeda.

" Perbedaannya signifikan. Ini adalah perbedaan besar,” tutur Blake Chandlee dikutip dari CNBC, Senin, 20 Juni 2022.

1 dari 3 halaman

Aplikasi TikTok© (Foto: Shutterstock)

Facebook, lanjut Blake, adalah platform sosial yang telah sejak lama membangun semua algoritme bisnisnya berdasarkan grafik sosial. " Itu adalah inti kompetensi mereka," seraya menegaskan TikTok dibuat sebagai platform hiburan yang berbeda dengan Facebook. 

Lebih jauh Blake bahkan mengingatkan Facebook untuk tidak meniru layanan yang mereka sediakan karena hanya akan membuat bisnis mereka berantakan. 

Layanan Reels instagram, platform yang juga dimiliki Facebook, meluncurkan fitur ini ada tahun 2020. Kepala aplikasi Facebook, Tom Alison kepada The Verge mengatakan bahwa dia melihat TikTok semakin mencuri pangsa dari jejaring sosial terbesar di dunia.

Facebook pun berencana untuk mengubah tampilan utamanya agar lebih mirip TikTok dengan merekomendasikan lebih banyak konten.

Awal tahun ini, CEO Facebook, Mark Zuckerberg mengakui terjadinya peningkatan tekanan yang kompetitif dari TikTok.

“ Inilah mengapa fokus kami pada Reels sangat penting dalam jangka panjang," ujar Zuckerberg.

2 dari 3 halaman

Facebook Sampai Mau Rombak Feed

Sebelumnya Mark Zuckerberg dan eksekutif Meta juga memutuskan untuk merombak tampilan Facebook agar bersaing dengan TikTok. Salah satu yang sedang dilakukan Meta adalah mendesain ulang feed utama Facebook.

Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg© © 2015 http://www.facebook.com

Dengan wujud tampilan yang nantinya menekankan konten yang direkomendasikan dari halaman, pembuat, dan orang yang belum kamu ikuti, menurut memo dari eksekutif Facebook yang diterbitkan oleh The Verge.

Memo tersebut, dari Tom Alison yang mengepalai aplikasi Facebook di Meta, menyatakan bahwa tujuannya adalah untuk mengubah Facebook menjadi 'Discovery Engine', yang akan mempunyai rekomendasi mirip seperti 'FYP/For You Page' TikTok.

Rekomendasi utama akan datang dari konten yang tidak terhubung, termasuk Reel, dan pengguna akan melihat lebih sedikit postingan dari teman dan keluarga di feed mereka.

3 dari 3 halaman

Perubahan yang Akan Dibawa Facebook

Rencana perubahan tampilan Facebook ini juga akan membawa kotak masuk Messenger kembali ke aplikasi Facebook. Dalam upaya mendorong pengguna untuk berbagi lebih banyak konten dari 'Discovery Engine'.

Bukan April Mop, Facebook Ubah Tampilan© MEN

Belum jelas berapa lama waktu yang dibutuhkan Meta untuk menerapkan perubahan ini, namun di Instagram beberapa di antaranya sudah mencerminkan perubahan itu.

Tapi ini bukan pertama kalinya para eksekutif Meta mengisyaratkan perubahan besar yang akan datang di aplikasi Facebook.

Mark Zuckerberg pernah mengatakan pada bulan April bahwa perusahaan berada di tengah-tengah 'pergeseran besar' yang akan mengubah dinamika feed untuk menekankan rekomendasi berbasis AI di atas grafik sosial pengguna.

Namun, memo dari Alison memperjelas betapa pentingnya prioritas baru bagi perusahaan, yang berusaha mati-matian untuk mengejar TikTok.

Sumber: Engadget.com

 

 

Beri Komentar